Review Smartphone

Smartfren Andromax B, Cukup Menarik di Kelasnya

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 05 Apr 2017 20:06 WIB
review gadget
Smartfren Andromax B, Cukup Menarik di Kelasnya
Smartfren Andromax B

Metrotvnews.com, Jakarta: Smartfren dikenal sebagai penyedia layanan seluler yang juga menghadirkan perangkat komunikasi dengan harga terjangkau, guna mendukung adaptasi jaringan yang disediakannya.

Merambah jaringan 4G LTE yang dinilai sebagai jaringan untuk kalangan menengah atas, Smartfren tidak lantas melupakan konsumen kelas menengah bawah. Melalui smartphone Andromax, Smartfren bertujuan menghadirkan akses bagi konsumen pada segmen ini untuk menikmati jaringan yang diunggulkannya tersebut.

Salah satu produk yang diusung Smartfren guna memenuhi tujuannya ini adalah Andromax B. Diluncurkan bersamaan dengan Andromax L, perangkat ini juga mengusung fitur yang memanfaatkan jaringan LTE Smartfren. Namun, bagaimana kesan yang dihadirkan perangkat ini secara keseluruhan? Berikut ulasan kami.

 

Desain

Dari segi desain, Andromax B tampil sederhana menyerupai smartphone pada segmentasi menengah bawah lain. Perangkat ini hadir dalam dimensi tergolong tebal, berbalut warna hitam, dengan bodi belakang bertekstur.

Kombinasi desain dengan tepian di masing-masing sisi yang membulat, bodi bertekstur serta dimensi tergolong tebal yang diusungnya mendukung kenyamanan saat menggenggam perangkat dengan satu tangan.



Selain berdesain ringkas dan berdimensi mungil, kenyamanan menggenggam Andromax B ini dengan satu tangan juga didukung oleh bobot ringan yang diusungnya.

Sementara itu, seperti smartphone pada umumnya, Andromax B dilengkapi dengan tombol sentuh kapasitif untuk tiga menu utama, yaitu Home, Recent dan Back di bagian bawah layar.

Tombol sentuh kapasitif tiga menu utama tersebut tidak dilengkapi dengan lampu backlight, sehingga Anda harus sedikit menghapalkan letak pasti tombol ini saat menggunakannya di tempat gelap atau dengan kondisi pencahayaan redup.



Sedikit berbeda dengan ponsel cerdas pada umumnya, perangkat buatan pabrikan asal Tiongkok, Haier ini menempatkan slot microUSB yang juga berfungsi sebagai charger pada sisi kiri atas bodi.  Dengan demikian, Anda tidak akan slot apapun pada sisi bawah perangkat.

Sementara itu, jack audio 3,5 mm dapat Anda temukan pada sisi atas kiri, serta tombol volume dan daya pada sisi kanan atas perangkat. Slot microSD dan microSIM ganda dapat Anda temukan pada bodi perangkat, tertutup bodi belakang yang dapat dilepas.

 

Software & Antarmuka

Tampilan antarmuka pengguna yang diusung Smartfren Andromax B tergolong sederhana, dan tidak jauh berbeda dari saudaranya, yaitu Andromax L. Smartfren dan Haier memilih tidak mengutak-atik tampilan antarmuka perangkat, dan memanfaatkan antarmuka yang dihadirkan oleh Android 6.0 Marshmallow.

Serupa dengan perangkat Smartfren lainnya, Andromax B juga berbekal sejumlah aplikasi bawaan khas operator seluler tersebut, termasuk Uangku, Migme, UC Browser Lazada, Smartmusic dan SmartGames.



Sebagai perangkat karya salah satu operator seluler pengusung jaringan 4G LTE di Indonesia, perangkat ini juga mengunggulkan kemampuan melakukan panggilan suara via jaringan WiFi dan via jaringan LTE, tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan selain untuk data internet.

Namun, pengguna ponsel ini tidak akan terpenjara oleh satu kartu SIM saja, yaitu Smartfren, sebab Andromax B juga menyediakan slot kedua untuk kartu dari operator seluler lainnya.

