Review Mouse

ASUS ROG STRIX Evolve, Unik dan Simpel

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 08 Aug 2017 23:06 WIB
asusreview peripheral
ASUS ROG STRIX Evolve, Unik dan Simpel
ASUS ROG STRIX Evolve

Metrotvnews.com, Jakarta: Salah satu alasan mengapa saya senang mengulas peripheral gaming adalah karena banyak di antara produknya yang tampil berbeda dari produk standar. Sebut saja mouse gaming yang saat ini memiliki fungsi jauh berbeda dengan mouse standar yang biasa digunakan di kantor. Inovasi tersebut yang membuat peripheral gaming, khususnya mouse selalu menarik untuk dibahas.

Kali ini saya berkesempatan untuk menjajal mouse ASUS terbaru yaitu ROG STRIX Evolve. Secara tampilan, mouse ini memang sangat mirip dengan mouse gaming pada umumnya. Ia tampil dengan bodi berwarna hitam, dan memiliki RGB LED di bagian belakangnya. Selain itu, terdapat juga dua tombol di samping kiri dan satu tombol di punggung mouse yang fungsinya bisa dikustomisasi.



ROG STRIX Evolve juga memiliki tombol dengan posisi yang sangat nyaman. Posisinya tidak membuat saya gampang menekan tombol di samping secara tidak sengaja, tetapi juga mudah dijangkau oleh jari jempol. Sama halnya dengan scroll wheel yang ringan namun masih memiliki feedback yang sangat baik. Namun, tombol di sisi kanan bodinya agak sulit dijangkau sehingga kerap tidak saya gunakan. Mungkin tombol tersebut berguna jika Anda pengguna mouse kidal.

Untuk grip, ROG STRIX Evolve dilengkapi dengan karet khusus yang memiliki tekstur di bagian sampinya. Selain membuat mouse ini tampil lebih "sangar", karet tersebut juga membuat grip semakin kencang dan tangan tidak mudah terselip dari mouse.



ROG STRIX Evolve memiliki sensor optik dengan tingkat sensitivitas hingga 7200DPI. Mouse ini tergolong ringan untuk ukuran mouse gaming. Bobotnya hanya 100 gram saja tanpa kabel, sehingga cocok bagi Anda yang memang lebih suka melakukan manuver ekstrem ketika menggunakan mouse.

Sama seperti mouse ROG lainnya, ROG STRIX Evolve juga bisa terhubung dengan aplikasi ROG Armoury. Melalui aplikasi tersebut, Anda bisa mengatur banyak hal mulai dari sensitivitas hingga tampilan LED RGB di mouse ini.

Lalu apa poin paling istimewa dari mouse ini?

ROG STRIX Evolve ternyata tampil dengan fitur cover tombol utama yang bisa ditukar. Cover tombol yang biasanya memiliki fungsi klik kanan dan kiri tersebut bisa dilepas dengan mudah dari bodinya. ASUS bahkan menyediakan dua cover tambahan dalam paket penjualannya. Untuk apa? Tidak mungkin tombol tersebut hanya tampil sebagai spare part mengingat desainnya tergolong sangat kokoh.

Setelah saya amati dengan cermat, ternyata kontur tombolnya memang berbeda. ASUS menyediakan set kontur tombol rendah dan tinggi. Anda juga bisa mengkombinasikan keduanya, misal tombol kiri diatur menggunakan kontur rendah sementara tombol kanan menggunakan kontur tinggi, atau sebaliknya.



Awalnya saya pesimis dengan fitur ini, namun setelah dijajal ternyata fitur ini memang cukup berguna terutama bagi Anda yang gemar bermain game yang banyak mengandalkan refleks. Menggunakan kontur lebih rendah pada tombol klik kiri membuat refleks setiap aksi saya menjadi semakin cepat. Mungkin hal tersebut dikarenakan travelling distance ke switch tombol yang semakin pendek.

Kesimpulan

Di luar dugaan, ROG STRIX Evolve merupakan mouse yang sangat unik meski bentuknya terlihat sangat standar. Mouse ini juga sangat kokoh dan fiturnya cukup lengkap untuk gamer yang biasa memainkan game action dan shooter. ASUS Indonesia masih belum mengumumkan harganya, namun di luar ia dibanderol seharga USD59 atau sekitarRp800 ribu.
 

ASUS ROG STRIX Evolve

 

8

  • Simpel dan unik
  • Kokoh
  • Tombol sisi kanan sulit dijangkau



(MMI)

Lenovo K6 Power, Saat Baterai adalah Segalanya
Review Smartphone

Lenovo K6 Power, Saat Baterai adalah Segalanya

3 days Ago

Melihat sepak terjang Lenovo selama ini, mereka tampaknya sadar betul bahwa konsumen Indonesia …

BERITA LAINNYA
Video /