Review Headset

HyperX Cloud Revolver, Fokus ke Kualitas Suara

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 16 May 2017 00:08 WIB
review peripheral
HyperX Cloud Revolver, Fokus ke Kualitas Suara
?HyperX Cloud Revolver

Metrotvnews.com, Jakarta: Apa yang menjadi pertimbangan utama ketika Anda ingin membeli sebuah headset gaming? Saya yakin beberapa dari Anda akan lebih memilih model tampilan atau mereknya. Ya, beberapa merek memang menawarkan headset gaming dengan tampilan "menyala" sehingga penggunanya semakin mudah menjadi perhatian sekelilingnya. 

Meski tren peripheral gaming kini sedang lebih condong ke arah tampilan, namun masih ada beberapa produsen yang mengutamakan fungsi dan mengesampingkan tampilan.



HyperX adalah salah satunya. Merek peripheral gaming dari Kingston ini memiliki beberapa jajaran headset gaming, salah satunya adalah HyperX Cloud Revolver yang tampil minimalis namun memiliki kualitas suara yang sangat baik.

Di situs resminya, Cloud Revolver ditulis sebagai headset khusus untuk gamer FPS. Saya harus setuju dengan klaim tersebut karena headset ini memiliki karakteristik suara yang sangat jernih. Suara treble juga lebih dominan dari bass sehingga memudahkan saya mengenali pemain lain yang sedang melaju ke arah saya.



Tidak hanya kualitas suaranya saja yang istimewa, Cloud Revolver juga memiliki mikrofon dengan kualitas rekam yang sangat jernih. Ini sangat berguna ketika saya bermain game multiplayer dimana komunikasi yang lancar merupakan kunci kemenangan tim. 

Mikrofon pada headset gaming ini menggunakan desain fixed dan tidak bisa disembunyikan. Hanya saja, mikrofon tersebut bisa dilepas sehingga membuat Cloud Revolver juga bisa tampil sebagai headset biasa.

Soal kenyamanan, Cloud Revolver bisa dikatakan sebagai salah satu headset paling nyaman yang pernah saya gunakan. Ia menggunakan desain bridge ganda seperti halnya SteelSeries Siberia V2 sehingga genggaman headset sangat pas di kepala saya. Selain itu, bantalan pada bagian bridge dan earcup juga membuat kenyamanan headset ini menjadi lebih baik lagi.



Menariknya lagi, headset ini juga dirancang sebagai headset hibrida. Ia masih bisa digunakan sebagai headset multimedia di berbagai perangkat termasuk ponsel. Hal tersebut dikarenakan Cloud Revolver menggunakan satu konektor jack 3.5mm. Sementara agar bisa terhubung ke PC yang menggunakan konfigurasi dua konektor jack 3.5mm, Kingston menyediakan sebuah control box khusus yang berfungsi sebagai converter.

Minusnya, Cloud Revolver tidak memiliki fasilitas untuk menerima panggilan. Ia memang bisa menerima panggilan, namun Anda juga harus mengenakan mikrofonnya. Dengan demikian, bisa disimpulkan Cloud Revolver hanya dirancang sebagai headset multimedia bukan untuk menerima panggilan jika digunakan bersama perangkat mobile.

Kesimpulan

HyperX Cloud Revolver memang memiliki tampilan yang tidak semenarik headset gaming lain yang dilengkapi LED RGB dan sejenisnya. Namun, soal suara, ia tak kalah hebat dengan pesaingnya. Headset ini memang masih mengandalkan suara stereo dan sudah sangat cukup untuk bermain game. Selain itu, tingkat kenyamanannya sudah sangat baik untuk headset yang dibanderol di kisaran Rp1,3 juta.

Minusnya, mikrofon pada headset ini tidak menggunakan model yang bisa disembunyikan (retractable), sehingga Anda juga harus berhati-hati jangan sampai bagian mikrofonnya hilang.
 

HyperX Cloud Revolver

 

8

  • Nyaman
  • Kualitas suara bagus
  • Multifungsi
  • Tanpa pemasangan khusus
  • Desain mikrofon terpisah
  • Masih gunakan sistem stereo



(MMI)

Video /