Review Tablet

Galaxy Tab S3, Bisakah Gantikan Laptop?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 18 Sep 2017 06:14 WIB
samsungreview gadget
Galaxy Tab S3, Bisakah Gantikan Laptop?
Galaxy Tab S3 beserta cover keyboard. (MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Smartphone kini memang sudah semakin bisa melakukan segalanya. Berbagai kegiatan yang tadinya dikerjakan menggunakan komputer, kini mulai bisa digunakan di smartphone, termasuk bekerja. Namun, smartphone tetap memiliki keterbatasan tersendiri, salah satunya adalah terkait ukuran. 

Tablet bisa menjadi opsi bagi Anda yang memiliki mobilitas tinggi dan perlu perangkat yang mumpuni untuk mengerjakan tugas Anda, tanpa membatasi mobilitas Anda. Samsung telah meluncurkan tablet premium miliknya, Galaxy Tab S3. Perusahaan asal Korea Selatan itu bahkan melengkapi Galaxy Tab S3 dengan cover keyboard, memungkinkan Anda mengubahnya menjadi laptop mini. 

Bagaimana performanya? 

 

Tak ada edge-to-edge display

Meskipun sama-sama premium, Galaxy Tab S3 tidak memiliki desain unik layaknya 2 smartphone flagship terbaru Samsung, Galax S8 dan Galaxy Note 8. Galaxy Tab S3 memiliki desain layaknya tablet biasa, dengan bezel yang cukup tebal. Satu hal yang menarik dari tablet Samsung ini adalah karena bagian belakangnya terbuat dari kaca.

Memang, hal ini membuatnya terlihat mewah. Pada saat yang sama, itu juga berarti sidik jari Anda mudah menempel. Dengan bezel yang cukup tebal, Galaxy Tab S3 memiliki tombol Home berbentuk lonjong, seperti kebanyakan smartphone Samsung lain, di bagian tengah bawah, diapit oleh tombol kapasitif back dan recent apps. Tombol ini juga berfungsi sebagai sensor sidik jari. 



Tombol power dan volume ada di sebelah kanan, sementara di sisi kiri tablet, terdapat connector untuk menghubungkannya ke keyboard cover. Port charger, USB Type-C, terletak di bagian bawah, bersebelahan dengan lubang speaker

Jika Anda sekaligus membeli keyboard cover untuk Galaxy Tab S3, maka Anda akan mendapatkan tempat untuk menyelipkan S-Pen ketika ia tidak digunakan. Sayangnya, tanpa cover tersebut, maka Anda harus menyimpan S-Pen secara terpisah dari tablet. Sebagai orang yang ceroboh, saya khawatir saya akan lupa tempat saya meletakkan S-Pen. Karena itu, saya selalu memasangkan Galaxy Tab S3 ke cover keyboard dan membiarkan S-Pen terpasang di sampingnya. 



Cover keyboard dari tablet Galaxy Tab S3, seperti namanya, selain berfungsi sebagai cover, juga berfungsi sebagai keyboard. Cover ini tidak tebal dan tidak akan menambahkan berat yang signifikan untuk Galaxy Tab S3, yang memiliki berat 434 gram. 

Galaxy Tab S3 memang tergolong ringan dengan berat, terutama jika dibandingkan dengan laptop 2-in-1 lain. Namun, jika digunakan dengan satu tangan untuk waktu lama, ia tetap akan membuat tangan lelah. 



Keyboard dan Galaxy Tab S3 dapat menyambung dengan mulus. Sayangnya, Galaxy Tab S3 tidak bisa diletakkan di pangkuan, hal yang sering saya lakukan ketika bekerja dengan laptop. Alasannya, karena hal ini membuat hubungan tablet dan keyboard menjadi tidak stabil. Akibatnya, keyboard sering mendadak menjadi responsif. Idealnya, Galaxy Tab S3 digunakan pada meja sehingga tablet dan keyboard dapat tersambung dengan sempurna. 
 

Bekerja layaknya laptop dengan multitasking

Samsung sudah menggunakan Android 7.0 Nougat untuk Galaxy Tab S3. Itu artinya, Anda sudah bisa menggunakan fitur multitasking pada tablet ini. Cara menggunakannya pun cukup mudah, Anda cukup mengetuk tombol recent app dan pilih salah satu aplikasi sebelum memilih aplikasi lainnya.

Ketika menggunakan multitasking, layar secara otomatis terbelah menjadi dua, tidak peduli apakah Anda memegang tablet dalam keadaan vertikal atau horizontal. Anda juga bisa menyesuaikan besar rasio layar pada kedua aplikasi. Keberadaan fitur multitasking memang terasa sangat berguna, membuat Galaxy Tab S3 semakin terasa layaknya laptop. 

Namun, tentu saja, fitur multitasking pada Android tetap terbatas. Berbeda dengan laptop, yang memungkinkan Anda untuk membuka beberapa aplikasi pada saat yang sama tanpa masalah, pada Android, Anda hanya bisa membuka 2 aplikasi pada saat bersamaan. Aplikasi yang bisa digunakan pada saat yang sama pun terbatas. 

Kelebihan dari Galaxy Tab S3 jika dibandingkan dengan laptop 2-in-1 adalah karena ia memiliki mobilitas lebih tinggi. Tidak heran, tablet ini memiliki ukuran yang lebih kecil kecil dan bodinya lebih ringan. Namun, dari segi fungsionalitas, laptop tetap lebih baik. 

Terkait antarmuka, Samsung sudah memaksimalkan antarmuka Galaxy Tab S3 dengan penggunaan S-Pen. Ketika Anda membiarkan S-Pen berada di atas tablet, maka akan muncul tombol di sebelah kanan tengah. Jika Anda mengetuk tombol tersebut, akan muncul shortcut untuk berbagai aplikasi, mulai dari mengambil screenshot sampai mencorat-coret di layar. 



Seperti biasa, kami menggunakan PCMark dan 3DMark untuk melakukan pengujian. Seperti yang bisa Anda lihat pada tabel di bawah, Galaxy Tab S3 memiliki performa yang tidak jauh berbeda dengan smartphone kelas atas. Namun, fungsi utama tablet dan smartphone tetaplah berbeda. Smartphone lebih mudah dibawa karena kecil sementara tablet, khususnya Galaxy Tab S3, menawarkan fungsi lebih banyak berkat layar lebih besar dan S-Pen. 



Jika dibandingkan dengan smartphone, baterai Galaxy Tab S3 juga terbilang tidak terlalu awet. Namun, jika dibandingkan dengan laptop, baterainya dapat bertahan lebih lama. 



Dengan Snapdragon 835 dan RAM 4GB, tidak usah ragu akan performa Galaxy Tab S3. Ia sudah cukup kuat untuk digunakan bermain Asphalt 8: Airborne. Meskipun begitu, tablet mungkin kurang tepat untuk digunakan bermain game yang mengharuskan Anda mengangkat perangkat seperti Asphalt, karena, seperti yang saya sebutkan sebelumnya, Tab S3 tetap cukup berat untuk dipegang dalam waktu lama, terutama jika dibandingkan dengan smartphone. 

Namun, Galaxy Tab S3 memiliki kelebihan sendiri, yaitu S-Pen. Ia memiliki presisi yang baik. Menulis menggunakan S-Pen terasa seperti menulis dengan pena biasa. Selain itu, Anda bisa dengan mudah mengatur tipe kuas/pulpen yang Anda gunakan. Pada S-Pen, Samsung melengkapinya dengan sebuah tombol, yang ketika ditekan, memungkinkan Anda untuk menghapus apa yang telah Anda tulis/gambar. 
 

Mengambil foto dengan tablet?

Saya adalah orang yang beranggapan bahwa mengambil foto dengan tablet terasa aneh, karena bodi tablet yang besar. Hasil foto dari kamera Galaxy Tab S3 memang cukup baik, tapi bukan sesuatu yang istimewa. Namun, saya rasa, tujuan utama tablet memang bukan untuk mengambil foto. 

Di bawah lampu yang terang, kamera Galaxy Tab S3 akan menghasilkan foto yang jernih dengan warna yang sesuai dengan warna aslinya. Sementara kamera depannya mungkin memang kurang baik -- saat saya hendak mengambil foto di dalam ruangan, gambar terlihat grainy. Meskipun begitu, kamera depan ini sudah cukup baik untuk melakukan video call. 

Ini beberapa contoh hasil jepretan Galaxy Tab S3.








Kesimpulan

Galaxy Tab S3 memiliki performa yang mumpuni. Dengan keyboard, ia dapat berfungsi layaknya laptop. Ukurannya yang kecil memungkinkan Anda untuk memasukkannya ke tas tangan, berbeda dengan laptop. Dari segi mobilitas, Tab S3 memang unggul dari laptop. Dengan Android Nougat, Anda pun sudah dapat menggunakannya untuk melakukan multitasking.

Sayangnya, jika dibandingkan dengan laptop, fungsi Galaxy Tab S3 tetaplah terbatas. Tablet ini cocok digunakan jika Anda mengerjakan pekerjaan yang tidak terlalu berat dan membutuhkan mobilitas tinggi. Namun, jika Anda rela mengorbankan mobilitas untuk mendapatkan performa yang lebih kencang, mungkin sebaiknya Anda melirik laptop. 

Dengan harga Galaxy Tab S3, Anda bisa mendapatkan laptop dengan performa yang cukup baik.  
 
  Samsung Galaxy Tab S3
Prosesor Qualcomm Snapdragon 835
RAM 4GB
OS Android 7.0
Dimensi 23,73 x 16,9 x 0,6 cm
Memori Internal 32GB
Kamera Depan 5MP, Belakang 13MP
Baterai 6.000 mAh
Layar 9,7 inci QXGA (2-48x1536 piksel)
Harga Rp10 juta
 

Samsung Galaxy Tab S3

 

8,2

  • Performa mumpuni
  • Berfungsi layaknya laptop
  • Ringan
  • S-Pen
  • Harga mahal
  • Keyboard dijual terpisah



(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /