Review Smartphone

Motorola Moto Z2 Play, Kukuh dan Baterai Memuaskan

Lufthi Anggraeni    •    Sabtu, 09 Sep 2017 09:49 WIB
lenovomotorolareview gadget
Motorola Moto Z2 Play, Kukuh dan Baterai Memuaskan
Motorola Moto Z2 Play hadir dengan bodi lebih tipis, namun dengan kompatibilitas aksesori Mods.

Metrotvnews.com, Jakarta: Setelah mengakuisisi Motorola pada Oktober 2014, Lenovo seolah kian menjadikan Motorola sebagai merek utama smartphone yang diproduksi dan dipasarkannya. Namun, perangkat dengan desain modular menjadi produk utamanya sejak tahun lalu, dengan dukungan aksesori tambahan.

Perangkat modular tersebut dihadirkan Motorola dalam lini Moto Z, yang terdiri dari dua versi yaitu Z dan Z Play. Motorola Moto Z hadir sebagai perangkat lebih premium, jika dibandingkan dengan Moto Z Play. Kesuksesan perangkat modular generasi pertama, yaitu lini mendorong Lenovo dalam menghadirkan perangkat generasi keduanya, Motorola Z2 dan Z2 Play dengan sejumlah kemampuan serupa.

Mengusung kemampuan menggunakan berbagai aksesori yang sebelumnya mendukung generasi pertama dan aksesori modular baru, benarkah pengalaman penggunaan dan performa yang dihadirkan kedua perangkat beda generasi tersebut sama?

 

Desain

Hadir sebagai generasi kedua dari perangkat sebelumnya, Motorola Moto Z2 Play tidak mengusung banyak perbedaan dalam desain yang diusungnya. Perbedaan soal desain cukup terlihat pada bagian depan perangkat serta ketebalan bodi perangkat baru ini.

Motorola Moto Z2 Play hadir dengan bodi berketebalan 1mm lebih tipis jika dibandingkan dengan pendahulunya, menghadirkan kenyamanan lebih saat menggenggam perangkat. Kenyamanan tersebut juga didukung oleh penggunaan bahan metal bertekstur, tidak hanya menyebabkan bagian belakang tidak licin saat digenggam, juga mendukung keindahan tampilannya.



Mengusung desain modular, Anda juga masih akan menemukan pin penghubung perangkat dengan mods di bagian belakang bawah, mendampingi kamera terintegrasi dengan bodi perangkat di bagian belakang atasnya. Desain kamera yang dibuat sedikit lebih tinggi jika dibandingkan dengan perangkat lain menimbulkan kekhawatiran menggores lensa saat disimpan di saku ataupun diletakkan di atas permukaan sedikit kasar.

Perbedaan kecil juga ditemukan pada bagian belakang Moto Z2 Play ini pada desain kamera dan garis antenna. Sedikit berbeda dengan pendahulunya, garis antenna Moto Z2 Play lebih kentara jika dibandingkan dengan pendahulunya, yang hadir dalam warna hitam membingkai bagian belakangnya, kontras dengan warna bahan metal bertekstur. 



Sedangkan kamera Moto Z2 Play hadir dengan dengan bingkai lebih tegas, baik pada lingkaran yang melingkupi lensa dan lampu flash, serta bagian khusus di sekeliling lensa. Bingkai antara lensa dan lampu flash juga menyempit, sehingga Motorola juga tidak lagi menyematkan embel-embel bertuliskan Droid pada ruang antara lensa kamera dengan lampu flash tersebut.

Sementara itu, bagian depan Moto Z2 Play hadir dengan tampilan lebih elegan jika dibandingkan dengan motorola Z Play. Motorola tidak lagi menghadirkan sensor pemindai sidik jari di bagian bawah layar, dengan tampilan menyerupai tombol Home. 



Sensor pemindai sidik jari tersebut tidak lagi hadir dengan desain kotak yang dikelilingi bingkai perak, melainkan dengan tampilan serupa tombol Home sentuh kapasitif berbentuk oval panjang, dan berkesan menyatu dengan panel bagian depan bawah layarnya. Sensor ini juga memungkinkan Anda membuka dan mengunci perangkat tanpa perlu menekan tombol daya terlebih dahulu.

