Review PC Gaming

MSI Trident 3, PC Gaming Keren Ringkas Seukuran PS4

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 12 Apr 2018 23:47 WIB
msireview pc gaming
MSI Trident 3, PC Gaming Keren Ringkas Seukuran PS4
MSi Trident 3 Arctic.

Jakarta: Sifat laptop gaming yang sangat mendukung mobilitas harus diakui menjadi pertimbangan paling utama saat gamer saat memilih antara laptop atau PC gaming, meskipun PC gaming mendukung upgrade.

Padahal, PC gaming tidak selalu kalah menarik dari laptop gaming, selama desainnya bisa hampir seringkas laptop gaming, namun menyodorkan performa yang masih setara PC gaming. Misalnya, produk MSI Trident 3 yang merupakan compact desktop gaming.

Medcom.id boleh dibilang jarang sekali membuat ulasan untuk perangkat PC gaming karena produk ini memang tidak terlalu cepat perkembangannya dibandingkan laptop gaming namun MSI Trident 3 rupanya memukau kami saat perangkat ini tiba di kantor.

Ukuran Ringkas ala Konsol Gaming
Anda pasti setuju apabila kami sebut PS4 dan Xbox One adalah konsol yang ramping. Namun, performanya tidak secanggih PC gaming. MSI Trident 3 semakin memperkuat pandangan tersebut.



Hal tersebut membuat kami terkagum-kagum dan ingin memilikinya. MSI Trident 3 memiliki ukuran 13,9 x 9,2 inci dengan ketebalan 2,8 inci. Ketika Anda mencari fotonya atau ulasannya, kami pastikan semua sumber akan satu pikiran dengan kami, bahwa bentuknya hanya agak lebih besar dari konsol PS4 dan Xbox One.

Penilaian kami tentang hal tersebut semakin kuat setelah kami menemukan bahwa perangkat ini bisa diposisikan tidak hanya dalam bentuk horizontal, tapi juga vertikal dengan kaki penyangga seperti PS4.



Selain bentuk bodinya yang ramping, bobotnya juga hanya 3kg. Anda bisa membawanya selama bisa menyediakan monitor, serta perangkat seperti controller (Xbox) atau keyboard dan mouse.

Desainnya sendiri menurut kami tidak buruk. Medcom.id berkesempatan menjajal MSI Trident 3 versi Arctic yang menggunakan balutan warna putih salju dengan aksen perak di beberapa bagian serta logo MSI di sudutnya.

MSI memang menargetkan Trident 3 didesain sangat ringkas dan menyediakan estetika saat ditaruh di ruang utama rumah, termasuk di sebelah televisi.



Pada salah satu sudutnya terdapat LED RGB yang warna bisa berganti-ganti dan menyeragamkan dengan komponen buatan MSI lainnya lewat aplikasi Mystic Lights. LED RGB ini sekaligus berfungsi sebagai lampu indikator power seperti biasanya.

Pada salah satu isi penampangnya juga akan tampil beberapa grill yang memang berfungsi sebagai ventilasi udara.

I/O Port dan Konektivitas Lengkap
Sebagai PC gaming, saya sempat berpikir bahwa I/O port yang dibawa akan cukup banyak dipangkas. Dugaan kami salah. MSI Trident 3 hadir dengan antarmuka bagian depan dan belakang cukup lengkap.

Perlu diketahui bahwa MSI Trident 3 yang kami uji varian dengan prosesor Intel Core i7-8700 dengan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX1060 6GB



Pada bagian depan ada 1 port USB 3.1 Gen1 type-C, dua port USB 3.1 Gen1 Type-2 yang mendukung fitur super Charger 2, dua lubang audio jack untuk mikrofon dan headphone serta satu port HDMI untuk VR, mengingat perangkat ini sudah VR Ready.

Beralih ke bagian belakang terdapat I/O port yang terdiri dari satu port USB 3.1 Gen1 Type-A, empat port USB 2.0, satu port HDMI dan satu port HDMI khusus VR, tiga lubang audio jack, serta satu lubang RJ45 dan satu port connector untuk adapter daya.



