Review Tablet

Samsung Galaxy Tab A 7.0 (2016), Penawaran Menengah dari Samsung

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 30 Dec 2016 13:06 WIB
samsungreview gadget
Samsung Galaxy Tab A 7.0 (2016), Penawaran Menengah dari Samsung
Galaxy Tab A 7.0 tetap nyaman untuk digenggam dengan satu tangan. (MTVN/DANU)

Metrotvnews.com, Jakarta: Meskipun Samsung dikenal sebagai pesaing utama Apple, perusahaan asal Korea Selatan tersebut tidak melulu meluncurkan perangkat mobile kelas atas dengan segudang fitur dan harga yang membuat kantong Anda kering.

Galaxy Tab A 7.0 (2016) merupakan salah satu tablet kelas menengah dari Samsung untuk Anda yang sedang mencari tablet dengan harga yang relatif terjangkau.

 

Desain

Mengingat Galaxy Tab A 7.0 (2016) ini memang ditujukan untuk kelas menengah, tidak heran jika Samsung menggunakan bahan plastik untuk bodi dari tablet ini. Meskipun begitu, bagian belakang dari tablet ini memiliki kontur sehingga ia tidak licin saat dipegang. Sayangnya, bodi belakang Galaxy Tab A 7.0 mudah kotor, terutama karena kami mendapatkan sampel berwarna putih. 

Samsung Galaxy Tab A 7.0 (2016)

Tidak ada yang istimewa dalam peletakan tombol, kamera dan speaker pada Galaxy Tab A 7.0. Ia memiliki tombol home dan volume di bagian kanan. Port audio jack dan port charger di bagian atas, sementara speaker terletak di bagian belakang. Di sebelah kiri, Anda akan menemukan slot SIM card dan juga microSD. 



Sama seperti perangkat Samsung lainnya, Galaxy Tab A 7.0 memiliki tombol home yang lonjong dengan tombol back dan recent app berupa tombol kapasitif yang mengapit tombol home. Dengan tebal 8,7 mm, tablet ini memang tidak akan memenangkan gelar tablet tertipis, tapi ia cukup tipis dan ringan -- dengan bobot 289 gram -- untuk dipegang dengan satu tangan.

 

Software & Antarmuka

Untuk antarmuka, Galaxy Tab A 7.0 (2016) memiliki antarmuka khas Samsung dan dilengkapi dengan app drawer. Untungnya, tidak banyak bloatware pada tablet dari Samsung yang satu ini. Salah satu fitur menarik yang memang ditonjolkan oleh Samsung dari tablet ini adalah fitur Kids Mode.



Sama seperti kebanyakan Kids Mode pada ponsel, mode ini memungkinkan Anda untuk memasang passcode sehingga Anda bisa membatasi aplikasi-aplikasi yang dibuka oleh buah hati. Satu hal yang membedakan Kids Mode pada tablet ini adalah karena ia dilengkapi dengan berbagai game sederhana dari Samsung.

Sekarang, Google memang sudah meluncurkan Android 7.0 Nougat. Sementara Samsung masih menanamkan Android 5.1.1 Lollipop pada Galaxy Tab A 7.0. Meskipun begitu, per bulan Juni lalu, Android Marshmallow hanya menguasai 10 persen dari pasar smartphone Android. 
 

Kamera & Video

Samsung biasanya dikenal dengan kamera ponselnya yang berkualitas. Dan itu saya temukan pada ponsel unggulannya tahun ini, Galaxy S7. Namun, untuk kamera Galaxy Tab 7.0, saya merasa Samsung hanya memberikan kamera seadanya. Sekali lagi, mengingat tablet ini memang ada di rentang menengah, ini bukanlah hal yang aneh.

Galaxy Tab A 7.0 (2016) memiliki kamera belakang 5MP. Saat digunakan untuk mengambil gambar di luar ruangan, di bawah terik matahari, gambar yang dihasilkan memang cukup tajam.



Namun, tablet ini memiliki masalah yang biasa ditemukan pada kebanyakan kamera perangkat mobile kelas menengah. Hasil foto yang dihasilkan menjadi buram dan memiliki banyak noise saat gambar diambil di ruangan yang relatif remang-remang. 



