Review Smartphone

Evercoss U50A Max, Ponsel Rp1 Juta dengan 4 Kamera

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 19 May 2018 04:22 WIB
evercossreview gadget
Evercoss U50A Max, Ponsel Rp1 Juta dengan 4 Kamera
Evercoss U50A Max. (Medcom.id)

Jakarta: Dengan populasi lebih dari 260 juta orang, Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk terbanyak keempat. Sementara pengguna internet di Indonesia telah mencapai lebih dari 100 juta. Indonesia merupakan negara mobile-first. Artinya, kebanyakan orang mengenal internet melalui smartphone, bukan komputer. 

Karena itu, tidak heran jika Indonesia menjadi pasar yang menggiurkan bagi para perusahaan pembuat smartphone, mulai dari perusahaan seperti Samsung dan Apple dengan penawaran smartphone premiumnya, hingga Xiaomi yang menawarkan ponsel dengan harga terjangkau. Semua berebut untuk menarik hati warga Indonesia. 

Ialah Evercoss, perusahaan nasional yang menolak mengaku kalah di pasar smartphone Indonesia. Evercoss meluncurkan U50A Max pada akhir tahun lalu. Salah satu fitur yang diunggulkan dari ponsel ini adalah bodinya yang tahan banting. 

Bagaimana performanya?
 

Desain

Desain tanpa bezel adalah tren tahun ini. Sekarang, rangka tipis tidak hanya Anda temukan pada ponsel premium, tapi juga ponsel kelas menengah. Namun, Evercoss memutuskan untuk tidak mengikuti tren itu.

Seperti yang bisa Anda lihat, U50A Max masih memiliki bezel yang cukup tebal pada bagian atas dan bawah. Namun, sebenarnya ini bukanlah hal yang aneh, mengingat ponsel ini masuk ke kelas pemula dengan harga Rp1 juta. 



Pada bagian atas, Anda akan menemukan dua kamera depan yang sudah dilengkapi dengan flash. Sementara pada bagian bawah, Anda menemukan tombol Home yang juga merangkat sebagai sensor sidik jari.

Pada bagian bawah, Anda akan menemukan port charger yang diapit oleh speaker pada kiri dan kanan. Port audio terletak di sebelah atas kiri sementara tombol power dan volume terletak pada sisi kanan, memudahkannya untuk dijangkau menggunakan ibu jari. 



Memang, Evercoss masih menggunakan plastik sebagai bahan untuk bagian belakang ponsel. Medcom.id mendapatkan unit berwarna emas, yang membuatnya tampil cukup elegan untuk smartphone kelas pemula.

Pada bagian belakang, Anda akan menemukan tulisan Evercoss -- yang akan menjadi tidak terlalu terlihat ketika Anda memasangkan casing silikon. 



U50A Max sudah dilengkapi dengan kamera belakang ganda yang disematkan pada bagian kiri atas dengan posisi vertikal. Penempatan ini akan mengingatkan Anda pada dua kamera pada iPhone X. Namun, sudah banyak perusahaan smartphone yang meniru desain Apple dan meletakkan kedua kamera belakangnya di bagian kiri atas ponsel. 

 

Software & Antarmuka

Meskipun diusung sebagai ponsel kelas pemula, Evercoss sudah memasang Android 7.0 Nougat pada U50A Max. Memang, saat ini, Google telah bersiap untuk meluncurkan Android P. Namun, vendor smartphone Android tengah sibuk merilis Android 8 Oreo yang dirilis tahun lalu. Evercoss melapisi Android pada ponsel buatannya dengan VOS, antarmuka buatan pengembang lokal.

Satu fitur favorit saya dari Android Nougat adalah fitur multitasking atau split-screen. Seperti namanya, fitur ini memungkinkan Anda untuk membuka dua aplikasi sekaligus. Saya mencoba untuk membuka YouTube dan Chrome pada saat yang sama dan U50A Max sudah bisa melakukan itu.  



Fitur menarik lain yang ada pada U50 Max adalah anti-theft. Untuk mengaktifkan fitur ini, Anda harus masuk menggunakan akun Google atau Facebook. Di sini, Anda bisa mengaktifkan atau menonaktifkan berbagai fitur seperti verifikasi password ketika ponsel dimatikan atau otomatis terhubung ke internet setelah ponsel melakukan restart



Satu hal yang saya sayangkan pada Evercoss U50A Max adalah banyaknya bloatware. Aplikasi-aplikasi yang langsung terpasang pada ponsel ini berakhir terbengkalai dan tidak pernah saya gunakan. 

