Review Router

Menjajal Router Tri-Band D-Link DIR-895L AC5300 Ultra Wi-Fi

Riandanu Madi Utomo    •    Minggu, 01 Jan 2017 15:31 WIB
review peripheral
Menjajal Router Tri-Band D-Link DIR-895L AC5300 Ultra Wi-Fi
D-Link DIR-895L AC5300 Ultra Wi-Fi

Metrotvnews.com, Jakarta: Bagi sebagian orang, menggunakan router WiFi standar memang sudah cukup. Router standar yang biasa hadir sebagai bagian dari paket berlangganan internet rumahan memang sudah cukup mumpuni jika penggunaannya hanya sekadar browsing dan hanya terhubung ke perangkat yang jumlahnya tidak lebih dari 10 unit. 

Namun, bagaimana jika Anda ingin membangun sebuah rumah cerdas (smart home) yang memiliki banyak perangkat yang terhubung ke internet, mulai dari televisi, komputer, gadget, hingga wearable device dan IP camera? Tentu saja router WiFi standar tidak akan bisa memenuhi semua kebutuhan tersebut karena Anda memerlukan router yang mampu menampung dan mengelola sinyal informasi dari setiap perangkat tersebut.

Jika kebutuhan Anda sudah sangat besar seperti yang disebutkan di atas, tentu Anda membutuhkan router dengan performa yang lebih baik. Produsen perangkat jaringan D-Link memiliki satu router andalan yang diklaim bisa menyelesaikan permasalahan tersebut. Router yang dimaksud adalah D-Link DIR-895L AC5300 Ultra Wi-Fi  Router.



Tidak seperti kebanyakan router WiFi yang ada di pasar, DIR-895L hadir dengan teknologi tri-band. Artinya, router ini memiliki tiga konfigurasi sinyal WiFi yang bisa dihadirkan bersamaan dengan kecepatan total hingga 5332Mbps (1000Mbps + 2166Mbps + 2166Mbps). Frekuensi di router ini juga ada tiga, yaitu 2,4GHz dan dua frekuensi 5GHz.

Apa gunanya memiliki tiga frekuensi? Dengan tiga frekuensi, Anda bisa menggunakan masing-masing frekuensi untuk berbagai perangkat yang berbeda. Misal saja frekuensi 2,4GHz untuk perangkat lama, sementara satu frekuensi 5GHz bisa digunakan untuk perangkat baru yang sudah mendukung frekuensi ini. Satu frekuensi 5GHz lagi bisa digunakan untuk menghubungkan perangkat IoT, mulai dari televisi hingga IP camera.



Dengan demikian, setiap jenis perangkat tersebut memiliki "jalur komunikasi" sendiri-sendiri sehingga tidak akan mengganggu perangkat lainnya. Selain itu, penggunaan tiga frekuensi juga mempermudah manajemen jenis-jenis perangkat yang digunakan.

Selain memiliki teknologi tri-band, DIR-895L juga hadir dengan fitur yang sangat lengkap. Router ini telah dilengkapi dengan beragam fitur standar untuk kebutuhan rumahan, mulai dari sistem keamanan yang sangat mumpuni, media server, manajemen bandwidth, pengelolaan perangkat yang terkoneksi, serta parental control yang memungkinkan Anda memblokir situs tertentu.



Menariknya lagi, DIR-895L telah dilengkapi dengan fitur penjadwalan yang memungkinkan router ini hanya bisa digunakan di jam-jam tertentu secara otomatis. Selain itu, DIR-895L hadir dengan desain modern dan memiliki delapan antena yang siap menyebarkan sinyal dengan efektif dengan jarak jangkau cukup luas. Ditambah dengan teknologi Smart Beam dan MU-MIMO, router ini bisa menghadirkan sinyal kuat sekaligus koneksi yang lebih lancar. Anda juga bisa mengontrol fitur tersebut melalui aplikasi mobile yang telah tersedia.

Satu-satunya kekurangan di router ini yang kami temui justru dari bentuk bodinya. Bodi DIR-895L tergolong besar dan lebar sehingga membutuhkan ruang penempatan yang besar pula. 

Kesimpulan

D-Link DIR-895L AC5300 Ultra Wi-Fi merupakan salah satu router yang bisa Anda pilih jika Anda berencana membangun sistem rumah pintar dengan banyak perangkat saling terkoneksi satu sama lain. Fitur tri-band pada router ini merupakan fitur unggulan yang jarang ditemui di router lain yang ada di pasar Indonesia saat ini. Selain itu, ia juga telah dilengkapi dengan beragai fitur yang sangat mumpuni.

DIR-895L memang merupakan router premium, jadi wajar bila banderol harganya cukup mahal yaitu berada di kisaran Rp6 juta.
 

D-Link DIR-895L AC5300 Ultra Wi-Fi

  • Performa bagus
  • Sinyal kuat
  • Tri-band
  • Fitur lengkap
  • Bodi besar dan lebar
  • Harga cukup mahal



(MMI)

In-Ear Headset H2310, Earphone Terjangkau Lain dari HP
Review Earphone

In-Ear Headset H2310, Earphone Terjangkau Lain dari HP

6 days Ago

In-Ear Headset H2310 merupakan earphone dengan harga terjangkau lain dari HP yang memberikan ku…

BERITA LAINNYA
Video /