Review PC

HP Z2 Mini G3 Workstation dan DreamColor Z24x G2, Pasangan Serasi

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 27 Nov 2017 21:56 WIB
review peripheral
HP Z2 Mini G3 Workstation dan DreamColor Z24x G2, Pasangan Serasi
HP Z2 Mini G3 Workstation

Jakarta: Meski penjualannya dilaporkan menurun, penggunaan PC desktop masih sangat diperlukan terutama untuk sektor korporasi. Namun, ada beberapa masalah yang harus dihadapi oleh sebuah perusahaan ketika memilih PC yang tepat. Salah satunya adalah kebutuhan terhadap PC dengan performa tinggi dan tetap hemat tempat.

Permasalahan tersebut yang ingin diatasi oleh HP melalui produk mini PC yang akan diulas kali ini yaitu Z2 Mini G3 Workstation. Sesuai dengan namanya, ia merupakan sebuah mini PC yang juga berperan sebagai workstation. Artinya Z2 Mini G3 Workstation juga bisa menangani berbagai tugas berat salah satunya adalah menjalankan aplikasi CAD.


Ringkas Bertenaga

Hal pertama yang menarik perhatian kami dari mini PC ini adalah bentuknya yang ringkas, bahkan sangat ringkas jika dibandingkan dengan PC desktop standar kantoran. Dengan dimensi hanya 216x216x51mm, Z2 Mini G3 Workstation tentunya akan mudah ditempatkan di atas meja kerja tanpa memakan banyak tempat. Dengan demikian, karyawan bisa menggunakan sisa ruang di mejanya yang masih luas untuk keperluan lain.



Selanjutnya, kami sangat tertarik dengan spesifikasi yang ditawarkan. Z2 Mini G3 Workstation hadir dengan banyak sekali pilihan prosesor mulai dari Intel Core i3-6100 hingga Xeon E3-1245 v6. Pilihan prosesor yang bisa digunakan di mini PC ini memang beragam dari prosesor Intel generasi ke-6 hingga ke-7. HP memang belum menyediakan varian dengan proseasor Intel generasi ke-8, namu. Hal tersebut wajar karena prosesor tersebut masih tergolong baru.

Selain prosesor, komponen inti yang membuat Z2 Mini G3 Workstation bertenaga adalah kehadiran chip grafis NVIDIA Quadro M240 dengan VRAM sebesar 2GB. Chip grafis tersebut memang dihadirkan untuk menunjang kebutuhan profesional dan ia merupakan komponen yang memungkinkan beragam aplikasi profesional dan industri bisa dijalankan di mini PC ini.

Memori yang digunakan di Z2 Mini G3 Workstation juga cukup besar, yaitu 32GB. Jenis memori yang digunakan adalah DDR4-2400 yang terpasang di slot SO-DIMM di motherboard mini PC ini. Minusnya, Z2 Mini G3 Workstation hanya memiliki dua slot SO-DIMM sehingga kapasitas RAM-nya hanya di 32GB menggunakan konfigurasi RAM 2x16GB.

Padahal HP memberikan opsi penggunaan prosesor Xeon E3-1245 v6 yang seharusnya bisa menampung RAM jauh lebih besar. Hal tersebut membuat Z2 Mini G3 Workstation tidak terlalu bisa diandalkan untuk menjalankan banyak program yang memakan memori seperti CAD sekaligus.



Untungnya Z2 Mini G3 Workstation memiliki opsi penyimpanan yang baik. Selain HDD, HP juga menyediakan opsi penggunaan SSD SATA dan NVMe PCIe dengan kapasitas hingga 1TB. Sebuah slot ekspansi berupa M.2 PCIe terdapat di motherboard mini PC ini sehingga Anda bisa memasang M.2 PCIe tambahan jika diperlukan.


Minimalis tapi Kurang Fleksibel

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Z2 Mini G3 Workstation memiliki bentuk yang sangat ringkas. Desainnya juga sangat minimalis dan modern dibalut dengan warna hitam yang sangat menggambarkan nuansa perkantoran dan dunia profesional.

Kami juga menemukan lubang udara di delapan sudut mini PC ini. Delapan ventilasi udara tersebut memungkinkan Z2 Mini G3 Workstation bisa beroperasi dengan suhu yang terjaga. Hal tersebut sangat penting mengingat hardware yang disematkan di dalamnya merupakan komponen kelas atas yang butuh sistem pendinginan sangat baik. Apalagi ukuran mini PC ini yang sangat ringkas, distribusi panas memang harus sangat diperhatikan.



Sayangnya, dengan kelebihan itu semua, Z2 Mini G3 Workstation bagi kami kurang fleksibel. Mini PC ini tidak dilengkapi dengan Vesa Mounting sehingga tidak bisa disematkan di berbagai tempat dan komponen lain yang mendukung Vesa Mounting seperti monitor.

HP memang menyediakan aksesori khusus agar mini PC ini bisa dipasang di belakang monitor. Namun hanya beberapa monitor khusus dari HP yang kompatibel dengan aksesori tersebut.

Monitor DreamColor Z24x G2

Bersama dengan mini PC Z2 Mini G3 Workstation, kami juga berkesempatan menjajal monitor HP DreamColor Z24x G2 yang juga merupakan monitor khusus untuk para profesional. Berbeda dengan monitor standar atau monitor gaming yang sudah sering diulas oleh kami, monitor ini memang sangat mengedepankan fungsi ketimbang tampilan.

DreamColor Z24x G2 memang tampil dengan desain layaknya monitor standar pada umumnya. Bodi monitor ini dibalut dengan warna hitam dan bodi panelnya juga cukup tebal, berbeda dengan beberapa monitor profesional yang memiliki bodi panel sangat ramping dan desain yang lebih anggun. DreamColor Z24x G2 benar-benar menggunakan desain ala kantoran.



Meski demikian, monitor ini tidak bisa dipandang sebelah mata. Spesifikasi panelnya mengatakan monitor ini memiliki standar reproduksi warna sRGB 100 persen, Adobe RGB 99 persen, dan BT.709 100 persen membuatnya sangat bagus untuk digunakan oleh para profesional. Karena menggunakan panel IPS, konsistensi warnanya juga sangat baik sehingga penggunanya tidak perlu sering melakukan kalibrasi warna.

Monitor ini juga cukup fleksibel. Panelnya bisa diarahlan ke bawah dan atas (tilt), serta diputar secara horizontal berkat sistem rotasi di bagian dasarnya (base). Hanya saja panel monitor ini tidak bisa diatur ketinggiannya. Namun DreamColor Z24x G2 menggunakan sistem Vesa Mounting sehingga bisa dipasang di berbagai tempat dan objek yang juga mendukung mounting tersebut.



DreamColor Z24x G2 menggunakan resolusi 1920x1200 pixel dengan rasio 16:10. Rasio layar tersebut menurut kami sangat ideal mengingat untuk pengguna profesional karena ruang kerja lebih luas dari monitor wide-screen yang memiliki rasio layar 16:9.

Konektivitas monitor ini juga sangat lengkap dengan opsi input mulai dari HDMI, DisplayPort, dan DVI. Tentu saja semuanya kompatibel dengan opsi output yang ada di mini PC Z2 Mini G3 Workstation. Dengan demikian bisa dikatakan keduanya merupakan pasangan yang serasi.

Kesimpulan

HP Z2 Mini G3 Workstation bisa menjadi solusi bagi perusahaan yang memang membutuhkan PC dengan performa lebih kencang dari PC desktop standar kantoran namun dengan bentuk yang ringkas. Mini PC ini memang sangat unik meski masih memiliki beberapa kekurangan yang membuatnya tidak sefleksibel yang dibayangkan.

Mini PC ini juga sangat cocok digunakan dengan monitor HP DreamColor Z24x G2 yang juga merupakan monitor kelas profesional. HP sepertinya memang ingin menyediakan paket lengkap bagi korporasi mulai dari PC hingga monitor dan aksesorinya.
 

HP Z2 Mini G3 Workstation + DreamColor Z24x G2 

 
  • Mini PC ukuran ringkas dan bertenaga
    Pendinginan mini PC mumpuni
    Monitor sangat mumpuni untuk profesional
     
  • Mini PC kurang fleksibel
    Slot RAM di mini PC hanya 2
    Panel monitor tidak bisa diatur secara vertikal
     



(MMI)