Review Smartphone

Menjajal Kemampuan Ponsel 2 Kamera Depan Oppo F3

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 21 Jul 2017 17:57 WIB
opporeview gadget
Menjajal Kemampuan Ponsel 2 Kamera Depan Oppo F3
Oppo F3. (MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Di industri smartphone, dua nama yang paling dikenal adalah Apple dan Samsung. Namun, ada cukup banyak juga perusahaan asal Tiongkok yang ikut bersaing dengan dua perusahaan raksasa tersebut.

Sebut saja Huawei, Xiaomi, Oppo dan Vivo. Mengingat ada banyak perusahaan yang memperebutkan hati para pengguna smartphone Android, sejujurnya saya terkadang kesulitan untuk membedakan satu merek dengan merek lainnya. 

Beberapa tahun belakangan, Oppo berusaha untuk tampil beda dengan mengusung smartphone yang fokus pada fitur kamera, khususnya kamera depan. Berbagai nama artis dan penyanya terkenal Oppo gunakan untuk mengenalkan merek mereka di masyarakat. Di Indonesia misalnya, Oppo menjadikan Raisa sebagai brand ambassador.  

Lalu, bagaimana performa dari smartphone Oppo sendiri? Kali ini, saya akan membahas Oppo F3, salah satu smartphone baru dari Oppo.

 

Desain

Ini bukan pertama kalinya saya menjajal smartphone buatan Oppo. Sebelum ini, saya juga pernah mencoba Oppo F1 Plus, yang juga fokus pada fitur kamera depan untuk selfie. Sekilas, saya merasa desain Oppo F3 tidak jauh berbeda dengan Oppo F1 Plus. Keduanya memiliki tombol home fisik berbentuk lonjong pada bagian tengah bawah.

Tombol Home tersebut diapit oleh dua tombol kapasitif dengan backlit yang akan menyala begitu layar menyala. Tombol power ada di sebelah kiri sementara tombol volume ada di sebelah kanan. Di bagian belakang, Anda akan menemukan logo Oppo pada bagian tengah atas. 



Salah satu hal yang membedakan F3 dengan F1 Plus adalah kamera. F3 memiliki dua kamera depan yang memungkinkan Anda untuk mengambil selfie dengan sudut lebih lebar. Perbedaan lainnya adalah pada peletakan flash untuk kamera belakang. Flash pada F3 ada di sebelah kanan lensa kamera dan bukan bagian bawah, seperti F1 Plus. 

Di bagian bawah, terdapat port USB Type-C yang diapit oleh lubang speaker dan port audio. Penempatan lubang speaker pada bagian bawah kiri berarti suara akan tetap terdengar jelas tidak peduli apakah Anda meletakkannya dengan layar di atas atau di bawah.

Namun, saat menggunakannya dalam posisi landscape, untuk menonton film atau bermain game misalnya, suara biasanya akan teredam karena lubang speaker tertutup oleh bagian tangan. 



 

Software & Antarmuka

Google akan meluncurkan Android O beberapa bulan lagi, dan Oppo masih menanamkan sistem operasi Android 6.0 Marshmallow pada F3. Oppo bukanlah satu-satunya vendor smartphone yang masih menggunakan Android ini dalam smartphone buatannya.

Saat ditanya, biasanya pihak perusahaan akan menjawab bahwa mereka mementingkan pengalaman penggunaan dan bukannya versi terbaru Android yang Google tawarkan. Memang, saat menggunakan Oppo F3 selama 2 minggu, tidak ada masalah yang saya temukan terkait antarmukanya. Semuanya berjalan dengan lancar. 



Salah satu alasan yang membuat saya berharap Oppo setidaknya menanamkan Nougat adalah karena Android versi tersebut sudah dilengkapi dengan fitur multitasking. Dengan spesifikasi Oppo F3, ponsel ini seharusnya bisa melakukan multitasking tanpa masalah. Sayangnya, tidak ada fitur tersebut.

Mengingat ini bukan pertama kalinya saya menggunakan ponsel Oppo, antarmukanya terasa cukup familier. Saat mengakses menu dropdown, Anda hanya akan menemukan quick setting. Untuk mengakses notifikasi, Anda perlu melakukan swipe

Oppo melengkapi F3 dengan fitur Clone App. Fitur ini memungkinkan Anda untuk membuat kloning dari aplikasi tertentu. Saat mencoba fitur ini, saya hanya menemukan aplikasi WhatsApp, meski ada aplikasi media sosial lain yang biasanya juga bisa dikloning, seperti Facebook dan Tumblr.

Meskipun begitu, jika Anda menggunakan dua SIM Card, fitur ini berguna untuk mengaktifkan dua akun sekaligus tanpa harus menggunakan dua ponsel. 

 

Kamera & Video

Tahun ini tampaknya dual camera merupakan tren baru di industri smartphone. Mengingat selama ini Oppo selalu fokus pada kemampuan untuk mengambil foto selfie, tidak heran jika pada F3, perusahaan asal Tiongkok itu memutuskan untuk menanamkan dua kamera depan, dan bukan kamera belakang. 



