Review Motherboard

MSI B350 Tomahawk, Kencang Meski Minim Fitur

Riandanu Madi Utomo    •    Minggu, 09 Jul 2017 21:27 WIB
msireview motherboard
MSI B350 Tomahawk, Kencang Meski Minim Fitur
MSI B350 Tomahawk

Metrotvnews.com, Jakarta: Posisi AMD Ryzen di pasar memang sangat unik. Keluarga prosesor baru AMD ini tampil dengan performa yang cukup bisa bersaing namun hadir dengan banderol harga yang sangat menggiurkan ketimbang keluarga prosesor Intel yang setara. Selian itu, prosesor Ryzen juga bisa di-overclock di motherboard kelas menengah, seperti MSI B350 Tomahawk.
 
Meski tampil sebagai motherboard gaming kelas menengah, MSI B350 Tomahawk masih dibekali dengan fitur yang cukup lengkap. Beberapa fitur gaming seperti DDR4 Boost, Audio Boost, Gaming LAN, hingga dukungan penggunaan kartu grafis ganda serta serta sistem RGB LED terintegrasi. Motherboard ini bahkan telah mengantongi sertifikasi VR Ready yang artinya ia telah bisa digunakan bersama perangkat dan komponen VR Ready lainnya.

 
MSI B350 Tomahawk dilengkapi dengan dua slot PCIe x16 sehingga memungkinkan Anda untuk memasang dua kartu grafis AMD Radeon ke dalamnya. Ya, Anda tidak salah baca. Motherboard ini memang hanya mendukung teknologi CrossFire X sehingga Anda tidak akan bisa memasang dua kartu grafis NVIDIA di motherboard ini. Aturan ini berlaku pada semua motherboard B350. Jadi jika Anda ingin menggunakan dua kartu grafis NVIDIA, Anda harus menggunakan motherboard seri Z370.
 
Opsi media penyimpanan di motherboard ini juga cukup lengkap. Selain memiliki 4 port SATA III, MSI B350 Tomahawk juga telah dilengkapi dengan satu slot M.2 yang memiliki kecepatan transfer data lebih kencang. Motherboard ini juga mendukung sistem RAID 0, 1, dan 10 jika Anda menginginkan performa yang lebih baik lagi dalam hal penyimpanan.

 
Yang perlu dipertimbangkan pada motherboard ini adalah dukungan penggunaan RAM DDR4 yang bisa berjalan di 3200MHz. Tidak hanya itu, Anda juga masih bisa meningkatkan frekuensinya hingga lebih dari 3200MHz melalui BIOS. Sementara overclocking CPU bisa dilakukan melalui BIOS atau aplikasi Ryzen Master.
 
Secara keseluruhan performa gaming dari motherboard ini cukup menjanjikan. Dari pengujian menggunakan prosesor Ryzen 7 1800X, kartu grafis ASUS ROG STRIX Radeon RX 480 dan memori Corsair Vengeance yang berjalan di 3200MHz, MSI B350 Tomahawk berhasil menjalankan berbagai game terkini seperti Ghost Recon Wildlands, The Witcher 3, dan Star Wars Battlefront dengan rata-rata framerate di atas 60fps.

 
Sementara pengujian menggunakan aplikasi benchmark Cinebench menunjukkan performa multithreading yang sangat memuaskan, meski masih di bawah motherboard seri Z370. Sementara performa singlethreading-nya juga sudah sangat mumpuni untuk bermain game dan melakukan pekerjaan lainnya.
 
Kesimpulan
 
Meski memiliki performa yang cukup baik untuk motherboard di kelasnya, namun ada satu hal yang mengganjal dari motherboard ini. Baik penampilan maupun fitur yang ditawarkan terasa agak "tanggung". Jumlah port SATA misalnya yang hanya empat buah tergolong sedikit jika dibandingkan dengan motherboard B350 pada umumnya. Di harga Rp2,1 jutaan, motherboard ini bisa dibilang minim fitur namun punya performa yang patut dipertimbangkan.
 

MSI B350 Tomahawk

  • Performa bagus
  • Fitur overclocking mumpuni
  • Minim port dan fitur
  • Agak mahal



(MMI)

Video /