Review Headset

Gamdias Hebe E1: Versi Murah Hebe M1

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 25 Dec 2017 20:15 WIB
review peripheral
Gamdias Hebe E1: Versi Murah Hebe M1
Headset gaming Gamdias Hebe E1 RGB.

Jakarta: Memainkan game tanpa aksesori game bagai sayur tanpa garam. Bukan sebatas aksesori, tapi fungsinya sangat vital dalam pengalaman bermain. Sebut saja headset gaming.

Headset gaming bukan hanya untuk mendengarkan suara permainan agar lebih dekat di telinga, tapi membuat pemainnya lebih fokus dan lebih mendapatkan keseruan game yang tengah berlangsung. 

Gamdias, misalnya, merek satu ini merupakan vendor game peripheral salah satunya headset gaming. Sebelumnya Medcom.id pernah mengulas headset buatan mereka yakni Gamdias Hebe M1 RGB kini kami kedatangan lagi headset terbaru yaitu Hebe E1 RGB.

Pertama kami menilik dari sisi desain. Sebagai headset gaming, Gamdias Hebe E1 RGB hadir dengan desain cup over-ear yang memang menjadi desain paling nyaman untuk kebutuhan gaming. Setelah kami mengingat kembali ulasan Gamdias Hebe M1 RGB sebelumnya, kami menyadari bahwa bentuknya tidak berbeda.

Ya, sama sekali tidak berbeda. Masih menggunakan material yang didominasi bahan plastik Gamdias Hebe E1 RGB jhadir dengan ukuran cup yang cukup besar dengan finishing yang rapi. Pada bagian luar earcup terdapat deretan RGB LED yang berpola dan mampu menghasilkan beberapa warna.



Kalau menilai desain RGB LED yang melekat, menurut saya biasa saja. Meskipun ini adalah versi murah, seharusnya Gamdias bisa memberikan sedikit pola yang berbeda.

Pola ini pun masih sama persis RGB LED pada Gamdias Hebe M1 RGB. Jadi dari sisi desainnya memang tidak ada yang baru. Letak tangkai microphone yang bisa ditarik dan dipanjangkan juga masih terletak di sisi bawah earcup sebelah kiri.

Untuk menyediakan kenyamanan, Gamdias menggunakan bantalan busa yang dilapisi material kulit pada bantal earcup serta di penyangga kepala. Saat terpasang di kepala kedua earcup headset ini cukup rapat tapi nyaman di telinga, serta berhasil meredam suara bising di sekitar saya.



Umunya sebuah headset gaming bahkan aksesoris gaming lainnya hadir dengan software kustomisasi. Begitu juga dengan seri headset buatan Gamdias, software kustomisasinya bernama Hera.

Hal mengecewakannya adalah saat saya mengecek di situs Gamdias. Nama Gamdias Hebe E1 RGB jelas tertera tapi tidak tersedia software Hera untuk perangkat itu. Artinya, pengguna tidak bisa mengkustomisasi kemampuan audio sesuai dengan kebutuhan.

Lantas bagaimana kualitas audionya? Meskipun sempat kecewa, kualitas audio Gamdias Hebe E1 RGB cukup memuaskan untuk bermain game. Sayangnya, kemampuannya menghadirkan audio untuk aktivitas lain kurang baik.

Padahal, setidaknya sebuah headset gaming bisa menghasilkan karakter suara yang sesuai seperti mendengarkan musik. Tentu saja, ada standar tersendiri ketika produk ini dipakai untuk mendengarkan audio di luar game. Suara instrumen musik yang terdengar masih kurang tajam dan nyaring.



Beralih ke fitur lainnya, Gamdias Hebe E1 RGB dilengkapi kontrol yang menempel pada kabelnya. Ukurannya cukup besar ketimbang kontroler headset over-ear lainnya. Ada tiga tombol yang tersedia, yaitu mute, mengaktifkan RGB LED, dan mengatur volume.

Kabelnya sendiri cukup tebal dan dilapisi oleh material plastik yang tampaknya membuat kabel headset ini mampu bertahan cukup lama. Selain itu diameter kabel yang tebal membuat kabel headset lebih mudah digulung.

Kesimpulan
Untuk sebuah headset gaming dengan harga Rp600 ribu, Gamdias Hebe E1 RGB memang hadir dengan desain yang sangat sederhana. Bagi Anda yang terbiasa melihat headset gaming dari merek terkenal dengan harga yang cukup mahal maka desainnya akan terlihat tidak keren.

Terlepas dari hal tersebut kenyamanan serta kualitas audio jauh lebih penting. Headset gaming ini berhasil dalam memberikan kenyamanan saat digunakan dan kualitas audio tidak buruk.

Sayangnya, headset ini tidak dibekali dengan software kustomisasi. Jadi kualitas audionya hanya baik untuk kebutuhan gaming tetapi tidak maksimal untuk mendengarkan konten audio lainnya.

 
 
7
Gamdias Hebe E1 RGB
Plus
  • Kualitas suara cukup baik
  • Material headset kuat
  • Harga sangat terjangkau
Minus
  • Desain masih sama seperti seri sebelumnya
  • Tidak didukung software kustomisasi

 


(MMI)

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018
CES 2018

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018

1 day Ago

Lenovo perkenalkan keluarga baru ThinkPad X1 yang terdiri dari tiga jenis perangkat sekaligus d…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.