Oppo bukanlah perusahaan pertama yang memutuskan untuk menawarkan fitur dua kamera depan. Sebelum ini, Vivo telah melakukan hal yang sama dengan V5 Plus. Namun, kedua perusahaan ini memilih pendekatan yang berbeda untuk dua kamera depan pada ponselnya.

Jika Vivo memilih untuk menawarkan fitur bokeh, Oppo mengunggulkan fitur wide angle selfie, yang memungkinkan Anda untuk mengambil gambar dengan sudut yang lebih lebar, sehingga Anda bisa mengambil wefie dengan lebih banyak orang tanpa bantuan tongsis.





Soal performa kamera, hasil foto dari Oppo F3 cukup baik jika digunakan di luar ruangan atau di dalam ruangan dengan pencahayaan yang cukup terang. 





Sayangnya, saat digunakan di tempat dengan cahaya remang-remang, biasanya muncul banyak noise pada gambar. 





Oppo sudah melengkapi F3 dengan fitur Expert Mode, yang memungkinkan Anda untuk mengubah ISO, Shutter speed, dan focus. Anda bahkan bisa menyimpan file dalam bentuk RAW, yang biasanya digunakan jika Anda ingin mengedit gambar setelah pengambilan foto. 

 

Performa & Baterai

MediaTek MT6750T6 mungkin bukan prosesor paling mumpuni yang ada saat ini. Namun, bersama dengan Mali-T860, prosesor buatan MediaTek itu sudah cukup kuat untuk membuat Oppo F3 mengerjakan berbagai tugas dengan mulus. F3 juga sudah dapat digunakan untuk bermain game seperti Asphalt 8: Airborn. 

Dengan RAM 4GB, Oppo F3 dapat berpindah dari satu aplikasi ke aplikasi lain tanpa ada jeda. Oppo melengkapi ponselnya yang satu ini dengan memori internal 64GB. Selama pemakaian, meski saya aktif mengunduh lagu, film, dan mengambil foto, memori internal dari F3 sudah lebih dari cukup. Jika memori itu masih tidak cukup, Anda bisa menggunakan microSD untuk memperluas memori. 

Seperti biasa, kami menggunakan PCMark dan 3DMark untuk menguji performa dari Oppo F3. Di bawah ini adalah hasil pengujian performa dari Oppo F3 jika dibandingkan dengan pesaingnya. 



Seperti yang bisa Anda lihat pada gambar di atas, performa Oppo F3 tidak jauh berbeda dengan para pesaingnya. Adanya perbedaan skor, khususnya saat diuji dengan 3DMark Unlimited, tidak memberikan pengaruh signifikan pada pengalaman penggunaan ketika dipakai sehari-hari. 

Di bawah ini adalah grafik perbandingan performa baterai. 



Satu-satunya pesaing Oppo F3 yang memiliki baterai yang dapat bertahan jauh lebih lama adalah Xiaomi Redmi 4X. Ketiga pesaing lainnya memiliki baterai dengan daya tahan yang tidak jauh berbeda atau justru lebih rendah dri F3. Selama pemakaian, Oppo F3 memang memiliki baterai yang terbukti awet.

Saya biasa menggunakannya seharian, mulai dari menjelajah internet, mengetik email, membalas pesan WhatsApp, mengakses media sosial, bermain, nonton video hingga mengambil foto, dan Oppo F3 masih bisa bertahan hingga akhir hari. Selain itu, Oppo juga melengkapi F3 dengan fitur fast charging. Dengan begitu, saya tidak perlu menunggu lama untuk mengisi baterai dari ponsel ini. 
 

Kesimpulan 

Setelah fokus untuk meluncurkan ponsel untuk selfie selama beberapa tahun belakangan, Oppo kini memutuskan untuk menaikkan levelnya dan menggunakan dua kamera depan pada F3. Fitur ini memungkinkan Anda untuk mengambil gambar selfie dengan sudut yang lebih lebar.

Oppo F3 memiliki performa yang solid dan baterai yang cukup awet. Meskipun desainnya mirip dengan desain smartphone buatan Oppo sebelum ini, tapi itu bukanlah kesalahan. Kamera belakang dan kamera depannya pun menghasilkan gambar yang cukup tajam, meski foto yang dihasilkan menjadi memiliki banyak noise saat digunakan di malam hari atau di tempat gelap. 

Ponsel ini cocok bagi Anda yang senang mengambil selfie dan tidak terlalu mementingkan spesifikasi pasti dari sebuah ponsel. 
 
  OPPO F3
Prosesor MediaTek MT6750T6
RAM 4GB
OS Android 6.0 + ColorOS 3.0
GPU Mali-T860
Memori Internal 64GB
Kamera 13MP (belakang), 16MP + 8MP (depan)
Dimensi 153,3 x 75,2 x 7,3 mm
Bobot 153 gram
Baterai 3.200 mAh
Layar 5,5 inci 1920 x 1080 pixel
Harga Rp4.399.000
 

OPPO F3

 

7,7

  • Selfie wide angle
  • RAM dan memori internal besar
  • Baterai tahan lama dan fast charging
  • Masih menggunakan Android Marshmallow
  • Performa kamera di tempat gelap agak mengecewakan



(MMI)

Video /