Review Smartphone

Motorola Moto G5S Plus, Kompetisi Ketat Segmen Kamera Ganda

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 18 Oct 2017 09:22 WIB
lenovomotorolareview gadget
Motorola Moto G5S Plus, Kompetisi Ketat Segmen Kamera Ganda
Motorola Moto G5S Plus.

Metrotvnews.com, Jakarta: Belum lama ini, Motorola resmi memboyong smartphone terbarunya, Moto G5S Plus. Bukan dari lini Z, ponsel cerdas ini tidak dibekali dengan kemampuan terhubung dengan aksesori Mods. Meskipun demikian, bukan berarti ponsel ini tidak dibekali dengan keunggulan.

Moto G5S Plus merupakan ponsel cerdas pertama Motorola yang dilengkapi dengan dukungan kamera belakang ganda, yang tengah menjadi tren di kalangan produsen smartphone saat ini. Selain itu, perangkat ini juga dipasarkan dengan harga yang tergolong terjangkau. Lantas seperti apa performa yang ditawarkannya?

 

Desain

Bukan diposisikan sebagai perangkat kelas high-end, Motorola tidak melupakan kesan elegan pada ponsel cerdas ini, dan membalutnya dengan bahan metal serupa smartphone pada seri Z. Mengusung Plus pada penamaannya, Moto G5S Plus hadir dengan ukuran bodi dan layar lebih besar, sesuai untuk Anda yang gemar memainkan game di perangkat.

Sementara itu, serupa dengan Moto Z2 Play yang kami uji sebelumnya, Motorola juga menyematkan sensor pemindai sidik jari di bagian bezel bawah layar. Namun, kebingungan yang sama akibat mengira sensor sebagai tombol Home juga kami temui saat pertama kali menggunakan ponsel ini. Anda juga dapat mengubah pengaturan melalui aplikasi Moto di Homescreen.



Hanya saja, jika Moto Z2 Play hadir dengan dukungan port USB Type-C yang tersemat di sisi bawah perangkat, Motorola memilih untuk membekali Moto G5S Plus dengan port USB standar. Port tersebut diapit oleh jajaran lubang speaker di sebelah kanan dan satu lubang untuk mikrofon di sebelah kiri.

Sedangkan sisi kanan perangkat terdapat tombol daya dan volume, dengan ketinggian yang jauh lebih tinggi dari bodi. Hal ini memungkinkan jari segera menemukan tombol saat mencarinya tanpa perlu melihat ponsel. Tidak hanya jauh lebih tinggi, tombol tersebut juga dibalut dengan pola untuk kemudahan dalam mencari tombol.



Jack headphone 3,5 mm dapat ditemukan di sisi atas sedangkan slot kartu SIM dan memori terletak di sisi kiri ponse. Keunikan hadir di bagian belakang ponsel, lokasi kamera ganda unggulan Motorola tersemat. Bagian kamera belakang berdesain serupa kamera belakang Moto Z2 Play, dengan ketinggian lebih tinggi dibandingkan dengan bodi secara keseluruhan.

Namun ketinggian bagian kamera belakang tersebut sedikit lebih rendah jika dibandingkan dengan kamera belakang Moto Z2 Play. Hanya saja, ketinggian tersebut tetap menimbulkan sedikit kekhawatiran saat meletakkan ponsel di atas meja dengan tekstur permukaan sedikit kasar.



Kami sarankan Anda untuk sedikit lebih berhati-hati saat meletakan ponsel dengan posisi kamera menyentuh permukaan meja. Mengusung desain layar lebih besar, ponsel tetap mampu menyuguhkan kenyamanan saat digenggam. Anda bakal sedikit kerepotan saat mengoperasikan layar perangkat dengan satu tangan, terutama jika tangan pengguna berukuran kecil.

 

Software & Antarmuka

Motorola Moto G5S Plus hadir dengan menggunakan sistem operasi Android 7.1 Nougat, dengan tampilan yang tidak jauh berbeda dari perangkat seri Z. Ponsel ini juga hadir dengan laci aplikasi yang dapat diakses dengan menarik tanda panah di atas lima aplikasi utama, yaitu Camera, Photos, Chrome, Teks dan Phone.

Perangkat ini juga dibekali dengan aplikasi Moto yang memungkinkan Anda untuk mengatur sejumlah gestur sebagai cara mudah mengakses fungsi tertentu, termasuk mengubah sensor pemindai sidik jari sebagai tiga tombol utama ponsel, yaitu One Button Nav.

Selain Chrome sebagai peramban default, Motorola juga menggunakan layanan Google Photos sebagai aplikasi standar untuk galeri. Hal ini cukup mampu menghadirkan pengalaman penggunaan yang menyenangkan, sebab foto akan secara otomatis tersinkronisasi dan tersimpan di cloud.



Menggunakan sistem operasi buatan Google, Anda akan menemukan sejumlah aplikasi khas Google pada ponsel Motorola Moto G5S Plus. Uniknya, Motorola juga membekali toko aplikasi khusus bernama IN Store, berisi sejumlah aplikasi buatan pengembang asal Indonesia, termasuk JMP Maps yang merupakan aplikasi peta perusahaan pengelola jalan tol di Indonesia, Jasa Marga.

Tidak melulu aplikasi bawaan Google, Motorola juga memberikan sentuhannya pada ponsel ini melalui kehadiran aplikasi Wallpaper, berisi wallpaper Anda dipilih berdasarkan kategori yang telah disiapkan. Moto G5S Plus juga berbekal aplikasi LinkedIn sebagai aplikasi bawaan, mempermudah Anda dalam mengawasi jejaring sosial untuk profesional tersebut.

