Review Smartphone

Advan G1, Usaha Naik Kelas yang Menjanjikan

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 23 Feb 2017 22:19 WIB
review gadgetadvan
Advan G1, Usaha Naik Kelas yang Menjanjikan
Advan G1 dengan earphone khususnya.

Metrotvnews.com, Jakarta: Advan selama ini dikenal sebagai salah satu produsen smartphone lokal yang mempunyai target pasar kelas bawah.

Tahun 2017 ini, mereka mencoba untuk naik kelas, istilah yang mudah untuk produsen yang ingin menunjukkan bahwa mereka bisa menciptakan produk yang kualtiasnya tidak kalah dengan pesaing yang sudah biasa bermain di segmen kelas menengah ke atas.

Advan G1, inilah smartphone yang bisa menjadi senjata utama Advan dalam merangkul pasar menengah. Sanggupkah ponsel ini menaikkan reputasi penciptanya? Berikut ulasan Metrotvnews.com.

 

Desain

Jika Anda mengingat ponsel Advan pada umumnya, yang mempunyai desain standar dan kualitas murahan karena harganya yang juga murah, Anda mungkin akan membuang pemikiran tersebut setelah melihat smartphone ini. Advan G1 benar-benar mengusung desain baru, yang membuatnya sejajar dengan ponsel pesaing di kelas menengah.

Buktinya adalah penyematan desain yang lebih mewah, ditambah balutan warna emas yang bagus. Bodi metal yang membungkusnya, membuktikan bahwa Advan G1 merupakan ponsel yang tidak bisa diremehkan. 

Advan G1

Advan G1 memiliki bodi yang agak tebal, meski ia tetap nyaman untuk digenggam dengan satu tangan. Tombol power dan volume, yang terletak di sisi kanan, dapat dengan mudah dijangkau. Kamera belakang Advan G1 terlihat cukup mencolok tidak hanya karena ia terletak di bagian tengah, tapi juga karena ia cukup besar. 

Di samping kamera, terdapat flash, sementara di bawahnya terdapat pemindai sidik jari berbentuk lingkaran. Di bagian kiri bawah, terdapat lubang untuk speaker. Port charger di tengah bawah sementara port audio terletak di kiri atas.

Advan G1



Software & Antarmuka

Berhubung ponsel lokal, Advan juga ingin memastikan bahwa software yang tertenama juga merupakan karya anak bangsa. Advan G1 mengadopsi OS Android 6.0 Marshmallow yang telah dikustomisasi dengan IDOS.

Namun, IDOS tidak jauh berbeda dengan Android biasa sehingga tidak perlu khawatir Anda akan kebingungan saat memakainya. IDOS tidak menggunakan drawer. Jadi, aplikasi-aplikasi yang telah Anda unduh bisa langsung Anda akses dari homescreen cukup dengan melakukan swipe

Advan G1

Salah satu fitur yang Advan tanamkan pada G1 adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk mengakses kamera dengan meletakkan jari pada sensor fingerprint dan menggoyangkan ponsel. Selain itu, Anda juga bisa mengambil foto dengan meletakkan jari pada bagian sensor. Namun, selama saya menggunakan Advan G1, fitur ini masih terkadang bisa, terkadang tidak.

Dua fitur menarik lain yang ada pada Advan G1 adalah Parallel Space dan Eye Protection. Seperti namanya, fitur Eye Protection berfungsi untuk melindungi mata dari radiasi sinar biru. Advan G1 bukanlah satu-satunya ponsel yang memiliki fitur ini. Namun, menariknya, Anda bisa menyesuaikan kehangatan warna layar pada Advan G1.

Advan G1

Sementara Parallel Space berfungsi untuk mengakses akun kedua pada aplikasi-aplikasi tertentu, seperti BBM atau WhatsApp. Misalnya, Anda menggunakan 2 slot SIM card yang ada pada G1. Dengan begitu, Anda bisa mengakses kedua akun WhatsApp via G1 tanpa harus memiliki ponsel kedua.

Satu hal yang cukup mengganggu ketika menggunakan Advan G1 adalah iklan. Selama menggunakan Advan G1, saya sesekali dihadapkan oleh iklan berupa aplikasi yang disarankan untuk diunduh. 

Advan G1

 

Kamera dan Video

Soal kamera, Advan G1 memiliki kamera dengan resolusi yang cukup besar, kamera belakangnya memiliki resolusi 13MP sementara kamera depannya punya resolusi 8MP. Hasil gambar dari kamera belakang Advan G1 cukup jelas dengan warna yang cerah.

