Review Mousepad

Roccat Raivo, Besar dan Akurat

Mohammad Mamduh    •    Kamis, 26 Mar 2015 09:15 WIB
review gadget
Roccat Raivo, Besar dan Akurat
Mousepad Roccat Raivo

Metrotvnews.com: Roccat adalah produsen perangkat gaming asal Jerman dengan reputasi yang patut diperhitungkan. Berbagai perangkat gaming merela, seperti mouse, keyboard, mousepad, dan headset, memiliki desain khas yang tak lepas dari penggunaan warna biru dan hitam.

Kami pun mendapatkan kesempatan untuk menguji salah satu mousepad dari Roccat, Raivo. Apakah mousepad ini berbeda dengan para pesaingnya?

Roccat Raivo adalah mousepad berukuran cukup besar, yaitu 350 x 270 x 2mm, menjadikannya sebuah alas mouse dengan daya jelajah yang sangat luas. Anda dapat melihat lambang Roccat yang cukup besar di permukaan mousepad ini, ditambah dengan mereknya yang terletak di sisi kiri bawah. Bagian belakang permukaannya dibuat asimetris dengan sisi yang berlawanan demi menjaga kenyamanan telapak tangan.



Tak menggunakan material lembut, Roccat Raivo merupakan mouse hard surface atau dengan kata lain mouse dengan permukaan yang keras. Artinya, pengguna tak dapat melipatnya untuk dimasukkan ke dalam tempat yang lebih kecil.

Secara tidak langsung, mouse ini memiliki tingkat mobilitas yang rendah. Namun, permukaan dengan material khusus ini rupanya tahan terhadap debu. Debu memang menjadi salah satu “musuh”gamer karena biasanya mereka jarang sekali merawat perangkat gamingnya.

Di sisi lain, Roccat Raivo memang ditujukan kepada gamer dengan tingkat mobilitas rendah, atau mereka yang lama duduk di depan PC desktop kesayangan. Permukaan yang luas ini dilapisi oleh material khusus yang mereka namai Micro Granular yang berguna untuk meningkatkan kecepatan mouse. Alhasil, mouse Anda bisa bergerak dengan lebih akurat, berguna untuk bermain beberapa game tertentu, salah satunya FPS.

Grip dari material karet yang terpasang di bawah memang menjamin Roccat Raivo tak mudah bergerak. Roccat Raivo cocok dipasangkan dengan mouse jenis apa pun, baik berbobot yang ringan atau mouse dengan bobot yang proporsional. Anda yang sedang mencari mousepad hard surface, bisa mempertimbangkan Roccat Raivo.
 


(ABE)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.