Review Mouse

Menjajal Mouse Gaming Anyar, Viper V560

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 19 Sep 2016 21:00 WIB
review peripheral
Menjajal Mouse Gaming Anyar, Viper V560
Patriot Viper V560

Metrotvnews.com, Jakarta: Menurut Anda, apa yang perlu dipertimbangkan ketika membeli sebuah mouse gaming? Beberapa di antara Anda mungkin percaya kepada merek tertentu atau melihat fitur yang ditawarkan. Selain itu, mungkin Anda juga mengutamakan harga atau tampilannya. Namun, pernahkah Anda mempertimbangkan kenyamanan sebuah mouse?

Bagi saya, mouse adalah perangkat yang cukup sensitif sehingga saya harus memilah mouse yang tepat untuk digunakan sehari-hari. Karena keseharian saya sebagian besar berhubungan dengan PC, mouse yang saya gunakan harus nyaman, dan memiliki fitur yang bisa menunjang pekerjaan serta bermain game.



Kali ini saya berkesempatan menjajal mouse gaming Patriot Viper V560. Mouse gaming laser dari Patriot ini hadir dengan fitur yang cukup lengkap. Ia dibekali dengan tombol yang cukup banyak, bahkan memiliki scroll wheel yang memiliki tiga tombol klik. Meski demikian, mouse ini memiliki kekurangan yang bisa dibilang cukup fatal bila digunakan oleh saya.

Viper V560 memiliki bodi dengan ukuran yang cukup besar, sehingga akan sangat cocok digunakan oleh gamer yang menggunakan teknik palm grip. Mouse ini juga cukup menjanjikan dari segi kualitas bahan yang digunakan, apalagi bagian palm rest dilapisi oleh doff sehingga tangan tidak mudah terselip.



Kelebihan lain yang dimiliki oleh Viper V560 adalah terdapatnya pemberat khusus yang dapat dikustomasi. Pemberat tersebut ditempatkan di bagian sisi kanan mouse dan dapat dibuka melalui pengunci yang ada di bagian bawah mouse. Meski demikian, bagi saya mouse ini masih sedikit ringan walaupun semua pemberatnya sudah digunakan.

Lucunya lagi, sekilas desain mouse ini juga mirip dengan Armageddon Aliencraft G11. Hal tersebut dapat dilihat dari posisi tombol, bentuk secara keseluruhan, bahkan hingga dua lampu di bagian depan, lampu indikator sensitifitas sensor mouse, serta slot pemberat di bagian samping kanan.

Semuanya persis sama, hanya saja tanpa logo Patriot Viper. Tentu saja, hal ini sangat disayangkan mengingat Patriot sendiri cukup memiliki nama di komponen PC lain.



Untungnya, mouse ini masih hadir dengan software yang cukup mumpuni. Software Viper V560 tergolong memiliki pengaturan yang cukup lengkap. Hampir semua tombolnya dapat dikonfigurasikan sesuai dengan yang Anda inginkan. Bahkan terdapat 5 slot profile untuk menyimpan pengaturannya.

Viper V560 juga dilengkapi dengan fitur macro, meski memang tidak secanggih mouse gaming lainnya. Mouse ini juga memiliki berbagai pengaturan lain seperti sensitivitas sensor, hingga memiliki opsi tambahan seperti tilt shift, dan lain-lain.



Satu hal yang paling disayangkan adalah mouse ini kurang ergonomis. Bodi mouse ini terlihat gemuk namun sangat ramping di bagian tengahnya, sehingga jari menjadi tidak nyaman.

Selain itu, mouse ini sangat tidak konsisten dengan permukaan. Ketika saya gunakan di mousepad Mad Catz G.L.I.D.E. 7, mouse ini sulit untuk digerakkan karena permukaannya terlalu kesat. Sedangkan di mousepad Mad Catz G.L.I.D.E. TE mouse ini terasa sangat licin.

Kesimpulan

Patriot Viper V560 merupakan mouse yang cukup menarik dari segi fitur. Ia memiliki software yang mumpuni dengan fitur tambahan yang cukup lengkap. Di sisi lain, mouse ini kurang nyaman digunakan, apalagi jika Anda sering mengganti mousepad. Desainnya juga kurang menarik karena seperti menjiplak mouse lain.

Dengan kisaran harga Rp650 ribu, mungkin kompetitornya tidak terlalu banyak. Namun, saya masih tetap tidak menyarankan mouse ini kepada Anda.
 

Patriot Viper V560

 

6,8

  • Fitur cukup lengkap
  • Harga terjangkau
  • Kurang nyaman
  • Desain tidak atraktif dan mirip mouse lain
  • Tidak konsisten di berbagai permukaan



(MMI)

Video /