Review Mousepad

Roccat Taito, Sederhana Tapi Jaminan Presisi

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 23 Oct 2018 18:21 WIB
review peripheralroccat
Roccat Taito, Sederhana Tapi Jaminan Presisi
Roccat Taito.

Jakarta: Tren esport membuat aksesori gaming menjadi pelengkap senjata permainan yang diperhitungkan, termasuk mousepad sekalipun. Roccat juga dikenal memiliki jajaran produk mosuepad gaming, salah satunya seri Taito.

Mousepad Roccat Taito sendiri memiliki beberapa model. Versi yang kami jajal adalah seri Taito ukuran mid-size 400x320mm. Ukuran ini menurut kami sudah cukup luas. 

Lembaran mousepad ini berukuran 3mm. Tidak terlalutebal, tapi cukup nyaman sebagai bantalan pergelangan tangan saat menggunakan mouse, begitupun dengan teksturnya.

Roccat Taito memiliki tesktur material yang berbeda di bagian atas dan bawahnya. Tekstur material di lapisan atas lebih halus dan tidka bertekstur. Desain tersebut menurut kami untuk memberikan kecepatan gerak pada mouse yang digunakan di atasnya.
 
  Testbed Medcom.id
Prosesor  Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
Motherboard  ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
RAM  Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
VGA  Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
Pendingin  Noctua NH-U21S
Storage Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
PSU  Corsair RM 850X
Monitor  ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70





Medcom.id menemukan Roccat Taito mampu membuat mouse di atas meluncur dengan presisi yang akurat. Medcom.id melakukan sentakan halus saat menggunakan mouse di atasnya, Roccat Taito masih cukup lengket sehingga kendali Anda tidak tergelincir.

Di atas layar pointer dari mouse yang digunakan pada Roccat Taito juga cukup presisi. Roccat sendiri mengklaim produk ini mampu menyajikan performa terbaiknya hingga mouse dengan kecepatan sensor 24.000DPI.



Tidak hanya fokus di material lapisan atas, Roccat juga mendesain material lapisan bawahnya dengan menggunakan material bertesktur karet yang membuatnya snagat melekat dengan lapisan meja. Anda tidak perlu cemas bahwa mousepad akan mudah tergeser seiring gerakan Anda mengedalikan mouse.

Melihat sisi material lapisan alasnya yang ada lubang, sangat disarankan agar bagian sisi dari mousepad ini tidak berada dekat benda tajam yang kemungkinan akan menyangkut di lubang tersebut sehingga membuat sobekan.



Di pasar, Roccat Taito ukuran mid-size dibanderol dengan harga Rp300 ribu, tergolong terjangkau sekali untuk mousepad gaming. Hal ini mungkin menjelaskan performanya yang menurut kami tidak cukup spesial, tetapi sudah layak menjadi pilihan bagi konsumen yang ingin mulai menggunakan mousepad yang tidak standar.
 
8
Roccat Taito (Mid-Size)
Plus
  • Material bagus
  • Grip lapisan alas tidak licin
  • Ketebalan material masih nyaman
Minus
  • Desain tampilan biasa saja
  • Performanya tidak buruk tapi standar



(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.