Review Monitor

Jajal Monitor 165Hz, AOC Agon AG241QG

Riandanu Madi Utomo    •    Sabtu, 26 Aug 2017 09:12 WIB
review peripheral
Jajal Monitor 165Hz, AOC Agon AG241QG
AOC Agon AG241QG

Metrotvnews.com, Jakarta: Sebagai pewarta teknologi yang biasa mengulas produk gaming, saya memang mengerti satu sifat yang dimiliki oleh setiap gamer, yaitu selalu tidak puas dengan apa yang ada saat ini.

Monitor contohnya. Sebelum esport semakin marak, gamer biasanya hanya puas dengan monitor yang memiliki refresh rate 60Hz. Saat ini, kebanyakan gamer kelas atas sudah memiliki monitor gaming dengan refresh rate 120Hz. Alasannya sederhana, mereka ingin game ditampilkan dengan framerate yang tinggi.

Karena monitor 120Hz sudah merajalela, para produsen monitor gaming kali ini pun berusaha untuk menaikkan standar tersebut. AOC adalah salah satu yang berhasil menciptakan monitor dengan refresh rate di atas 120Hz. Melalui monitor gaming Agon AG241QG, AOC berhasil menghadirkan refresh rate hingga 165Hz, lebih dari dua kali refresh rate monitor standar yang ada saat ini.



Apa untungnya menggunakan monitor 120Hz? Jika Anda merupakan gamer yang sering bermain game kompetitif dengan tempo cepat seperti Rainbow Six: Siege, Overwatch, dan Counter-Strike: Global Offensive, Anda pasti bisa merasakan bagaimana perbedaan performa menggunakan monitor 60Hz dengan 165Hz.

Secara teori, monitor 60Hz hanya bisa menampilkan 60 frame gambar per detik sementara monitor 165Hz bisa menampilkan 165 frame gambar per detik. Semakin banyak frame yang ditampilkan, maka kualitas animasi akan semakin halus. Hal tersebut membuat gerakan di dalam game tampil tanpa jeda (lag) yang bisa mengganggu permainan.



AOC Agon AG241QG juga hadir dengan teknologi G-Sync dan response time 1ms. Meski G-Sync hanya bisa aktif ketika digunakan dengan kartu grafis NVIDIA, response time yang hanya 1ms merupakan nilai tambah terutama bagi para gamer profesional yang memang membutuhkan respon cepat dari perangkat gamingnya.

AOC Agon AG241QG menggunakan layar dengan ukuran 23,8 inci dan resolusi 1440p. Monitor ini menggunakan panel TN yang memang dikenal dengan response time tinggi, namun reproduksi warnanya lemah sehingga jangan harap monitor ini bisa digunakan untuk kegiatan desain profesional.



Bentuk bodi monitor ini juga cukup fleksibel. Layarnya bisa diputar, dimiringkan, dan disesuaikan tingginya. Sayangnya, bodi Agon AG241QG tidak memiliki mekanisme yang memungkinkannya diputar ke kiri dan kanan. Namun sebagai gantinya, monitor ini memiliki sudut pandang yang cukup lebar, yaitu hingga 170 derajat.

Kesimpulan

Untuk standar gaming kompetitif, Agon AG241QG memang sudah sangat mumpuni. Meski resolusinya tergolong agak besar, monitor ini sudah memiliki semua fundamental bagi monitor gaming kompetitif. Tidak hanya itu, harganya juga tergolong kompetitif yaitu hanya Rp8,6 juta. Harga tersebut memang tergolong terjangkau untuk monitor G-Sync di atas 23 inci.

Memang ia masih memiliki beberapa kelamahan, namun saya rasa kelemahan tersebut masih bisa dimaafkan.


AOC Agon AG241QG

  • Fleksibel
  • Refresh rate tinggi
  • Tergolong terjangkau
  • Tidak bisa diputar ke kiri dan kanan



(MMI)