Di sebelahnya Anda juga akan menemukan port dari kartu grafisnya bawaannya, yakni dua port HDMI, dua DisplayPort, dan satu port DVI. Untuk konektivitasnya, MSI rident 3 ditunjang Intel Dual Band Wireless AC3168, Intel GigaBit LAN, dan Bluetooth 4.2.




Performa
Seperti yang sudah kami sebutkan bahwa MSI Trident 3 yang Medcom.id ulas adalah varian yang menggunakan prosesor Intel Core i7-8700 dan menggunakan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX1060 6GB DDR5. 

Pihak NVIDIA menyebutkan bahwa kartu grafisnya bisa diganti dengan yang lebih canggih, dengan catatan mengusung ukuran ITX dan menyesuaikan daya power supply.

Untuk kapasitas RAM, MSI Trident 3 hadir dengan bawaan RAM 16GB DDR4 2133MHz yang bisa ditingkatkan lagi hingga 32GB. Kemudian di kapasitas memori penyimpanan tersedia perpaduan jenis penyimpanan SATA SSD kapasitas 256GB dan HDD 1TB 7200RPM.

Lewat pengujian, ditemukan MSI Trident 3 memiliki kemampuan yang sangat tinggi.



Medcom.id belum memiliki database pengujian tower PC gaming untuk perbandingan mengingat sedikit sekali vendor yang menyediakan built-in PC gaming di pasar.

Beralih ke pengujian game, MSI Trident 3 rupanya masih mampu memberikan frame rate yang cukup tinggi pada kualitas grafis Ultra dengan menggunakan dukungan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1060 VRAM 6GB DDR5. Meskipun tidak hadir dengan varian GTX 1070 atau 1080, kartu grafis tersebut masih dapat diandalkan.

Kami melakukan pengujian pada game terbaru seperti Far Cry 5 dengan hasil frame rate tercatat mampu menembus rata-rata 60fps. Beralih ke game Ghost Recon yang tampilannya memang lebih berat, MSI Trident 3 tidak berhasil menembus 60fps, tapi masih menyuguhkan frame rate lebih dari 30fps.



Tidak ketinggalan kami juga melakukan pengujian menggunakan game PUBG yang kini sedang populer. Pada kualitas grafis Ultra perangkat ini bisa menampilkan frame rate tertinggi hingga 78fps.

Kesimpulan
MSI Trident 3 dipandang sebagai salah satu alternatif bagi mereka yang lebih mengidamkan memainkan game di perangkat ringkas ala konsol tapi dengan performa layaknya PC gaming.

Tentu saja MSI Trident 3 dari sisi kemampuan memang mampu menyajikan kualitas performa setara laptop gaming kelas menengah ke atas, namun rasanya mobilitas laptop gaming akan selalu lebih unggul.

Perangkat ini mungkin hadir dengan desain ramping dan ringan. Namun, tetap saja untuk memainkannya, Anda masih membutuhkan perangkat seperti monitor dan keyboard serta mouse atau controller.

Tidak masalah bagi Anda yang tidak merasa repot harus membawa keyboard dan mouse serta mencari monitor atau televisi yang bisa terhubung, namun mereka yang terbiasa dengan laptop gaming pasti berpikir dua kali.

Untuk di Indonesia, MSI Trident 3 dengan prosesor Intel Generasi ke-8 Core i7-8700 dan kartu grafis NVIDIA GeForce GTX 1060 DDR5 (6GB) dibanderol Rp25 juta. Harga yang setara dengan laptop gaming kelas premium saat inibelum ditambah periferal dan monitor.
 
  MSI Trident 3 2018
Prosesor Intel Coffee Lake Core i7-8700
RAM 16GB DDR4 (ekspansi hingga 32GB)
VGA NVIDIA GeForce GTX 1060 6GB
Penyimpanan SSD 256GB + HDD 1TB 7200RPM
Harga Rp25 juta
 
 
9
MSI Trident 3
Plus
  • Desain ramping dan compact di kelasnya
  • Menggunakan prosesor Intel Generasi ke-8
  • Performa tergolong cukup memuaskan
  • I/O port lengkap
Minus
  • Harga tergolong mahal
  • Belum termasuk periferal

 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.