Review SSD

SSD SanDisk Ultra 3D 1TB, Kapasitas Besar dan Kencang Sesuai Janji

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 20 Mar 2018 22:23 WIB
sandiskreview peripheral
SSD SanDisk Ultra 3D 1TB, Kapasitas Besar dan Kencang Sesuai Janji
SSD SanDisk Ultra 3D 1TB.

Jakarta: Nama SanDisk di industri komponen penyimpanan sudah tidak asing lagi. Meksipun telah diakuisisi Western Digital, Sandisk tidak kemudian melebur menjadi satu. Salah satu produk terbarunya yang sampai ke meja Medcom.id adalah SSD SanDisk Ultra 3D 1TB.

Melihat desainnya, produk ini masuk dalam jenis SSD dengan form factor 2,5 inci ketebalan 7 mm. Tampilan luarnya memang tidak ada yang spesial, hampir sama seperti SSD lain di kelasnya dengan balutan warna hitam.

SanDisk Ultra 3D menggunakan kontroler Marvell 88SS1074 berbasis arsitektur teknologi 3D NAND 64-layer 3D TLC. Interface yang disediakan mendukung SATA Revision 3.0 (6Gb per detik). 

Dibalik desainnya yang ramping, SanDisk mengklaim abhwa produk mereka memiliki daya tahan yang sangat baik. Produk ini memiliki daya tahan temperatur penggunaan antara 0 derajat celcius hingga 70 derajat celcius dan daya tahan terhadap guncangan dan getaran.

SanDisk Ultra 3D sebenarnya hadir dalam beberapa varian mulai dari kapasitas 250GB, 500GB, 1TB, dan 2TB. Unit yang kami terima adalah yang berukuran 1TB. Di atas kertas, SanDisk menyebutkan kemampuan kecepatan baca mencapai 560MB per detik dan kecepatan menulis hingga 530MB per detik.

Lewat pengujian yang kami lakukan menggunakan aplikasi Crystal Disk Mark dengan data sebesar 1GB yang dibagi dalam 5 segmen. Tercatat kemampuannya hampir sesuai dengan yang disebutkan SanDisk.



Hasilnya menyebutkan bahwa kecepatan baca untuk file sebesar 1GB yang dibagi dalam 5 segmen berhasil mencapai 561,5MB per detik, angka tersebut 1,5 angka lebih cepat dari spesifikasi yang disebutkan. Sebaliknya, pada kecepatan menulis tercatat hanya mencapai 529,6MB per detik yang artinya lebih lambat 0,4MB per detik.

Kami pun melakukan pengujian selanjutnya dengan proses kompresi dan ekstraksi file berukuran 1GB. Tercatat proses kompresi tersebut memakan waktu 22 detik, dan pada proses ekstraksi hanya membutuhkan waktu 8 detik.

Kesimpulan
Melihat angka pengujian SSD SanDisk Ultra 3D 1TB memang menawarkan kemampuan sesusai janjinya yakni memiki kecepatan baca dan kecepatan tulis yang cepat dan kapasitasnya sendiri tergolong besar di pasar.

Tentu saja performa dan kapasitas yang ditawarkannya membuat SSD ini tidak dibanderol dengan harga yang murah, sekitar Rp4,3 juta.
 
 
 
SanDisk Ultra 3D 1TB
Plus
  • Balutan warna hitam yang menarik
  • Performa baik dan sesuai klaim
Minus
  • Harga tergolong mahal


  


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.