 

Kamera & Video

Untuk urusan kamera, Moto G5S Plus menjadi perangkat yang dihadirkan Motorola untuk mengikuti tren kamera belakang ganda yang saat ini tengah digandrungi produsen smartphone. Alih-alih menggunakan kamera bersensor 16MP pada kamera belakang, ponsel ini dibekali dengan dua kamera bersensor 13MP.

Kamera ganda tersebut mampu menghadirkan kemampuan untuk memotret obyek dengan latar belakang blur, atau lebih dikenal dengan istilah Bokeh. Untuk menghasilkan foto tersebut, Anda perlu mengakses mode Depth Enabled pada menu di aplikasi kamera, yang diwakili oleh tiga titik bersusun vertikal di sudut kanan bawah.

Setelah mengaktifkan menu tersebut, Anda dapat menentukan level blur yang diinginkan pada foto dengan menggerakan tuas di bagian bawah tampilan layar ke arah kanan atau kiri. Ini menjadi bagian paling lambat dari kemampuan kamera yang ditawarkan Moto G5S Plus.



Sehingga, memotret dalam mode ini juga mengharuskan tangan Anda dalam kondisi stabil dan bersabar selama beberapa detik. Namun, hasil foto yang dihasilkan ponsel ini masih cukup mampu memanjakan mata.

Untuk performa kamera secara keseluruhan, kami mendapati sedikit jeda saat menekan tombol shutter dan saat foto terpotret, serta antara proses pmotretan satu foto dengan lainnya pada mode foto standar. Hal ini beberapa kali mengakibatkan foto objek menjadi blur saat objek tersebut bergerak sebelum proses pemotretan di Moto G5S Plus selesai.

Sementara itu, penguncian titik fokus setelah bagian yang ingin difokuskan diketuk juga tergolong baik. Titik fokus tidak akan berpindah dari titik tersebut meski pandangan kamera ponsel beralih ke lokasi lain. Hanya saja, meski titik fokus telah terkunci dan tampilan obyek pada foto telah tajam, hasil sedikit berbeda kami dapati pada hasil foto saat proses selesai.

Hasil akhir foto yang dihasilkan oleh kamera Moto G5S Plus dalam mode standar terlihat sedikit mengabur. Meskipun demikian secara keseluruhan, Motorola Moto G5S Plus mampu menghasilkan foto yang baik dalam kondisi pencahayaan baik dan redup.






 

Performa dan Baterai

Menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon 625 dengan CPU octa-core Cortex-A53, Motorola Moto G5S Plus mampu menyuguhkan performa yang baik dan cepat. Secara umum, ponsel cerdas ini tergolong responsif sehingga lag saat menggulirkan galeri ataupun beralih dari satu menu ke menu lain tergolong cepat.

Memainkan game pada perangkat ini pun mampu berjalan dengan mulus tanpa lag, termasuk saat kami memainkan Asphalt 8: Airbone di Moto G5S Plus ini. Performa baik tersebut juga dihadirkannya pada skor hasil pengujian benchmark menggunakan 3DMark dan PCMark.

Pada pengujian benchmark 3DMark Unlimited, Motorola Moto G5S Plus mampu memperoleh nilai sebesar 13643, sedangkan pada pengujian benchmark 3DMark Slingshot, ponsel ini memperoleh nilai sebesar 465. Untuk pengujian benchmark PCMark Work 2.0, perangkat ini memperoleh nilai sebesar 4847.



Untuk urusan baterai, Motorola membekali Moto G5S Plus dengan baterai berkapasitas 3.000 mAh yang mampu bertahan cukup lama dalam penggunaan sehari-hari. Dalam penggunaan wajar, baterai perangkat ini mampu bertahan setidaknya selama lebih 11 jam.



Tidak hanya mampu bertahan dalam jangka waktu lama, Motorola juga membekali Moto G5S Plus dengan teknologi Turbo-charge yang memungkinkan baterai perangkat terisi penuh dari kondisi kosong dalam waktu sekitar satu jam. Hal ini berguna saat ponsel digunakan pada perjalanan jauh dan jarang menemukan soket listrik.


Kesimpulan
Sempat ditawarkan dengan harga khusus pada program pre-order, Motorola Moto G5S Plus memang cukup mampu memikat perhatian konsumen. Tidak hanya soal harga, performa yang disuguhkan juga tampil memikat, termasuk performa yang dihadirkan oleh baterai dan kamera ganda.

Kamera ganda yang diusung ponsel Motorola ini juga cukup detil. Hanya saja, lag saat menekan tombol shutter dan pemotretan sedikit mengurangi kesenangan saat berkreasi dengan kamera ponsel ini.

 
  Motorola Moto G5S Plus
Prosesor Qualcomm Snapdragon 625 @2.00 GHz
GPU Adreno 506
RAM 4GB
OS Android 7.1. Nougat 
Memori Internal 32GB
Kamera Depan 8MP, Belakang 13MP+13MP
Baterai 3.000 mAh
Layar 5,5 inci Full HD (1920 x 1080 piksel)
Harga Rp3.999.000
 

Motorola Moto G5S Plus

 

8,1

  • Kamera belakang ganda
  • Bodi ramping
  • Harga tergolong terjangkau
  • Baterai tahan lama
  • Lag antara shutter kamera saat pemotretan



(MMI)

Video /