Review Keyboard

Tt eSPORTS Meka Pro, Lawan Tren RGB

Mohammad Mamduh    •    Kamis, 06 Jul 2017 11:40 WIB
review peripheral
Tt eSPORTS Meka Pro, Lawan Tren RGB
Tt eSPORTS Meka Pro

Metrotvnews.com, Jakarta: Keyboard mekanik pada umumnya dirancang untuk keperluan gaming. Selain menawarkan fitur dan kecepatan respons yang baik, keyboard gaming menanik juga mempunyai desain yang menunjukkan bahwa perangkat tersebut layak menjadi andalan gamer.

Tt eSPORTS Meka Pro mungkin adalah salah satunya. produk teranyar besutan divisi gaming Thermaltake ini menawarkan beberapa kelebihan, yang bisa dibilang cukup istimewa dibanding produk buatan kompetitornya. Berikus ulasan Tt eSPORTS Meka Pro dari Metrotvnews.com.

Tt eSPORTS Meka Pro sebenarnya mempunyai desain seperti keyboard gaming pada umumnya, tetapi mempunyai kesan lebih garang berkat latar tombol berwarna merah. Latar ini memang menjadi warna dasar, bukan tercipta dari lampu RGB. Terkait pecahayaan, Meka Pro tidak sepenuhnya mengikuti tren RGB saat ini. Memang ia tetap memiliki lampu LED, hanya saja cahayanya cuma berwarna merah. Pencahayaan ini tetap punya pengaturan tambahan yang tidak harus melalui software khusus. 



Desain pinggir yang melengkung dan bermotif memberikan kesan Tt eSPORTS Meka Pro adalah keyboard gaming yang kukuh. Aspek ini memang diperlukan mengingat gamer memberikan perintah dalam jumlah yang jauh lebih banyak ketimbang pengguna lain. Informasi tambahannya, keyboard ini tidak mempunyai palm rest, yang memang memubatnya lebih ringkas.

Ciri khas Tt eSPORTS memang terlihat cukup jelas, dari logo pada tombol keyboard dan sisi atas numpad. Dari sisi atas numpad ini, Ada satu tombol khusus bertulisan MK. Ini adalah tombol yang menjadi ciri khas utama Meka Pro, yang berfungsi menyimpan perintah makro secara cepat tanpa memasang software tambahan. Beragam perintah lainnya seperti multimedia atau akses cepat terhadap beberapa perintah juga telah tersedia dalam beberapa tombol tertentu, yang bisa aktif setelah menekan tombol Fn. 



Keyboard ini mengusung komponen Cherry MX dalam tiga pilihan, blue, red, dan brown. Unit Meka Pro yang kami terima mengadopsi switch blue, sehingga bunyinya akan terdengar sangat jelas seperti mesin ketik. Tombol blue memiliki kecepatan respons yang memadai, walaupun masih kalah dari switch red jika sepenuhnya digunakan untuk keperluan gaming.

Selain itu, gaya tekannya juga berbeda, karena terdapat jeda sebelum perintah masuk yang terasa melalui bunyi "klik" dalam setiap tekanan. Tt eSPORTS Meka Pro juga menyediakan komponen pengganti di dalam paket penjualan untuk tombol yang biasa dipakai bermain game. 

Seperti yang sudah dijelaskan, Tt eSPORTS Meka Pro mampu merekam perintah makro secara cepat, dan menyimpannya dalam 6 profil pada bagian numpad. Input perintah bisa dilakukan melalui tombol Fn setelah fungsi makro aktif. Harus diakui, fitur ini memang lebih cepat ketimbang memasang tombol makro via software. Kelemahannya, Anda tidak bisa menciptakan jeda untuk tombol makro ini, dan menghubungkan fungsi makro dengan beberapa game secara spesifik.



Menarik, Tt eSPORTS Meka Pro adalah keyboard mekanik dengan kelebihan yang mempermudah gamer bermain. Untuk segmen harga Rp1,3 juta, keyboard ini mampu menawarkan performa gaming dan fitur yang cukup memadai. Penanaman fungsi makro secara cepat justru cocok untuk gamer yang tidak mau pusing dengan software tambahan. Kelemahan dari pemasangan fungsi makro cepat ini mungkin tidak akan begitu terasa.

 

Tt eSPORTS Meka Pro

 

8,8

  • Kukuh
  • Fitur tombol MK
  • Pengaturan tanpa software khusus
  • Penanaman fungsi makro terbatas



(MMI)

Video /