Review Laptop

ASUS X550IU, Laptop Esport Terjangkau

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 13 Jun 2017 20:13 WIB
amdasusreview laptop
ASUS X550IU, Laptop Esport Terjangkau
ASUS X550IU

Metrotvnews.com, Jakarta: Perkembangan dunia gaming terutama e-sport atau olahraga elektronik semakin pesat. Munculnya berbagai layanan gaming serta tim-tim lokal asli Indonesia membuat industri tersebut kini sangat diminati. 

Meski demikian, ada beberapa kendala yang menyulitkan esport agar bisa diakses oleh berbagai kalangan gamer, salah satunya adalah sulit untuk mencari perangkat gaming dengan harga yang terjangkau dan memiliki performa mumpuni untuk menjalankan game esport seperti DOTA 2, Overwatch, dan Counter-Strike: Global Offensive.



ASUS memiliki solusinya. Menggandeng AMD, produsen laptop asal Taiwan tersebut merilis laptop X550IU beberapa waktu yang lalu. Laptop gaming yang menyasar kelas menengah bawah tersebut ditenagai oleh chip grafis Radeon RX 460 yang merupakan GPU khusus untuk esport. Selian itu, laptop ini juga ditenagai oleh prosesor AMD APU Mobile generasi ketujuh FX-9830P.

Secara tampilan, laptop ini memang tidak terlalu terlihat seperti sebuah laptop gaming. Ia memang bukan laptop yang masuk ke dalam keluarga Republic of Gamers, sehingga tampilan gaming-nya tidak terlalu mencolok. Meski demikian, Anda bisa melihat nuansa gaming yang dihadirkan dari kombinasi warna yang ditawarkan, yaitu hitam-merah.



Bodi laptop ini memang tidak bisa dikatakan ramping, namun juga tidak termasuk tebal. Yang jelas, ASUS X550IU masih bisa dibawa bepergian dengan mudah. Saya juga suka dengan bentuk adapter yang tidak terlalu besar dan mudah masuk ke dalam tas.

Yang mengejutkan adalah keyboard X550IU terasa nyaman untuk bermain game. Untuk laptop sekelasnya, saya rasa cukup sulit untuk menemukan laptop dengan keyboard yang memiliki travelling distance yang nyaman. Sayangnya, touchpad di laptop ini tidak senyaman keyboard-nya. Meski responsnya cukup bagus, namun tombolnya kurang nyaman untuk ditekan. Karena itulah saya lebih suka menggunakan mouse ketimbang touchpad.



Bagaimana dengan performanya?

Dari sisi gaming sekelas esport, ASUS X550IU merupakan salah satu laptop dengan performa yang sangat mumpuni. DOTA 2 bisa dimainkan pada detail grafis tertinggi dan berhasil menembus angka 61fps. Sementara game dengan kualitas grafis kelas menengah lain seperti Civilization VI juga berhasil dijalankan dengan rata-rata framerate di atas 60fps.

Beberapa game AAA seperti GTA V, The Witcher 3, dan Ashes of The Singularity juga bisa dimainkan di laptop ini. Namun ia tidak bisa menjalankan game tersebut secara optimal jika detail grafisnya dimaksimalkan. Mau tidak mau Anda harus menurunkan kualitas grafisnya, setidaknya ke level medium agar pengalaman bermain tidak terganggu. Semua performa tersebut juga tergambarkan pada pengujian menggunakan PCMark 8 dan 3DMark Fire Strike yang berhasi ditembus dengan skor cukup memuaskan.



Terakhir, baterai merupakan kendala utama laptop ini. Selama pengujian, laptop ini hanya mampu bertahan sekitar 2 jam saja pada pemakaian multimedia standar seperti browsing dan menonton film dengan WiFi menyala. Tentu performa baterai ini membatasi Anda beraktivitas secara mobile.

Kesimpulan

Dengan banderol harga dibawah Rp10 juta (Rp9.499.000), ASUS X550IU merupakan jembatan baru bagi mereka yang belum mampu membeli laptop sekelas ROG namun ingin menjajal game terkini. Secara keseluruhan performanya sangat baik untuk di kelasnya, namun daya tahan baterai yang kurang memuaskan membuatnya agak sulit diandalkan sebagai teman beraktivitas secara mobile.

 
  ASUS X550IU
Ukuran Layar  15,6 inci Full HD (1920x1080 pixel)
Prosesor AMD FX-9830P Bristol Ridge
GPU Radeon RX 460 2GB GDDR5
RAM 4GB
Penyimpanan  1TB HDD
Baterai 4 Cells 44 Whrs
Harga Rp9.499.000
 

ASUS X550IU

 

7,8

  • Harga terjangkau
  • Performa mumpuni
  • Baterai kurang kuat
  • Touchpad kurang nyaman



(MMI)