Serupa perangkat karya produsen lainnya, Smartfren juga tetap membekali fitur Radio FM pada perangkat ini, meski mengunggulkan kemampuan jaringan 4G LTE yang diusungnya. Fitur ini sesuai target konsumen perangkat ini, meski sebagian besar pengguna di kota besar telah beralih ke fitur radio streaming.

 

Kamera & Video

Menyasar konsumen kelas bawah, Smartfren hanya membekali kamera belakang 5MP pada Andromax B. Meskipun demikian, foto yang dihasilkan kamera belakang ponsel ini cukup baik pada kondisi pencahayaan redup ataupun cukup.

Pada kondisi pencahayaan redup, Anda akan tetap dapat menemukan gangguan noise pada hasil foto. Untuk membantu foto tampil lebih terang, Anda dapat memanfaatkan bantuan lampu flash.





Hasil yang cukup baik kami juga dapati pada foto dari kamera depan yang juga mengusung resolusi sensor yang sama. Pada kondisi pencahayaan redup, kamera depan perangkat mampu menangkap cahaya lebih baik, sehingga foto tampil sedikit lebih terang dibandingkan kondisi pencahayaan sebenarnya.





Serupa dengan kamera ponsel cerdas lainnya, Smartfren juga membekali kamera Andromax B dengan fitur HDR, memungkinkan Anda menghasilkan foto dengan tampilan warna lebih kaya dan lebih detil.

Selain HDR, fitur lain yang tersedia pada perangkat ini adalah panorama, memungkinkan Anda untuk mengambil foto dengan sudut pandang lebih luas secara vertikal, dengan mengombinasikan sejumlah foto menjadi satu.

 

Performa & Baterai

Didukung prosesor Qualcomm Snapdragon 210 1,1GHz quad-core, performa yang disuguhkan tergolong baik, meski kami sempat menemukan lag saat menggunakannya.

Lag tersebut tidak hanya kami temukan saat memainkan game Asphalt 8: Airbone, juga saat mengakses aplikasi bawaan perangkat ini. Tidak hanya pada layar perangkat, lag juga sempat kami dapati pada tombol menu utama sentuh kapasitif ponsel cerdas ini.

Pada pengujian menggunakan aplikasi benchmark 3DMark Ice Storm Unlimited, ponsel ini berhasil memperoleh nilai cukup baik, yaitu sebesar 4385. Sementara pada pengujian 3DMark Sling Shot, Andromax B memperoleh nilai sebesar 48.



Sementara itu untuk baterai, Andromax B memiliki masa aktif tergolong singkat saat digunakan dalam kondisi penggunaan aktif, yaitu selama hampir empat jam. Sementara saat digunakan dengan kondisi standar, ponsel ini mampu bertahan selama sekitar lima jam.

Hal ini cukup dapat dimaklumi mengingat Smartfren Andromax B hanya berbekal baterai berkapasitas tergolong kecil, yaitu 1.950 mAh.


Kesimpulan
Hadir dengan desain ringkas dan dimensi mungil yang pas dalam genggaman, tekstur pada bodi belakang mendukung kenyamanan saat menggenggam perangkat ini. Hanya saja, kehadiran lag mengurangi kenyamanan saat menggunakan perangkat. Untuk perangkat di kelasnya, Andromax B tergolong smartphone yang menarik.  
 
  Andromax B
Prosesor Qualcomm Snapdragon 210 1.1 GHz quad-core
RAM 1GB
OS Android 6.0 Marshmallow
GPU Adreno 304
Memori Internal 8GB
Kamera Depan 5MP, Belakang 5MP
Baterai 1.950 mAh
Layar 4,5 inci (480x854 piksel)
Harga Rp749.000
 

Smartfren Andromax B

 

7,5

  • Desain ringkas dan ringan
  • Kamera cukup baik
  • Baterai kurang awet
  • Lag sempat ditemui saat penggunaan



(MMI)

Menjajal Kemampuan Ponsel 2 Kamera Depan Oppo F3
Review Smartphone

Menjajal Kemampuan Ponsel 2 Kamera Depan Oppo F3

5 days Ago

Sama seperti ponsel Oppo sebelumnya, F3 mengunggulkan kamera depan. Ponsel ini dilengkapi denga…

BERITA LAINNYA
Video /