Meskipun fitur kamera yang ada pada Galaxy Tab 7.0 (2016) tidak terlalu banyak, tapi ia sudah menawarkan pilihan yang cukup beragam, seperti Panorama, Continous Shot, Pro, dan Animated GIF. Satu hal yang menarik untuk saya adalah mode Animated GIF, yang memudahkan Anda untuk mengambil video pendek dengan ekstensi .GIF. 

Seperti biasa, kamera depan sudah dilengkapi dengan fitur Beautify. Anda bisa memilih tingkat kemulusan kulit dan kemerahan warna pipi. Namun, Anda hanya bisa melihat hasil perubahannya setelah foto diambil. Jadi, Anda tidak bisa menyesuaikan level Beautify yang hendak Anda gunakan saat mengambil foto.



 

Performa & Baterai

Dengan prosesor berkecepatan 1,5GHz, Galaxy Tab A 7.0 menawarkan performa yang memuaskan dalam penggunaan sehari-hari. Selama mencoba tablet ini, biasanya saya hanya menggunakannya untuk menjelajah internet, memeriksa dan membalas email dan menonton video. 

Saat digunakan untuk membuka beberapa aplikasi, semuanya juga dapat berjalan dengan lancar. Proses berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain dapat berlangsung tanpa adanya lag atau membuat tablet mendadak terhenti.

Selama mencoba tablet dari Samsung ini, saya banyak menggunakannya untuk menonton video. Dengan layar 7 inci, saya merasa lebih leluasa untuk menonton video. Namun, mengingat resolusinya yang tidak terlalu tinggi -- hanya 1280x800 pixel -- gambar yang dihasilkan tidak setajam yang saya harapkan.

Samsung Galaxy Tab A 7.0 (2016)

Mengingat kebanyakan smartphone saat ini memiliki ukuran 5-5,5 inci dengan resolusi Full HD, kepadatan pixel yang kurang pada tablet ini memang jadi sedikit mengecewakan. Untuk masalah game, saya sempat mencoba memainkan Asphalt 8: Airborne dengan tablet ini. Tablet ini masih bisa menjalankan game racing tersebut meski sesekali tersendat.

Galaxy Tab A 7.0 (2016) ini juga hanya memiliki storage sebesar 8GB, jadi storage-nya dengan cepat menjadi penuh. Meski mengingat resolusi layar tablet yang tidak terlalu besar, Anda tidak perlu menyimpan video dengan resolusi tinggi di sini. Selain itu, Samsung sudah melengkapi tablet ini dengan slot microSD dengan kapasitas hingga 200GB.

Saat diuji menggunakan PC Mark, baterai dari Galaxy Tab 7.0 dapat bertahan selama sekitar 8 jam 14 menit. Untuk mencoba daya tahan baterai tablet ini, saya sempat menggunakannya untuk melakukan maraton nonton. Ia dapat bertahan selama kurang lebih 6 jam. Namun, ia tidak memiliki fitur Fast Charging, sehingga mengisi baterainya dapat memakan waktu yang cukup lama. 
 

Kesimpulan

Di kelasnya, Samsung Galaxy Tab A 7.0 (2016) memiliki performa yang cukup baik. Ia juga cukup nyaman untuk digunakan untuk menonton video atau bermain game kasual karena ia ringan dan nyaman untuk digenggam. Layarnya cukup besar meski resolusinya tidak mencapai Full HD, yang bisa mengecewakan bagi Anda yang sudah biasa melihat resolusi Full HD di layar ponsel yang lebih kecil.

Hasil foto kameranya cukup baik saat digunakan di luar ruangan dengan cahaya yang cukup. Namun, ia mengalami masalah seperti kebanyakan perangkat mobile kelas menengah karena gambar menjadi memiliki banyak noise saat digunakan mengambil gambar di dalam ruangan yang agak remang-remang.
 
  Samsung Galaxy Tab A 7.0 (2016)
Prosesor Qualcomm Snapdragon 410
RAM 1.5GB
OS Android 5.1.1 Lollipop
GPU Mali-400
Memori Internal 8 GB
Kamera 5MP (belakang), 2MP (depan)
Baterai 4.000 mAh
Layar 7 inci (1280 x 800 pixel)
Harga Rp2.499.000
 

Samsung Galaxy Tab A 7.0 (2016)

 

7,7

  • Baterai tahan lama
  • Performa cukup baik di kelasnya
  • Sudah dilengkapi 4G LTE
  • Resolusi layar yang kecil



(MMI)