Review Keyboard

HyperX Alloy FPS Pro, Versi Tenkeyless yang Lebih Baik

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 19 Sep 2017 23:16 WIB
review peripheral
HyperX Alloy FPS Pro, Versi Tenkeyless yang Lebih Baik
HyperX Alloy FPS Pro

Metrotvnews.com, Jakarta: Masih ingat dengan keyboard super simpel HyperX Alloy FPS yang pernah saya ulas beberapa waktu lalu? Keyboard yang dirancang khusus untuk gamer FPS tersebut memang kami acungi jempol, sebab mampu tampil dengan performa yang sangat baik meski bentuk dan fiturnya super ringkas.

Tampaknya pihak Kingston masih belum puas dengan bentuknya dan masih ingin membuat keyboard yang lebih ringkas lagi. Untuk itulah kali ini Metrotvnews.com kedatangan keyboard HyperX Alloy FPS Pro yang lebih ringkas dan lebih mudah dibawa bepergian.

Dilihat dari bentuknya, HyperX Alloy FPS Pro memang sangat mirip dengan HyperX Alloy FPS. Tidak hanya mirip, tapi sangat persis hanya saja keyboard ini menggunakan desain tenkeyless sehingga ia tidak memiliki numpad. Sementara desain termasuk jarak di antara tombolnya, traveling distance, hingga feedback yang dihadirkan masih sama persis dengan HyperX Alloy FPS.



Ya, tingkat kenyamanan dan performa keyboard ini tergolong sangat baik sama seperti saudaranya. HyperX Alloy FPS Pro yang menggunakan tombol Cherry MX Red ini memiliki respons yang sangat baik terhadap setiap ketikan. Bahkan urutan pengetikan juga dapat ditampilkan dengan sangat baik berkat teknologi anti ghosting yang sudah ditanamkan.

HyperX Alloy FPS Pro juga tidak dilengkapi dengan berbagai tombol tambahan. Ia hanya tampil sebagai keyboard tenkeyless dengan bentuk yang sangat minimalis. Tidak hanya itu, fungsionalitas tambahan seperti tombol makro juga tidak tersedia di keyboard ini. Backlight yang disediakan juga hanya berwarna merah, bukan RGB.



Keyboard ini juga masih tampil tanpa palm rest, namun masih cukup nyaman digunakan untuk bekerja dan bermain game. Yang terpenting, keyboard ini semakin menekankan opini saya mengenai pentingnya keyboard gaming ringkas bagi pemain FPS.

Dengan bentuk keyboard yang lebih ringkas, gamer FPS seharusnya bakal lebih leluasa dalam mengontrol mouse karena ruang untuk menggerakkan mouse menjadi lebih luas. Berkat ruang yang lebih luas, penggunanya juga bisa menggunakan pengaturan DPI kecil untuk mouse agar bidikan menjadi lebih akurat.

Kesimpulan

Dibanderol seharga USD80 atau sekitar Rp1 jutaan, bagi saya HyperX Alloy FPS Pro merupakan keyboard yang sangat menarik untuk dimiliki. Bahkan, secara pribadi saya lebih merekomendasikan keyboard ini ketimbang saudaranya, HyperX Alloy FPS, yang tampil dengan format full-sized.



Alasan saya merekomendasikan keyboard ini masih sama dengan ketika saya mengulas HyperX Alloy FPS, nyaman, dan memiliki performa yang sangat bagus meski tidak memiliki banyak fitur. Namun, disana justru nilai lebihnya. Saya memang kurang suka dengan perangkat gaming yang "nyentrik", apalagi fungsi dan kenyamanannya dikesampingkan demi satu fitur tidak berguna seperti RGB LED.

HyperX Alloy FPS Pro juga sangat ringkas dan mudah untuk dibawa bepergian, sehingga tidak ada alasan lagi untuk melewatkan sesi bermain game FPS karena tidak ada keyboard yang mumpuni.
 

HyperX Alloy FPS Pro

 

9

  • Super ringkas
  • Performa bagus
  • Nyaman
  • Harga cukup terjangkau
  • Minim fitur



(MMI)

Video /