 

Kamera dan Video

Sejujurnya saya kaget ketika saya mendengar bahwa Evercoss melengkapi U50A Max dengan empat kamera: dua kamera belakang dan dua kamera depan. Sama seperti kebanyakan dua kamera pada ponsel, dua kamera pada U50A Max berfungsi mengaburkan latar belakang untuk menimbulkan efek Bokeh. 

Mengingat ponsel ini memiliki dua kamera pada bagian belakang dan bagian depan, Anda bisa menggunakannya saat mengambil selfie atau menggunakan kamera belakang. Memang, U50A Max bisa mengaburkan latar belakang pada foto.

Namun, proses pengaburan ini tidak rapi. Ada bagian yang seharusnya dikaburkan tapi masih terlihat jelas dan objek yang ingin menjadi fokus justru sedikit mengabur.



Contoh foto Bokeh dengan kamera belakang. 



Contoh foto Bokeh dengan kamera depan. 

Ini bisa dimaklumi, mengingat U50A Max memang masuk ke dalam kelas pemula. Jangan bandingkan ponsel ini dengan smartphone premium seperti Samsung Galaxy S9 atau Apple iPhone X. 

Untungnya, gambar yang diambil dengan U50A Max di siang hari terlihat cukup tajam. Seperti biasa, ketika keadaan kurang cahaya, noise atau derau mulai menjamur pada gambar. 







Selain kemampuan untuk mengambil foto Bokeh, Evercoss juga sudah melengkapi U50A Max dengan fitur stiker yang dinamai FaceCute. Opsi stiker yang bisa Anda gunakan juga cukup banyak.

Stiker ini cukup responsif, karena ia akan mengikut gerakan wajah ketika saya menoleh ke kiri atau ke kanan. Stiker ini juga bisa digunakan saat Anda mengambil foto bersama dengan teman. 



Kamera Evercoss U50A Max lambat. Ketika Anda mengambil foto, ponsel ini membutuhkan waktu untuk menyimpannya, terutama ketika Anda mencoba mengambil foto Bokeh. 

 

Performa & Baterai

Dengan prosesor 1,3GHz yang dipadankan dengan RAM 2GB, Evercoss U50A Max memberikan performa yang cukup baik untuk kegiatan sehari-hari seperti membuka email, media sosial dan aplikasi chatting. Dengan layar full HD sebesar 5 inci, ponsel ini cukup nyaman untuk digunakan menonton.

Saya mencoba memainkan game Marvel Future Fight pada ponsel ini. Pada pengaturan grafik medium, framerate game turun sehingga muncul notifikasi yang mendorong saya menurunkan resolusi game. Ketika saya memainkan game pada resolusi low, game dapat berjalan dengan cukup lancar. 

Untuk masalah baterai, ponsel ini memiliki baterai dengan daya 2.600 mAh. Baterainya dapat bertahan cukup lama. Dengan keadaan penuh, saya bisa menggunakannya dengan pemakaian wajar dan ponsel akan bertahan hingga sore hari. 

 

Kesimpulan

Dengan harga sekitar Rp1 juta, Evercoss U50A Max memiliki performa yang cukup baik dan baterai yang cukup awet. Layarnya cukup tajam untuk digunakan menonton. 

Meskipun masuk ke kelas pemula, Evercoss U50A Max sudah dilengkapi dengan dua kamera depan dan dua kamera belakang, Kedua kamera ini memungkinkan Anda untuk mengambil foto dengan efek Bokeh. Sayangnya, efek Bokeh yang dihasilkan kurang rapi. Kamera Evercoss U50A Max juga sudah dilengkapi stiker.

Akhir kata, Evercoss U50A Max cocok untuk Anda yang ingin memiliki ponsel yang kaya fitur dengan harga terjangkau. Namun, jangan kecewa jika ada fitur-fitur tertentu yang tidak memberikan hasil sebaik ponsel kelas premium.
 
  Evercoss U50A Max
Prosesor Speadstrum 1,3GHz quad-core
RAM 2GB
OS Android 7.0 Nougat
Memori Internal 16GB
Kamera Depan 8MP+2, Belakang 13MP+2MP
Baterai 2.600 mAh
Layar 5 inci (1280 x 720 piksel)
Harga Rp1.250.000

Evercoss U50A Max

7.8

  • Sudah menggunakan Android Nougat
  • Sudah dilengkapi dengan pemindai sidik jari
  • Harga terjangkau
  • Kamera cukup banyak fitur
  • Layar yang terasa kurang responsif
  • Kamera lambat
  • Banyak bloatware



(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.