Pada sisi kanan, Motorola menempatkan tombol volume berdampingan dengan tombol volume, sedangkan sisi bawah terdapat port USB Type-C sebagai charger dan konektor, serta port headphone 3,5mm. Selain itu, Anda dapat menemukan slot microSD dan dua kartu nano SIM di sisi atas perangkat.

 

Software & Antarmuka

Menyoal antarmuka pengguna, tidak banyak hal yang dapat dibahas dari perangkat ini sebab Motorola Moto Z2 Play hadir dengan dukungan sistem operasi Android 7.1.1 Nougat dengan pengalaman hampir serupa dengan dukungan Android murni.

Sentuhan khusus Lenovo dan Motorola dapat ditemukan pada software khusus berisi sejumlah fitur gestur untuk mengakses fungsi atau menu, seperti diputar untuk membuka menu kamera, membalik perangkat untuk mengaktifkan mode senyap, atau mengusap layar ke arah bawah kanan atau kiri untuk mengaktifkan tampilan layar pada mode penggunaan satu tangan.



Software yang hadir dalam bentuk aplikasi bernama Motorola tersebut akan menyapa Anda saat mengakses halaman Home perangkat ini. Salah satu fungsi yang kami rasakan paling bermanfaat yaitu One Button Nav, memungkinkan Anda untuk menjadikan sensor pemindai sidik jari sebagai pusat navigasi pada ponsel cerdas tersebut.

Fungsi tersebut sangat membantu mengurangi kebingungan yang disebabkan oleh keberadaan tombol navigasi sentuh pada layar perangkat. Selama pengujian, kami sering kali terkecoh untuk mencari-cari tombol navigasi di sebelah tombol Home, sementara Motorola menghadirkan tiga tombol menu utama di perangkat tersebut pada layar.

Mengaktifkan fitur One Button Nav tersebut memungkinkan Anda untuk menavigasikan perangkat layaknya saat menggunakan tiga tombol menu utama pada umumnya. Untuk mengakses fitur serupa tombol Home, Anda hanya perlu menyentuh sensor pemindai sidik jari dengan cepat.

Sebab menyentuh sensor dalam waktu lebih lama berfungsi untuk mengunci ataupun membuka kunci perangkat. Sedangkan untuk menikmati fungsi serupa tombol Back dan Recent Apps, Anda perlu mengusap sensor dari kanan ke kiri, dan dari kiri ke kanan.
 


Kamera & Video

Motorola Moto Z2 Play dibekal kamera bersensor 12MP dengan 1.4µm piksel dan dual focus pixel, aperture f/1.7, lampu flash warna ganda, serta autofokus laser, meski tanpa dukungan optical image stabilization. Sementara kamera depan perangkat ini berbekal dukungan sensor 5MP, dengan 1.4µm piksel serta aperture f/2.2 dan lampu flash LED ganda warna ganda.

Kamera perangkat ini cukup mampu menghadirkan hasil foto yang baik di kondisi pencahayaan cukup. Hasil berbeda kami dapati pada hasil foto pada kondisi pencahayaan redup, dengan tampilan yang sedikit terganggu oleh kehadiran noise.

Selain itu, berbekal autofokus laser cukup membantu dalam mengunci fokus saat mengarahkan kamera pada objek yang diinginkan. Kemampuannya mengunci fokus tergolong cepat, namun fokus tetap mengarah ke titik layar yang disentuh meski kamera bergeser dan tidak lagi mengarah ke objek.

Setelah terkunci tersebut, autofokus tidak segera mendeteksi objek lain, dan tetap terfokus di titik layar yang sama, mengharuskan kami untuk menentukan objek yang ingin dijadikan sebagai titik fokus baru secara manual. Selain itu, beberapa kali kami mendapati kemampuannya untuk menyesuaikan tampilan pencahayaan pada foto dengan kondisi sekitar tidak secepat yang kami harapkan.

