Review Peripheral

D-Link DWR-932C, Mi-Fi Sederhana yang Punya Banyak Fitur

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 11 Mar 2018 22:33 WIB
D-Link DWR-932C, Mi-Fi Sederhana yang Punya Banyak Fitur
D-Link DWR-932C.

Jakarta: Perangkat Mobile Wi-Fi atau Mi-Fi sudah jadi perangkat wajib untuk konsumen yang rumahnya tidak mendapatkan akses ke internet kabel. Namun, ada juga pengguna yang tetap menggunakan perangkat ini untuk mendukung mobilitas.

D-Link sebagai salah satu penyedia peripheral untuk konektivitas internet juga turut meghadirkan perangkat Mi-Fi yang tidak dikunci dengan operator tertentu lewat produk terbarunya D-Link DWR-932c 4G LTE Mobile Router.

Melihat desainnya, Mi-Fi ini tampil dengan yang sangat biasa serta dimensi yang sedikit lebih tebal Materialnya menggunakan bahan plastik yang mendapatkan sentuhan metal brush pada bagian pungggungnya.



Tidak banyak tombol yang disediakan. Pada sisi kiri terdapt tombol daya dan tombol untuk mengakftifkan fitur WPS. Pada sisi kanan terdapat port USB untuk memasang kabel USB dan kepala adaptor saat mengisi daya atau menghubungkannya ke laptop/PC.

Mi-Fi ini menyediakan slot MicroSD dengan kapasitas 46GB dan slot kartu SIM di bagian dalam yang bisa diakses dengan cara menekan sambil mendorong bagian punggung perangkat ini ke atas.



Bagi saya, cara ini jauh lebih mudah ketimbang Mi-Fi lain yang menuntut Anda harus mencungkil cover bagian punggungnya. Sebab Anda tidak harus meenggunakan kuku jari tangan Anda atau alat bantuan untuk mencungkilnya.

Cara menggunakannya cukup mudah. Setelah Anda memasang akrtu dan baterai di dalamnya. Anda harus menghubungkan perangkat ini ke laptop/pc dan smartphone terlebih dahulu dengan mengakses alamat khusus D-Link di peramban internet untuk mengelola konfigurasi.

Pada situs konfigurasi D-Link DWR-932C, saya menemukan D-Link menyediakan fitur yang cukup lengkap. Pertama, tersedia antarmuka yang menampilkan informasi sinyal, jumlah perangkat yang terhubung serta akses untuk membuat pesan singkat.



D-Link juga menyediakan fitur untuk melakukan IP Filtering dan Firewall, sehingga perangkat yang terhubung ke Mi-Fi ini tidak bisa membuka akses ke situs tertentu dan memberikan proteksi berlapis sehingga perangkat yang terhubung ke Mi-Fi  jauh lebih aman.



Menariknya lagi, moile router D-Link DWR-932C dilengkapi dengan mode powe saving. Jadi saat perangkat ini tidak terhubung dengan perangkat lainnya semalam beberapa menit maka di akan langsung masuk ke mode sleep.

Fitur ini cukup membantu bagi pengguna yang kerap lupa untuk mematikan Mi-Fi saat ponsel atau perangkat yang digunakan memiliki fitur otomatis untuk terhubung ke jaringan WiFi yang memiliki kecepatan lebih baik di lokasinya, misalnya saat memasuki kantor atau cafe.



Di atas kerta, kecepatan uplink mencapai 50Mbps dan downlink hingga 150 Mbps, namun angka ini bervariasi tergantung jaringan 4G operator yang digunakan di tiap lokasi. D-Link DWR-932C mampu menyajikan koneksi ke 10 perangkat.

Untuk daya tahan baterainya yang berkapasitas 2.000 mAh D-Link mengklaim bahwa perangkatnya mampu bertahan hingga 7 jam. Dalam skenario penggunaan saya menggunakan satu buah laptop dan satu buah smartphone, tercatat Mi-Fi ini mampu bertahan lebih dari 5 jam dna ini sudah sangat baik.

Kesimpulan
Apabila Anda berencana untuk menggunakan mobile router atau Mi-Fi yang tidak dikunci untuk satu operator saja, DWR-932C patut dipertimbangkan. Modem ini memiliki cara membuka cover belakang yang tergolong sangat mudah untuk Anda gonta ganti kartu SIM di dalamnya.

Kemudian, untuk Anda yang gemar berbagai koneksi Wi-Fi pada rekan tapi sangat ketat terhadap untuk situs yang akan menghabiskan kuota maka perangkat ini memiliki fitur IP Filtering yang lengkap.

Sebagai tambahan, perangkat ini juga memiliki fitur power saving atau mode sleep yang sangat membantu penggunanya saat berpindah-pindah Wi-Fi dan lupa mematikan daya perangkat ini. Jadi perpaduan daya tahan yang cukup lama dan power saving adalah duo yang sangat pas.

D-Link DWR-932C dibanderol Rp699 ribu. Mungkin terasa mahal, tetapi apa yang ditawarkannya jauh lebih lengkap dari Mi-Fi yang biasa dipaket oleh operator.
 

 
 
D-Link DWR-932C
Plus
  • Pemasangan kartu SIM sangat mudah
  • Tersedia fitur Firewall dan IP Filtering
  • Daya tahan baterai awet ditambah fitur power saving
Minus
  • Desain cukup tebal
  • Harga lebih mahal dari MiFi bundling operator


 
(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.