Review Keyboard

Gamdias Hermes M1, Bersaing Ketat di Kelasnya

Mohammad Mamduh    •    Jumat, 31 Mar 2017 11:28 WIB
review peripheral
Gamdias Hermes M1, Bersaing Ketat di Kelasnya
Gamdias Hermes M1

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebenarnya, konsumen diberikan cukup banyak pilihan mereka ketika mereka sekadar ingin membeli keyboard, mouse, atau headset bertema gaming. Razer, SteelSeries, Corsair, Logitech, dan ASUS, mungkin Anda sering mendengar kelima nama ini. Memang, secara jam terbang, mereka sudah cukup punya nama di industri perangkat gaming.

Namun, bukan berarti tidak ada pemain baru yang siap meramaikan segmen tersebut. Gamdias adalah salah satu produsen perangkat gaming yang menyatakan kesiapannya untuk bertarung di pasar Indonesia. Salah satu perangkat gaming yang datang ke meja pengujian Metrotvnews.com kali ini adalah keyboard Hermes M1. Seperti apa kelebihan dan kekurangannya? 



Keyboard gaming pada dasarnya menawarkan desain keren yang cenderung dibungkus warna hitam. Gamdias Hermes M1 cukup tampil beda, dan dimensi fisiknya secara keseluruhan memang terlihat cukup besar. Alasannya adalah karena ini adalah keyboard mekanik, dan unit yang kami uji mengadopsi blue switch. Membicarakan desainnya, Gamdias Hermes M1 tidak berbeda dengan keyboard pesaing di kelas yang sama, dan langsung mengingatkan saya pada produk besutan Armageddon.

Kesamaan ini bisa terlihat dari penggunaan bodi metal di permukaan, dan konsep tombol yang tidak terkurung. Satu hal yang unik adalah cara pemasangan palm rest yang sangat mudah karena tidak mengandalkan pengait yang kuat. Namun, ini juga berarti palm rest mudah terlepas.



Membicarakan fitur secara fisik, Gamdias Hermes M1 tidak menyediakan tombol makro tambahan. Keyboard gaming mekanik ini menyediakan tata letak tombol standar, dan uniknya, Anda hanya akan menemukan satu tombol Windows yang justru berada di sisi kanan. Selama ini, tombol Windows pada umumnya terpasang di sisi kiri. Keuntungannya adalah tombol tersebut tidak mudah sengaja tertekan saat gamer terlalu serius bermain.

Sementara sisi kiri digantikan oleh tombol Fn yang menyediakan beragam fungsi tambahan. Fungsi tambahan ini lebih kepada penggunaan shortcut di Windows, sama seperti tombol keyboard untuk laptop. Tombol Fn juga bias mengunci tombol Windows, yang juga sangat berguna ketika bermain game.



Satu fitur tambahan yang tidak boleh dilupakan adalah penyematan lampu LED di setiap tombol. Namun, pihak Gamdias memastikan bahwa mereka tidak menyematkan lampu RGB. Dalam keterangan di kotaknya, Gamdias Hermes M1 mengadopsi LED tujuh warna, dan pengaturannya bisa Anda lakukan via software Hera. Anda bisa melakukan kustomisasi terkait motif dan tempo pencahayaan. Namun, kustomisasi yang ditawarkan seharusnya bisa lebih fleksibel. 



Penggunaan tombol standar bukan berarti Gamdias Hermes M1 tidak menyediakan fungsi makro. Pengaturan makro bisa dilakukan melalui Hera, yang bisa diunduh langsung via situs resminya. Sayangnya, kelemahan yang cukup terasa dari produk Gamdias bukanlah kualitas fisik perangkatnya, melainkan software pendukung yang perlu penyempurnaan lebih jauh.

Hal ini dapat anda lihat dari tampilannya secara untuk, serta pilihan kustomisasi yang cenderung terbatas. Di sisi lain, software Hera mampu mendeteksi perangkat Gamdias yang telah terpasang, dan ini akan memudahkan Anda dalam melakukan kustomisasi.

Di sisi lain, tanpa penggunaan Hera, Anda masih bisa memakai Gamdias Hermes M1 dengan nyaman, terutama jika Anda tidak memerlukan tombol makro yang terlalu rumit. Input perintah yang cukup akurat memungkinkan Anda memberikan respons yang lebih baik ketika bermain game. Selain itu, tata letak tombol yang sangat standar justru membuat penggunanya bisa beradaptasi lebih cepat, ketimbang menggunakan keytboard yang mengusung konsep dan teknologi baru secara mandiri.

Kesimpulan

Gamdias Hermes M1 adalah keyboard gaming mekanik yang cukup bersaing ketat di kelasnya. Alasannya adalah karena harga yang dibanderol sekitar Rp1,5 juta, dan Anda pasti akan melihat banyak sekali keyboard sejenis pada segmen harga ini. Secara kualitas, produk Gamdias tidak kalah dengan pesaingnya yang sudah memiliki reputasi tinggi terlebih dahulu. Keyboard ini bisa menjadi salah satu pilihan Anda ketika ingin menggunakan produk gaming dengan merek yang tampil beda. 

 

Gamdias Hermes M1

 

7,9

  • Desain gaming keren
  • Tombol cukup responsif
  • Harga bersaing ketat
  • Palm rest mudah lepas
  • Perlu perombakan software yang drastis



(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.