Review Extender

D-LINK DAP-1860, Performa Oke Dibungkus Bodi Besar

Riandanu Madi Utomo    •    Sabtu, 30 Sep 2017 07:55 WIB
d-linkreview peripheral
D-LINK DAP-1860, Performa Oke Dibungkus Bodi Besar
D-LINK DAP-1860

Metrotvnews.com, Jakarta: Di Metrotvnews.com, kami sudah menguji beragam perangkat jaringan mulai dari router hingga extender. Meski demikian, tidak banyak produk yang berhasil membuat kami terpana. Berbeda dengan kali ini, ketika menguji Wi-Fi extender D-LINK DAP-1860. Kami langsung terkejut karena bentuknya yang unik.

Tampil berbeda dengan extender lainnya, DAP-1860 bentuk yang sangat besar. Secara kasar, ukuran bodinya bisa dibilang dua kali lipat dari rata-rata extender pada umumnya. Jumlah antenanya juga tergolong banyak, yaitu empat buah yang menempel di setiap sudut bodinya.



Lalu apa keistimewaan extender ini? Kecepatan ternyata menjadi andalannya. DAP-1860 menggunakan teknologi WiFi AC2600 dual band yang mampu bekerja dengan kecepatan transfer hingga 800Mbps di 2,4GHz dan 1732Mbps di 5GHz. Dengan demikian, ia merupakan extender yang sangat cocok untuk router kelas atas yang memiliki kecepatan serta teknologi serupa.

Tidak berhenti disitu, DAP-1860 juga mendukung teknologi MU-MIMO sehingga memungkinkannya terkoneksi dengan berbagai perangkat sekaligus. Beragam perangkat modern juga bisa terkoneksi secara maksimal melalui jaringan 5GHz, bahkan ia bisa berperan juga sebagai access point.



Performa dan kecepatannya memang terbukti sangat baik dan bisa memperkuat serta memperluas sinyal Wi-Fi di berbagai titik yang sulit dijangkau oleh Router. Namun selain performanya, kami juga sangat menyukai keberadaan port ethernet yang ada di samping bodi DAP-1860.

Port tersebut menambah fleksibilitas koneksi extender ini sehingga tidak hanya terpaku pada jaringan Wi-Fi saja. Port ethernet bisa digunakan sebagai akses untuk PC, atau mengubah DAP-1860 menjadi access point melalui koneksi internet yang dialirkan lewat kabel LAN.



Port ethernet juga membuat pengaturan extender ini menjadi lebih fleksibel, karena Anda bisa mengaturnya secara langsung melalui PC. Namun, jika Anda ingin mengkoneksikan DAP-1860 dengan router Wi-Fi di rumah, Anda bisa memanfaatkan fitur WPS. Fitur koneksi instant WPS tersebut juga bisa digunakan dengan router yang berbeda merek.

Kesimpulan

Melihat spesifikasi dan fitur yang ditawarkan, D-LINK DAP-1860 memang bisa dikategorikan sebagai extender kelas atas. Fitur dan performanya tergolong sangat bagus. Namun, bentuknya sangat besar dan agak memakan tempat apalagi ia merupakan extender yang tidak menggunakan kabel. Disamping itu, harganya juga cukup tinggi, yaitu di kisaran Rp1,6 juta.
 

D-LINK DAP-1860

  • Performa bagus
  • Fitur cukup lengkap
  • Bentuk besar
  • Harga agak mahal



(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.