Review Smartphone

Coolpad Cool Dual, Penawaran Kamera Ganda Menggoda

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 26 May 2017 22:08 WIB
review gadgetcoolpad
Coolpad Cool Dual, Penawaran Kamera Ganda Menggoda
CoolPad menghadirkan sensasi kamera ganda dengan penawaran harga terjangkau melalui CoolPad Dual.

Metrotvnews.com, Jakarta: Belum rampung tren kamera selfie, ranah smartphone global kembali menawarkan tren baru terkait dengan kamera yang diusungnya, yaitu kamera ganda. Sejumlah produsen mencoba peruntungannya pada tren ini, termasuk Apple dan Huawei.

Selain raksasa teknologi tersebut, produsen smartphone lain yang turut menghadirkan kamera ganda pada perangkatnya adalah Coolpad. Produsen asal Tiongkok ini menyematkan kamera belakang ganda, pada Coolpad Cool Dual.

Selain kamera, Coolpad turut mengunggulkan keunggulan lain yaitu baterai berkapasitas 4.000 mAh. Lantas seperti apa performa dan pengalaman penggunaan yang ditawarkan ponsel cerdas ini? Berikut penjabarannya.

 

Desain

Coolpad membalut Cool Dual dalam balutan bahan serupa metal dengan desain unibodi yang terasa nyaman saat digenggam. Selain mendukung kenyamanan, balutan bahan metal pada perangkat ini turut membantu menghalangi bodi perangkat kotor akibat noda sidik jari.

Meskipun demikian, Coolpad tetap mampu menyuguhkan perangkat dengan bobot tergolong ringan namun sedikit tebal. Tidak hanya nyaman, keindahan desain yang diusung perangkat ini terlihat berkat kehadiran bekal bezel tipis, yang membingkai layarnya.



Bezel tersebut membingkai layar berukuran 5,5 inci Full HD yang mampu memanjakan mata dengan reproduksi warna yang baik dan tingkat kecerahan cukup, serta sudut pandang yang baik juga. Namun, saat digunakan di bawah cahaya matahari langsung, warna pada layar berteknologi Gorilla Glass 3 ini sedikit kurang terlihat.



Sementara itu, Anda dapat menemukan tombol sentuh untuk tiga menu utama di bagian bawah layar, yang akan menyala saat disentuh dan layar aktif, berguna saat digunakan dalam kondisi pencahayaan gelap. Sayangnya, saat lampu dalam kondisi tidak menyala, menemukan letak pasti tombol tersebut sedikit menyulitkan akibat tidak tersedia penanda khusus.



Sementara itu pada bagian atas layar, terdapat dua lingkaran mengapit speaker depan. Pada awalnya, kami mengira dua lingkaran tersebut sebagai kamera depan ganda, namun kenyataannya tidak demikian. Lingkaran yang merupakan kamera depan perangkat ini tersemat di sebelah kanan speaker, diapit oleh lampu LED notifikasi.

Tombol daya dan volume dapat ditemukan pada sisi kanan perangkat, sedangkan lubang speaker dan port USB Type-C terdapat di sisi bawah. Sisi atas perangkat terdapat jack audio 3.5mm dan pemancar Infra Merah, sementara di sisi kiri terdapat slot untuk kartu SIM nano ganda, serta kamera ganda, lampu flash LED dan sensor pemindai sidik jari pada bagian belakang perangkat.

 

Software & Antarmuka

Coolpad membekali Cool Dual dengan antarmuka pengguna terbaru karyanya, yaitu EUI 5.6, yang sedikit menimbulkan kebingungan bagi pengguna pertama perangkat dengan antarmuka ini. Sebab perangkat ini tidak menyematkan menu akses cepat pada bar menu drop down yang dapat diakses dengan mengusap layar dari tepi atas ke arah bawah.

Menu drop-down tersebut hanya berfungsi sebagai bar untuk menampilkan notifikasi yang diterima perangkat. Sementara itu, menu akses cepat tersebut dapat Anda temukan dengan menyentuh tombol menu utama multitasking di sebelah kiri tombol Home, di bagian bawah layar, yang hadir dengan tampilan serupa iOS.



Menu ini ditampilkan bersamaan dengan Recent Apps atau aplikasi yang baru digunakan, tuas pengendali kecerahan layar, tombol pengendali alat pemutar musik dan sejumlah widget default. Anda juga dapat menemukan tombol untuk mengaktifkan fitur penyesuaian kecerahan layar otomatis di jajaran tombol menu akses cepat.

Antarmuka pengguna ini juga tidak memiliki laci aplikasi, sehingga seluruh aplikasi yang diunduh atau merupakan aplikasi bawaan dapat ditemukan pada layar Homescreen, dan dapat ditemukan dengan mengusap layar dari sisi kanan atau kiri ke arah dalam.

Software ini juga menawarkan kemudahan untuk menonaktifkan layar, dengan menekan tombol menu utama Back selama beberapa saat. Namun, melakukan tindakan ini tidak membantu mengunci layar ponsel sehingga Anda tetap diharuskan untuk menekan tombol daya untuk mengunci dan membuka kunci layar.

 

Kamera & Video

Pada Cool Dual, Coolpad mengunggulkan kamera belakang ganda 13MP dengan aperture f/2.0, PDAF dan flash LED dual-tone, serta kamera depan 8MP. Kamera belakang ganda yang mendukung perangkat ini mampu menyuguhkan hasil foto yang baik.

Hasil foto kamera belakang

Hasil foto kamera depan

Saat memotret pada pencahayaan cukup, kamera menyuguhkan performa baik, dengan fokus cepat dan tajam, serta mampu menyuguhkan tampilan foto dengan warna alami. Hal berbeda ditampilkan oleh hasil foto pada kondisi pencahayaan redup, yang dipenuhi dengan noise.

Hasil foto kamera belakang


Hasil foto kamera depan

Hasil foto dalam mode HDR


Namun, Anda dapat memanfaatkan mode Night atau mengaktifkan fitur HDR yang dapat membantu hasil foto sedikit lebih cerah. Anda juga dapat memanfaatkan mode Pro pada menu kamera, yang memungkinkan Anda mengatur sendiri sejumlah pengaturan layaknya kamera dengan mode manual.

Hasil foto mode kamera ganda



Menawarkan kamera belakang ganda, Anda dapat menikmati keunggulan kameranya tersebut dengan menekan ikon serupa lensa perangkat yang tersemat di bar menu di atas layar pada menu kamera. Menekan tombol tersebut akan menampilkan halaman layar baru dengan tombol shutter tersemat kata SLR di bagian atasnya.

Anda juga akan disuguhi cara penggunaan singkat yang dapat ditemukan pada bagian atas layar menu kamera tersebut. Untuk menikmati keunggulan ini, Anda akan diminta untuk menempatkan obyek pertama dan obyek kedua dengan jarak setidaknya dua meter.

Dengan demikian, kamera dapat menyuguhkan hasil foto efek bokeh yang cukup baik. Anda juga diberikan kesempatan untuk menyesuaikan aperture pada salah satu obyek dengan mengetukan jari pada obyek di layar dan menggeser tuas yang muncul setelah kamera berhasil mengunci fokus.

 

Performa & Baterai

Didukung prosesor Qualcomm Snapdragon 625 octa-core dengan RAM 3GB, menggunakan Coolpad Cool Dual dalam kegiatan sehari-hari tergolong menyenangkan. Sebab kami disuguhkan dengan pengalaman penggunaan yang tergolong mulus tanpa gangguan lag.

Pengalaman yang sama juga kami temukan saat menggunakan perangkat ini untuk memainkan game Asphalt 8: Airbone. Perangkat ini juga cukup mampu menyuguhkan tampilan layar dengan ketajaman dan detil yang baik saat game dimainkan.

Berbalut bahan metal, bodi Coolpad Cool Dual cenderung menjadi hangat saat tengah menjalani proses pengisian daya baterai. Demikian juga saat digunakan dalam aktivitas sehari-hari, meski suhu bodi perangkat masih dalam kondisi normal, termasuk saat digunakan dalam kondisi suhu lingkungan sekitar yang terik.



Sementara itu, performa ponsel cerdas ini juga ditampilkan melalui hasil perolehan nilai dari sejumlah pengujian menggunakan aplikasi benchmark. Pada pengujian 3DMark Sling Shot, perangkat ini memperoleh nilai sebesar 1268, sedangkan perolehan nilai 3DMark Unlimited sebesar 14720, dan PCMark Work 2.0 sebesar 4681.

Menyoal baterai, Coolpad Cool Dual hadir dengan dukungan baterai berkapasitas 4.000 mAh, yang mampu menyuguhkan daya tahan cukup lama. Pada hasil pengujian aplikasi benchmark untuk baterai, Cool Dual mampu bertahan selama 9 jam 34 menit, tergolong standar untuk kapasitas baterai tersebut.

Sementara dalam kondisi penggunaan normal, baterai perangkat mampu bertahan selama lebih dari 10 jam. Sayangnya, Coolpad tidak membekali baterai Cool Dual ini dengan teknologi pengisian daya cepat atau Fast Charging.

Kesimpulan

Mengusung layar besar dengan tampilan warna dan sudut pandang baik, Anda harus berkompromi dengan suguhan tampilan layarnya saat digunakan di bawah sinar matahari. Namun, dukungan kamera ganda cukup mampu menambah kesenangan saat menggunakan ponsel ini.

Kesenangan tersebut juga didukung oleh performa baterai yang tergolong baik, serta suguhan performa tanpa gangguan lag dalam penggunaan sehari-hari. Sayangnya bagi pengguna pertama, antarmuka pengguna ponsel ini akan sedikit membingungkan pada awal penggunaan.

 
  Coolpad Cool Dual
Prosesor Snapdragon 652 1,8 GHz octa-core
RAM 3GB
OS Android 6.0 Marshmallow
GPU Adreno 510
Memori Internal 32GB
Kamera 13MP + 13MP (belakang, 8MP (depan)
Baterai 4.000 mAh
Layar 5,5 inci Full HD (1920x1080 piksel)
Harga Rp3.199.000
 

Coolpad Cool Dual

 

8

  • Performa cukup baik
  • Kamera ganda dapat hasilkan foto bokeh cukup baik
  • Harga tergolong terjangkau
  • Warna pada layar kurang terlihat pada penggunaan di bawah sinar matahari
  • Antarmuka sedikit membingungkan di awal penggunaan



(MMI)

Motorola Moto G5S Plus, Kompetisi Ketat Segmen Kamera Ganda
Review Smartphone

Motorola Moto G5S Plus, Kompetisi Ketat Segmen Kamera Ganda

10 hours Ago

Turut memeriahkan tren kamera ganda yang tengah digandrungi produsen smartphone, Motorola juga …

BERITA LAINNYA
Video /