Review Extender

D-LINK DAP-1860, Performa Oke Dibungkus Bodi Besar

Riandanu Madi Utomo    •    Sabtu, 30 Sep 2017 07:55 WIB
d-linkreview peripheral
D-LINK DAP-1860, Performa Oke Dibungkus Bodi Besar
D-LINK DAP-1860

Metrotvnews.com, Jakarta: Di Metrotvnews.com, kami sudah menguji beragam perangkat jaringan mulai dari router hingga extender. Meski demikian, tidak banyak produk yang berhasil membuat kami terpana. Berbeda dengan kali ini, ketika menguji Wi-Fi extender D-LINK DAP-1860. Kami langsung terkejut karena bentuknya yang unik.

Tampil berbeda dengan extender lainnya, DAP-1860 bentuk yang sangat besar. Secara kasar, ukuran bodinya bisa dibilang dua kali lipat dari rata-rata extender pada umumnya. Jumlah antenanya juga tergolong banyak, yaitu empat buah yang menempel di setiap sudut bodinya.



Lalu apa keistimewaan extender ini? Kecepatan ternyata menjadi andalannya. DAP-1860 menggunakan teknologi WiFi AC2600 dual band yang mampu bekerja dengan kecepatan transfer hingga 800Mbps di 2,4GHz dan 1732Mbps di 5GHz. Dengan demikian, ia merupakan extender yang sangat cocok untuk router kelas atas yang memiliki kecepatan serta teknologi serupa.

Tidak berhenti disitu, DAP-1860 juga mendukung teknologi MU-MIMO sehingga memungkinkannya terkoneksi dengan berbagai perangkat sekaligus. Beragam perangkat modern juga bisa terkoneksi secara maksimal melalui jaringan 5GHz, bahkan ia bisa berperan juga sebagai access point.



Performa dan kecepatannya memang terbukti sangat baik dan bisa memperkuat serta memperluas sinyal Wi-Fi di berbagai titik yang sulit dijangkau oleh Router. Namun selain performanya, kami juga sangat menyukai keberadaan port ethernet yang ada di samping bodi DAP-1860.

Port tersebut menambah fleksibilitas koneksi extender ini sehingga tidak hanya terpaku pada jaringan Wi-Fi saja. Port ethernet bisa digunakan sebagai akses untuk PC, atau mengubah DAP-1860 menjadi access point melalui koneksi internet yang dialirkan lewat kabel LAN.



Port ethernet juga membuat pengaturan extender ini menjadi lebih fleksibel, karena Anda bisa mengaturnya secara langsung melalui PC. Namun, jika Anda ingin mengkoneksikan DAP-1860 dengan router Wi-Fi di rumah, Anda bisa memanfaatkan fitur WPS. Fitur koneksi instant WPS tersebut juga bisa digunakan dengan router yang berbeda merek.

Kesimpulan

Melihat spesifikasi dan fitur yang ditawarkan, D-LINK DAP-1860 memang bisa dikategorikan sebagai extender kelas atas. Fitur dan performanya tergolong sangat bagus. Namun, bentuknya sangat besar dan agak memakan tempat apalagi ia merupakan extender yang tidak menggunakan kabel. Disamping itu, harganya juga cukup tinggi, yaitu di kisaran Rp1,6 juta.
 

D-LINK DAP-1860

  • Performa bagus
  • Fitur cukup lengkap
  • Bentuk besar
  • Harga agak mahal



(MMI)

Video /