Review Peripheral

Corsair K68, Alternatif K63 yang Lebih Tangguh

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 30 May 2017 10:06 WIB
review peripheralcorsair
Corsair K68, Alternatif K63 yang Lebih Tangguh
Corsair K68

Metrotvnews.com, Jakarta: Masih ingat dengan keyboard Corsair K63 yang kami ulas bulan April lalu? Corsair K63 pada saat itu kami berikan nilai yang sangat baik karena merupakan salah satu keyboard mekanis dengan harga terjangkau namun masih memiliki performa yang sangat baik. Selain itu, keyboard tersebut juga memiliki kualitas rancang bangun yang kokoh dan sama sekali tidak terlihat seperti keyboard murah.

Meski demikian, ada beberapa hal yang menjadi perhatian saya ketika mengulas keyboard mekanis ini. Pertama adalah bentuknya yang mengadopsi form-factor tenkeyless. Gamer yang masih mengandalkan tombol numpad tentu tidak akan suka dengan keyboard ini karena ia memang tidak memiliki numpad. Selain itu, ketidak hadiran palm rest juga menimbulkan nilai minus di beberapa gamer, termasuk saya.



Kini Corsair punya jawaban atas permasalahan tersebut. Mereka baru saja merilis keyboard Corsair K68, saudara dekat K63 yang kini tampil dengan form-factor full-size dan telah dilengkapi dengan palm rest. Mengapa saya sebut K68 sebagai saudara dekat K63?

Corsair K68 memang sangat mirip dengan K63. Selain memiliki susunan tombol yang serupa, termasuk tombol multimedia dan pengaturan LED backlight, K68 juga masih menggunakan switch yang sama yaitu Cherry MX Red. Tidak sampai disitu, desain bodi yang digunakan pun masih sama, masih kokoh, namun sedikit memanjang karena K86 merupakan full-size keyboard.



Hal tersebut membuat pengalaman saya bermain dan mengetik menggunakan keyboard ini sama persis dengan ketika saya menggunakan K63. Corsair K68 juga masih memiliki travelling distance yang sangat baik, tampil dengan fitur anti-ghosting, dan memiliki kemampuan polling rate hingga 1ms.

Setiap tombol di keyboard Corsair K68 hadir dengan lampu LED backlight. Lampu tersebut juga bisa disesuaikan tampilannya melalui Corsair Utility Engine. Bahkan Anda bisa memilih tombol mana yang dinyalakan backlight-nya. Sayangnya Corsair hanya menyediakan LED berwarna merah. Hal tersebut bukan masalah bagi saya yang memang lebih mengutamakan performa dan kenyamanan ketimbang tampilan.



Menariknya, Corsair K68 merupakan keyboard dengan fitur anti air dan debu. Pihak Corsair bahkan mengklaim telah menguji ketahanan keyboard ini dengan standardisasi IP32 yang tentu saja sudah mampu membuat keyboard ini tahan terhadap tumpahan air.

Saya berharap banyak keyboard ini masih ditargetkan sebagai keyboard dengan harga yang terjangkau.

Kesimpulan

Corsair K68 pada dasarnya merupakan keyboard yang sama dengan K63 hanya saja ia tampil dengan form-factor full-size, telah dilengkapi dengan palm rest, dan memiliki fitur anti debu dan air. Secara keseluruhan keyboard ini memang sangat menjanjikan, namun karena harganya belum diumumkan jadi Anda hanya bisa berharap keyboard ini akan tampil dengan harga yang terjangkau seperti saudaranya.
 

Corsair K68

 

9,2

  • Tangguh, tahan air dan debu
  • Tombol mekanis Cherry MX
  • Nyaman dan kukuh
  • Memiliki palm rest
  • LED backlight hanya satu warna
  • Harga belum diumumkan



(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.