Review Smartphone

Samsung Galaxy On7, Kelas Menengah yang Mirip Galaxy Note 4

Lufthi Anggraeni    •    Minggu, 06 Nov 2016 11:02 WIB
samsungreview gadget
Samsung Galaxy On7, Kelas Menengah yang Mirip Galaxy Note 4
Samsung Galaxy On 7.

Metrotvnews.com, Jakarta: Belum lama ini, Samsung meluncurkan smartphone terbaru yang menyasar kelas menengah, yaitu Galaxy On7. Perangkat ini menyapa konsumen Indonesia secara eksklusif melalui delapan situs e-commerce yang digandengnya.

Samsung Galaxy On7 mengunggulkan sejumlah fitur, di antaranya yaitu dukungan konektivitas jaringan 4G LTE Cat.4 dan layar 5,5 inci, yang diklaim mampu menghadirkan pengalaman penggunaan kaum milenial yang juga menjadi targetnya.

Kehadiran ponsel cerdas ini juga diakui menjadi salah satu cara Samsung untuk mengakomodir kaum milenial Indonesia yang tergolong tinggi. Menurut sejumlah penelitian, kaum milenial lebih banyak menghabiskan waktu menggunakan perangkat mobile mereka.

 

Desain

Melihat Samsung Galaxy On7 mengingatkan saya pada Galaxy Note 4 yang meluncur tahun 2014 lalu. Samsung Galaxy On7 juga hadir dengan bodi belakang berbahan plastik dengan tekstur kulit.

Keduanya sama-sama mengusung desain dengan garis tegas, namun dengan sudut membulat. Selain absennya slot stylus di sudut kanan bawah frame, perbedaan antara Samsung Galaxy On7 dan Galaxy Note 4 terdapat pada letak lampu flash LED yang mendampingi kamera belakangnya.



Garis tegas yang disung ponsel cerdas ini tampil elegan berkat dukungan frame metalik, tempat bersemayam sejumlah tombol fisik seperti tombol daya di sisi kanan, dan tombol volume di sisi kiri. Sementara itu, jack audio 3,5mm mikrofon, dan port USB sekaligus charger terdapat di bagian bawah perangkat.

Ditujukan sebagai perangkat kelas menengah, Samsung Galaxy On7 hadir dengan bodi belakang dan baterai yang dapat dilepas. Melepas bodi dan baterai memungkinkan Anda mengakses slot kartu SIM ganda dan kartu micro SD.



Bodi belakang bertekstur serupa kulit ini menjadi keuntungan tersendiri bagi Samsung Galaxy On7 ini, sebab tidak mudah kotor oleh noda sidik jari. Tekstur tersebut juga membantu mengurangi kekhawatiran ponsel terlepas saat digenggam akibat licin. Hadir dengan layar berukuran 5,5 inci tidak menjadikan perangkat ini sulit untuk digenggam dengan satu tangan, termasuk oleh pengguna bertangan kecil, berkat dimensinya yang tergolong tipis.

 

Software & Antarmuka

Samsung membekali Galaxy On7 dengan sistem operasi Android Lollipop 5.1.1 dengan antarmuka Touchwiz UI. Penggunaan antarmuka tersebut memungkinkan pengguna melakukan kustomisasi melalui sejumlah widget yang tersedia, serta pengaturan shortcut ke menu tertentu pada menu drop down di halaman home screen.

Namun secara sekilas, tampilan yang disuguhkan antarmuka pengguna Samsung Galaxy On7 ini tidak berbeda dari perangkat karya Samsung lainnya.



Seperti perangkat lain, Samsung membekali Galaxy On7 dengan aplikasi bawaan dalam jumlah yang tergolong banyak, seperti Smart Manager, Galaxy Gift Indonesia, Galaxy Apps, dan S Lime. Sayangnya, bagi sebagian pengguna aplikasi tersebut hanya menjadi aplikasi penghias yang jarang digunakan.

Salah satu aplikasi yang bermanfaat yaitu aplikasi Smart Manager, memungkinkan Anda melakukan sejumlah hal, di antaranya menjaga keamanan perangkat, membersihkan file di memori, membersihkan RAM, dan mengawasi penggunaan baterai.

Selain itu, pembekalan fitur Ultra Data Saving juga bermanfaat untuk menghemat penggunaan data saat melakukan streaming video seperti saat menonton YouTube. Fitur ini cukup bermanfaat terutama bagi Anda yang memperhatikan konsumsi data internet.