Advan G1

Advan G1

Satu kelemahan pada kamera Advan G1 adalah karena ia memakan waktu yang cukup lama untuk fokus. Selain itu, jika Anda ingin mengambil foto dari obyek yang relatif bergerak dengan cepat, maka gambar akan menjadi mengabur.

Advan G1

Advan G1

Selain itu, fitur kameranya pun terbilang sedikit. Ia hanya memiliki fitur HDR, Smile Shoot, Gesture Shot, Face Beauty dan Burst Shot. Semua mode ini dapat digunakan pada kamera depan atau belakang, kecuali Smile Shoot, yang hanya bisa digunakan pada kamera belakang. 

Kamera depan Advan G1 sudah dilengkapi dengan flash, yang cukup membantu untuk mengambil foto selfie di saat gelap. Sementara fitur Face Beauty dari ponsel ini akan membuat kulit wajah menjadi lebih putih dan mulus. 

Advan G1

Advan G1 sudah dilengkapi dengan fitur stabilisasi video, EIS (Electronic Image Stabilization). Namun, ia hanya dapat digunakan untuk mereka video dengan resolusi 640x480.

 

Performa dan Baterai

Advan G1 memiliki layar 5 inci dengan resolusi HD (1280 x 720). Bagi saya, layarnya sudah cukup besar untuk menonton video. Selain itu, layar 5 inci membuat gambar pada layar terlihat lebih tajam. 

Advan G1 dibekali dengan prosesor quad-core yang memiliki clock speed 1,0GHz yang dipadankan dengan RAM 3GB. Saat saya menggunakan Advan G1 untuk memainkan Asphalt 8: Airborne, ia dapat berjalan dengan mulus, bahkan pada pengaturan grafik High. 

Satu hal yang membuat saya sedikit heran adalah karena selama penggunaan sehari-hari, terkadang terjadi lag saat pergantian dari satu aplikasi ke aplikasi, memberikan pengalaman yang kurang mulus. Jika Anda melihat grafik perbandingan performa yang diukur dengan 3DMark, Anda bisa melihat bahwa Advan G1 memiliki nilai paling rendah dibandingkan dengan para pesaingnya.

Advan G1

 Advan G1 juga memiliki baterai yang boros. Saat diuji dengan PCMark, ia hanya dapat bertahan selama 4 jam 25 menit, jauh di bawah para pesaingnya.

Advan G1
 

Kesimpulan

Advan G1 memiliki desain yang cukup baik dan ergonomis untuk ponsel di kelasnya. Ia juga sudah dilengkapi dengan pemindai sidik jari. Secara spesifikasi, Advan G1 cukup mumpuni. Sayangnya, IDOS belum terlalu optimal, sehingga tidak hanya terkadang performanya kurang maksimal, baterainya pun menjadi boros. Seharusnya, performa bisa meningkat dan konsumsi baterai bisa lebih irit dengan optimalisasi IDOS melalui beberapa update.

Advan juga melengkapi ponsel jagoannya ini dengan beberapa fitur menarik seperti Parallel Space atau Eye Protection. Advan G1 juga memiliki iklan yang tiba-tiba muncul, yang menurut saya cukup mengganggu. Kameranya memiliki resolusi tinggi, tapi tidak kurang mampu untuk mengambil foto obyek yang bergerak.
 
  Advan G1
Prosesor MediaTek MT6735 @1.0GHz quad-core
RAM 3GB
OS Android 6.0 Marshmallow + IDOS 6.1.2
GPU Mali-T720
Memori Internal 16GB
Kamera 13MP (belakang), 8MP (depan)
Baterai 2.600 mAh
Layar 5 inci (1280x720 pixel)
Harga Rp2.299.000
 

Advan G1

 

7,7

  • Layar tajam
  • IDOS punya beberapa fitur menarik
  • Performa kurang memuaskan
  • Baterai cepat habis
  • IDOS perlu optimalisasi lebih lanjut
  • Kamera tidak kaya mode



(MMI)

Samsung Galaxy C9 Pro, Si Bongsor Bodi Mulus
Review Smartphone

Samsung Galaxy C9 Pro, Si Bongsor Bodi Mulus

1 week Ago

Samsung Galaxy C9 Pro hadir dengan layar besar berukuran 6 inci, dengan dukungan RAM dan memori…

BERITA LAINNYA
Video /