Review Smartphone

Itu iPhone 6? Bukan, Lenovo S90 Livo

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 16 Mar 2015 17:56 WIB
review gadget
Itu iPhone 6? Bukan, Lenovo S90 Livo
Kekuatan utama Lenovo S90 Livo terletak pada baterainya

Merotvnews.com: Tak bisa dimungkiri bahwa desain adalah salah satu faktor penting yang mempengaruhi daya tarik orang terhadap suatu produk. Karena itu, perusahaan besar, seperti Apple, terkenal sangat mementingkan desain produknya agar mudah dipahami, terasa akrab bagi konsumen.

Namun, tak semua perusahaan mau menghamburkan uang untuk riset desain produk yang bagus. Baik perusahaan besar, kecil dan menengah, selalu punya jalan pintas untuk menjual produk: tiru saja produk yang terbukti sedang laris di pasar.



Sebagai produsen PC nomor 1 di dunia, Lenovo kini juga cukup getol menghadirkan ponsel dengan desain yang unik dan menarik. Sebut saja Lenovo VIBE X2 yang memiliki desain bodi "berlapis". Selain itu, mereka juga punya Lenovo S90 Livo.
 

Desain

Tak usah basa-basi. Lenovo S90 memang meniru iPhone 6. Kemiripan tersebut tak hanya terlihat bentuk desain bodinya, namun juga dari lekuk sudut pada bodinya, hingga penempatan speaker yang berada di sisi bagian bawah. Lenovo S90 Livo juga hadir dengan tiga varian warna yang sama dengan iPhone 6: silver, gold, dan grey.

Untungnya, Lenovo menyediakan casing transparan tambahan pada paket penjualannya, sehingga ia terlihat berbeda dengan iPhone 6 jika casing tersebut digunakan.

Terlepas dari kemiripannya dengan iPhone 6, Lenovo S90 Livo memiliki desain yang cukup solid dan tangguh. Keseluruhan bodinya dibalut dengan menggunakan lapisan metal, sehingga selain kokoh, juga terlihat elegan.

S90 Livo menggunakan desain unibodi, dan slot kartu SIM terdapat di bagian sisi kiri. Untuk membuka slot kartu SIM tersebut, Lenovo telah menyediakan pengungkit khusus pada paket penjualannya. Sebagai informasi, S90 Livo menyediakan dua slot micro SIM, LTE dan 3G yang dapat aktif secara bersamaan.



S90 Livo memiliki bodi yang cukup tipis, 6,9 mm tanpa casing. S90 Livo akan terasa lebih tebal ketika casing transparannya digunakan. Kecuali posisi speaker yang berada di bagian sisi bawah, S90 Livo memiliki desain standar seperti ponsel pada umumnya; tombol power dan volume berada di sisi kanan, port microUSB berada di bagian bawah, serta port audio 3,5 mm berada di bagian atas.

Software & Antarmuka

Sama seperti VIBE X2, Lenovo juga menyematkan antarmuka buatan sendiri pada S90 Livo. Antarmuka S90 Livo terlihat menarik dengan kombinasi warna yang cerah dan desain yang simpel. Entah kebetulan atau disengaja, antarmukanya juga mirip dengan antarmuka iOS. Hal tersebut dapat terlihat dari kombinasi warna dan bentuk lambang menu.



Lenovo S90 Livo telah menggunakan Android 4.4.4 (KitKat), sehingga Anda tidak perlu khawatir karena sebagian besar aplikasi telah dapat berjalan di ponsel ini. Dalam paket penjualannya, Lenovo melengkapi S90 Livo dengan aplikasi Security.

Aplikasi tersebut mampu menjaga keamanan privasi, dan dapat merangkap sebagai aplikasi manajemen performa. Aplikasi ini juga dapat berfungsi sebagai antivirus, antispam, dan bandwidth manager.
 

Kamera & Video

Lenovo menyematkan kamera belakang 13 megapixel, dan kamera depan 8 megapixel. Keduanya dilengkapi dengan fitur autofocus serta sebuah lampu flash LED. Kualitas kamera S90 Livo juga cukup bagus.

Saat diuji, S90 Livo mampu menghasilkan jepretan dengan detail yang cukup tinggi untuk smartphone sekelasnya. Sayangnya, hasil jepretannya kadang memiliki kontras cahaya yang sedikit terlalu tinggi, sehingga meredupkan kontras warnanya.



Berbeda dengan hasil jepretan fotonya, hasil perekaman video pada S90 Livo justru lebih memuaskan. S90 Livo mampu melakukan perekaman video pada resolusi full HD (1.080p) dengan framerate yang cukup tinggi, 30fps. Hal tersebut cukup mengagumkan karena layar ponsel ini hanya beresolusi HD (720p).

Performa & Baterai

Lenovo S90 Livo mengggunakan chip Qualcomm Snapdragon 410, dengan prosesor quad-core Cortex-A53 berkecepatan 1,2GHz. Ia juga ditenagai dengan chip grafis Adreno 306, RAM sebesar 2GB, dan didukung dengan penyimpanan sebesar 32GB. Sayangnya, S90 Livo tak memiliki slot microSD, sehingga Anda tak bisa menambah kapasitas penyimpanannya.



Performa grafis Lenovo S90 Livo boleh dibilang tak terlalu hebat. Hal tersebut terbukti dari hasil uji grafis yang saya lakukan dengan menggunakan aplikasi benchmark 3DMark. Dalam pengujian tersebut, performa S90 Livo terlihat kurang memuaskan. Meskipun demikian, saat diuji dengan game Asphalt 8 Airborne, Lenovo S90 Livo masih mampu menyajikan kualitas grafis medium tanpa hambatan performa.





Performa S90 Livo justru terlihat bagus pada pengujian performa penggunaan sehari-hari dengan menggunakan PCMark. Ia memperoleh skor yang cukup memuaskan, yaitu sebesar 2.905. Dari beberapa pengujian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Lenovo S90 Livo lebih cocok untuk digunakan dalam kegiatan non-gaming.



Sementara performa kerja dan grafisnya bisa dibilang tak terlalu memuaskan, performa baterai ponsel ini justru sangat memuaskan. Ia mampu bertahan seharian ketika saya pakai dengan tingkat penggunaan standar (koneksi data, telepon, WiFi).

Kesimpulan

Lenovo S90 Livo adalah ponsel dengan desain yang bisa dibilang kurang orisinil. Meskipun demikian, desain tersebut masih sedap dipandang dan juga cukup tangguh.  

 
  Lenovo S90 Livo
Prosesor Qualcomm Snapdragon 410, quad-core Cortex-A53 @1,2GHz
RAM 2 GB
OS Android 4.4.4 (KitKat)
GPU Adreno 306
Memori Internal 32 GB
Kamera 13 MP (belakang), 8 MP (depan), LED flash
Dimensi 146 x 71.7 x 6.9 mm
Bobot 129 gram
Baterai Non-removable Li-Ion 2300 mAh battery
Layar 5,0-inci 720 x 1280 pixel Super AMOLED (294 ppi)
Konektivitas GSM 850 / 900 / 1800 / 1900 - SIM 1 & SIM 2
HSDPA 900 / 1700 / 1900 / 2100
LTE 1800 / 2100 TD-LTE 2500
Harga Rp3.799.000,-



(ABE)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.