 

Kamera

Selain berbekal sensor beresolusi 13MP, Samsung Galaxy On7 juga hadir dengan dukungan mode Pro, Panorama, Continuous shot, dan Beauty Face pada kamera belakangnya. Kamera perangkat ini mampu menghadirkan hasil foto yang baik dalam kondisi pencahayaan cukup, meski pada kondisi pencahayaan redup, hasil foto dihiasi oleh noise.




Tidak jauh berbeda dengan hasil yang dihadirkan oleh kamera depan yang didukung oleh sensor beresolusi 5MP. Tidak banyak kendala yang kami alami selama memotret dengan kamera pada Samsung Galaxy On7 ini.

Seperti perangkat lain, Anda perlu sedikit memegang perangkat dengan stabil untuk mendapatkan hasil foto yang baik, pada kondisi pencahayaan redup menggunakan kamera perangkat ini.




Mendukung kegemaran pengguna dalam memotret diri sendiri atau selfie, Samsung turut menghadirkan fitur Smart Palm Gesture Selfie. Fitur ini memudahkan pengguna dalam memotret Selfie tanpa harus menekan tombol shutter, dan hanya dengan melambaikan tangan di area yang terdeteksi oleh kamera.

 

Performa & Baterai

Menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 410 1,2GHz quad-core dan RAM @2GB, performa yang disuguhkan Samsung Galaxy On7 tergolong baik. Hal ini terbukti saat bermain game Asphalt 8: Airbone tanpa lag.

Tidak hanya saat memainkan game, performa yang baik tanpa lag juga dihadirkan saat berpindah dari menu dari menu lain. Memainkan game atau melakukan kegiatan secara aktif sedikit menjadikan perangkat ini terasa hangat.



Menggunakan perangkat ini di luar ruangan tetap mampu menghadirkan pengalaman penggunaan, sebab lapisan kaca layar yang tidak terlalu reflektif. Selain itu, pengaturan pencahayaan yang sesuai untuk penggunaan di bawah sinar matahari langsung turun mendukung kesenangan dalam menggunakan perangkat ini.

Namun, Anda perlu berhati-hati saat menyimpan perangkat di saku atau tas, sebab layar tidak terlindung oleh Gorilla Glass.



Pada Mozilla Kraken, Samsung Galaxy On7 mendapatkan nilai 111.442, sementara pada pengujian Google Octane, perangkat ini mendapatkan nilai 2430. Berbekal baterai dengan kapasitas 1.900 mAh, ponsel cerdas ini dapat bertahan selama lebih dari 8 jam saat diuji menggunakan aplikasi PCMark 8 Battery. Pada penggunaan sehari-hari, baterai ini bertahan selama lebih dari 9 jam dan dapat diperpanjang menggunakan fitur power saving.
 

Kesimpulan

Desain elegan berkat penggunaan bahan bertekstur kulit pada bodi belakangnya menjadi daya tarik tersendiri bagi Samsung Galaxy On 7. Bahan bertekstur tersebut turut menjaga perangkat tetap bersih dari noda sidik jari.

Kemiripan desain antarmuka dengan perangkat Samsung lainnya menjadi kekurangan sekaligus kekurangan perangkat. Pengguna smartphone Samsung model terdahulu tidak akan kesulitan beradaptasi dengan antarmuka ini.

Selain itu, kamera dan baterai yang cukup mampu menyuguhkan performa yang baik turut menjadi nilai tambah bagi Samsung Galaxy On7.


  Samsung Galaxy On7
Prosesor Qualcomm Snapdragon 410 1.2 GHz quad-core
RAM 1,5GB
OS Android 5.1.1 Lollipop
GPU Adreno 306
Memori Internal 8GB
Kamera 13MP (belakang), 5MP (depan)
Baterai 3.000 mAh
Layar 5,5 inci (1280 x 720 pixel)
Harga Rp2.699.000

Samsung Galaxy On7

 

7,8

  • Harga terjangkau
  • Daya tahan baterai lama
  • Tekstur kulit pada bodi belakang bantu perangkat tetap bersih dari sidik jari
  • Desain antarmuka serupa model sebelumnya
  • Tombol tiga menu utama absen backlit
  • RAM kurang besar



(MMI)

Video /