Review Keyboard

Logitech G810 Orion Spectrum, Eksklusif Berkat RGB dan Romer-G

Mohammad Mamduh    •    Rabu, 07 Sep 2016 17:20 WIB
review peripheral
Logitech G810 Orion Spectrum, Eksklusif Berkat RGB dan Romer-G
Logitech G810 Orion Spectrum

Metrotvnews.com, Jakarta: Industri gaming saat ini tidak hanya diramaikan oleh game berkualtias, tetapi juga dengan hadirnya beragam produk pendukung, seperti mouse, keyboard, mousepad, dan headset.

Keseriusan Logitech dalam terjun ke industri perangkat gaming semakin terlihat lewat beberapa produk anyarnya. Memang belum bisa disamakan dengan produsen lainnya yang sudah terlebih dahulu hadir di industri ini, tetapi ada beberapa produk mereka yang cukup menyita perhatian. Perangkat gaming dari Logitech yang kami uji kali ini adalah G810, keyboard yang mengusung mekanisme khusus dengan fitur yang cukup menarik. Berikut ulasan lengkapnya.



Logitech G810 Orion Spectrum menwarkan desain standar, tidak berbeda dengan keyboard mekanik pada umumnya.

Saya membandingkannya dengan keyboard mekanik karena mempunyai ketebalan dan ketinggian tombol yang mirip, dan keyboard ini memang tidak menggunakan komponen biasa. Desain yang standar ini mempunyai logo Logitech G di sisi kiri atas yang menyala, dan beberapa tombol tambahan yang mengadopsi fungsi khusus.



Beberapa tombol tambahan ini mengacu pada fungsi multimedia, yang artinya bisa memberikan perintah langsung ketika pengugna memutar musik atau film. Empat tombol yang terdiri dari play/pause, stop, fast forward dan rewind langsung tersinkronisasi dengan aplikasi pemutar musik apapun yang terpasang di PC, termasuk satu tombol mute dan pengatur volume dengan desain yang menarik.

Satu tombol berikutnya dapat mengatur hidup atau mati lampu LED di semua tombol. Logitech G810 Orion Spectrum menyediakan satu tombol khusus berlogo Joystick, yang siap mengunci kontrol ketika bermain game.

Mempunyai pemetaan keyboard standar, Logitech G810 Orion Spectrum menyematkan kompnen mekanik khusus buatan Logitech sendiri, Romer-G. Bisa dibilang, daya tekan komponen ini berada di tengah-tengah antar mekanik buatan Cherry MX atau Kailh, dan membran.

Daya tekan ini memiliki nuansa tersendiri, yang menurut saya sama bagusnya dengan komponen mekanik. Harus diakui, input perintah memang bisa lebih cepat karena Romer-G hanya menerapkan satu macam komponen, tidak seperti komponen mekanik lainnya. Kelebihanya, komponen ini cukup nyaman ketika dipakai untuk mengetik atau bermain game.



Logitech G810 Orion Spectrum menyediakan kustomisasi  optimal untuk pencahayaan via Logitech Gaming Software. Optimal disini mengacu pada skenario pencahayaan yang bisa ngat spesifik berdasarkan game yang sedang berjalan. Pengguna bisa memilih warna yang berbeda untuk masing-masing tombol, dan Logitech sendiri telah menyediakan beberapa profil pencahayaan yang bisa langsung dipakai gamer. Sementara itu, untuk kustomisasi tombol, Logitech G810 Orion Spectrum menyediakan fungsi tambahan makro lewat tombol F1-F12.

Logitech G810 Orion Spectrum memang terkesan tidak mempunyai kelebihan jika kita melihat desainnya, tetapi secara performa, produk ini layak bersaing dengan mereka yang sudah lama merilis jajaran keyboard gaming mekanik. Logitech G810 Orion Spectrum cocok untuk Anda yang sudah kenal dan suka dengan produk Logitech, dan ingin merasakan lebih jauh varian gaming yang mereka tawarkan. Dari segi harga, Logitech cukup berat bersaing jika membanderolnya sekitar Rp2,3 juta.
 

Logitech

 

8

  • Komponen mekanik Romer G
  • Kustomisasi LED cukup spesial
  • Tombol khusus multimedia
  • Desain standar
  • Harga kurang kompetitif



(MMI)