Motorola turut menghadirkan tiga mode lain mendampingi mode foto dan video standar pada menu kamera untuk mendukung kreatifitas pengguna, seperti Slow Motion, Profesional, dan Panorama. Mode foto dan video standar juga dilengkapi dengan teknologi HDR, sehingga Anda dapat menghasilkan foto dengan warna lebih tegas meski proses pemotretan dan perekaman sedikit lebih lambat dan Anda juga harus menjaga kamera stabil.

Berikut hasil foto Motorola Moto Z2 Play








 

Performa & Baterai

Didukung prosesor Snapdragon 626, Motorola Moto Z2 Play cukup mampu untuk menangani aktivitas penggunaan sehari-hari, serta cukup mampu menyuguhkan performa yang baik tanpa gangguan lag saat digunakan untuk bermain game Asphalt 8: Airbone.

Performa yang baik juga dihadirkan Moto Z2 Play berkat dukungan RAM berkapasitas 4GB dan ruang penyimpanan sebesar 64GB. Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, ponsel ini juga dibekali dengan slot microSD, memungkinkan Anda untuk menambah kapasitas memori penyimpanan.

Tidak hanya pada pengalaman penggunaan sehari-hari, performa tersebut juga ditampilkan Moto Z2 Play pada hasil pengujian benchmark 3DMark dan PCMark. Pada pengujian benchmark 3DMark Unlimited, ponsel ini meraih nilai sebesar 12.545, sedangkan pada pengujian 3DMark Sling Shot sebesar 823, dan pada PCMark Work 2.0 sebesar 4.828.



Untuk baterai, Motorola membekali Moto Z2 Play dengan baterai berkapasitas 3.000 mAh, pada penggunaan sehari-hari mampu bertahan dalam jangka waktu cukup lama, yaitu sekitar antara 10 hingga 11 jam. Pengujian baterai sebenarnya via PCMark sendiri menampilkan daya operasional sekitar 8 jam, yang masih kalah dengan dua produk pesaing di harga yang sama, seperti yang bisa Anda lihat di bawah ini.

Tidak hanya hadir dengan daya tahan baterai yang lama, dukungan teknologi Turbo Charge pada ponsel ini turut mendukung kenyamanan menggunakan perangkat, sebab mampu mengisi penuh daya baterai dari kondisi baterai dua persen dalam waktu sekitar satu jam.



Hanya saja, saat digunakan di luar ruangan dengan kondisi suhu panas, bodi bagian belakang lokasi baterai perangkat berada sedikit mudah panas. Hal ini juga kami dapati saat harus membalas sejumlah pesan di aplikasi pesan instan saat baterai perangkat tengah diisi.

Kesimpulan
Untuk penggunaan sehari-hari, Motorola Moto Z2 Play mampu menghadirkan pengalaman penggunaan yang menyenangkan. Pengalaman tersebut juga didukung oleh kemampuan baterai untuk bertahan dalam waktu lama, serta pengisian ulang daya baterai yang cepat.

Desain elegan dan lebih tipis namun tetap mampu menghadirkan kenyamanan dan kesan kokoh saat digenggam juga menjadi daya tarik yang kami temukan pada ponsel cerdas ini. Hanya saja hasil foto sedikit terganggu noise pada kondisi pencahayaan redup sedikit mengurangi kesenangan menggunakan ponsel cerdas ini. 

 
  Motorola Moto Z2 Play
Prosesor Qualcomm Snapdragon 626 octa-core 2,2GHz
RAM 4GB
OS Android 7.1.1
GPU Adreno 506
Memori Internal 64GB
Kamera 12MP (belakang) + 5MP depan)
Dimensi 76,2 x 150,2 x 5,99 mm
Bobot 145 gram
Baterai 3.000 mAh
Layar 5,5 inci 1920 x 1080 piksel
Harga Rp6.499.000
 

Motorola Moto Z2 Play

 

8,1

  • Bahan metal menimbulkan kesan kokoh
  • Bodi tipis namun tetap nyaman digenggam
  • Baterai tahan lama dan fast charging
  • Hasil foto di kondisi pencahayaan redup sedikit terganggu noise
  • Bodi sedikit panas saat digunakan di cuaca panas luar ruang



(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

2 days Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /