Review Peripheral

PlayStation VR, Lebih Baik dari Ekspektasi

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 14 Nov 2016 22:53 WIB
review peripheral
PlayStation VR, Lebih Baik dari Ekspektasi
PlayStation VR merupakan satu-satunya perangkat VR gaming yang resmi hadir di Indonesia

Metrotvnews.com, Jakarta: PlayStation VR akhirnya dirilis dan kini telah tersedia di Indonesia. Kami juga telah mengulas beberapa game eksklusif untuk PlayStation VR, dan telah memamerkan apa saja yang ada di dalam paket penjualannya. Kali ini giliran kami untuk mengulas tuntas satu-satunya perangkat VR gaming yang resmi hadir di Indonesia ini. 


Menarik dan Nyaman Digunakan

Mirip dengan kebanyakan headset VR yang ada di pasar saat ini, PlayStation VR menggunakan dua layar dan lensa khusus untuk menampilkan konten VR. Yang menarik adalah bentuk dari headset ini yang dirancang sangat nyaman untuk digunakan. Bahkan Anda bisa menggunakan kacamata sambil menggunakan PlayStation VR.



PlayStation VR memiliki mekanisme penjepit kepala yang bisa dilonggarkan dan dikencangkan dengan mudah. Mekanisme tersebut juga yang membuat PlayStation VR sangat nyaman digunakan, karena mekanismenya bisa mengakomodasi berbagai ukuran kepala penggunanya. Selain itu, PlayStation VR dilengkapi dengan bantalan di sekitar bagian penopang kepala agar semakin nyaman digunakan.

Tidak seperti Oculus Rift dan HTC Vive, PlayStation VR sama sekali tidak memiliki penampang tambahan di atas kepala. Perangkat VR ini hanya mengandalkan penampang di bagian sisi dan penampang kecil di bagian depan untuk menopang bagian layarnya yang cukup besar.



Menariknya lagi, PlayStation VR memiliki bentuk yang sangat futuristik. Headset VR ini hadir dengan kombinasi warna putih dan hitam dengan konsep desain khas PlayStation. Tampilannya juga semakin menarik dengan hadirnya lampu berawarna biru ketika headset ini digunakan.

Lampu tersebut bukan sembarangan ditempatkan di PlayStation VR. Lampu tersebut merupakan pemandu pada sistem deteksi gerakan yang pada headset ini. Cara kerjanya mirip dengan controller DualShock 4 dan PlayStation Move. lampu tersebut nantinya akan terdeteksi PlayStation Camera sehingga input perintahnya bisa lebih akurat.

Perlu Diposisikan dengan Tepat

Karena memanfaatkan teknologi deteksi visual menggunakan PlayStation Camera, PlayStation VR memeiliki satu kelemahan, yaitu semua sistemnya perlu diposisikan dengan akurat. Idealnya, PlayStation Camera ditempatkan sekitar 20cm di atas lantai dan pemain menggunakan PlayStation VR dengan jarak sekitar 2 meter dari PlayStation Camera.

Untungnya, Sony memberikan kabel ekstensi yang cukup panjang untuk PlayStation VR. Namun, Anda juga harus selalu berhati-hati karena kabel tersebut bisa tersangkut ketika Anda bermain menggunakan PlayStation VR. Beberapa game PlayStation VR VR seperti Pixel Gear dan Ace Banana juga membutuhkan PlayStation Move sebagai alat kontrol, dan alat tersebut tidak tersedia bersama PlayStation VR.



Meski demikian, PlayStation VR masih cukup mudah digunakan. Hanya saja Anda perlu sedikit repot ketika memasang PlayStation VR ke PlayStation 4. Hal tersebut dikarenakan perangkat VR ini tidak terhubung langsung ke konsol PlayStation 4, namun melalui sebuah perangkat pemrosesan khusus. 

Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana Anda mengkoneksikan PlayStation VR dengan berbagai perangkatnya secara tepat. Seharusnya hal tersebut bukan menjadi masalah karena buku petunjuk yang dihadirkan oleh Sony tergolong sangat mudah dimengerti.

Performa Memuaskan

Secara keseluruhan, performa PlayStation VR tergolong sangat memuaskan. Bahkan, setiap gerakan yang ditampilkan di PlayStation VR terasa memiliki framerate yang lebih tinggi. Kami menduga perangkat khusus yang menghubungkan PlayStation VR dengan PlayStation 4 merupakan kunci dari performa tersebut.



Selain memiliki gambar yang sangat baik, PlayStation VR juga sangat sensitif dan memiliki respon yang sangat baik terhadap setiap gerakan kepala penggunanya. Selama Anda berada di jangkauan yang tepat dengan PlayStation Camera, performa PlayStation VR seharusnya tidak akan bermasalah.

Kesimpulan

Sebagai sebuah perangkat VR untuk konsol, PlayStation VR merupakan perangkat yang sangat menjanjikan. Tidak heran jika ia seringkali disebut sebagai perangkat kunci bagi masa depan VR. Hal tersebut dikarenakan PlayStation VR dibanderol dengan harga yang cukup murah, yaitu Rp7 juta untuk paket bersama dengan PlayStation Camera, dan Rp6,3 juta untuk paket tanpa PlayStation Camera.

Meski demikian, PlayStation VR masih memiliki beberapa kelamahan. Selain hanya bisa digunakan di PlayStation 4 yang artinya Anda harus memiliki konsol tersebut, PlayStation VR juga tidak bisa mendeteksi gerakan berjalan seperti halnya Oculus Rift dan HTC Vive. 
 

PlayStation VR

  • Nyaman
  • Performa memuaskan
  • Harga tergolong terjangkau
  • Sistem perlu diposisikan secara akurat
  • Tidak mendukung gerakan berjalan



(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

2 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /