Review Laptop

Acer Aspire VX 15, Ada Kemampuan di Balik Desain

Cahyandaru Kuncorojati    •    Minggu, 15 Oct 2017 21:09 WIB
acerreview laptop
Acer Aspire VX 15, Ada Kemampuan di Balik Desain
Laptop gaming Acer Aspire VX 15.

Metrotvnews.com, Jakarta: Laptop gaming selalu jadi perangkat impian bagi para gamer. Jangankan melihat spesifikasinya, melihat desainnya saja kadang sudah bisa membuat kita terpincut. Namun, hal yang berbeda saya temukan di Acer Aspire VX 15.

Desainnya mungkin tidak seheboh atau minimalis namun mewah seperti laptop gaming lainnya, tapi saya kepincut ketika sudah menjajalnya untuk beberapa permainan dan menemukan bahwa laptop Acer Aspire VX ini memiliki spesifikasi yang tidak berbeda tipis dengan kompetitor lain yang harganya lebih mahal.

 

Desain

Acer Aspire VX 15 memiliki desain yang sangat minimalis dan terkesan biasa saja mungkin bagi sebagian orang.  Desainnya jujur saja kurang memikat mata yang melihatnya, orang mungkin baru menyadari bahwa perangkat ini adalah laptop gaming ketika melihat lubang kipas pembuangan udara yang berada di penambang bawah bagian layar.

Jelas sekali terlihat  bahwa perangkat ini didominasi material plastik. Di satu sisi, hal positifnya adalah perangkat ini hanya memiliki bobot 2,5kg ketebalannya 1,1 inci, sehingga tidak tipis maupun tebal. 



Saya teringat Aspire bukanlah segmen premium gaming Acer seperti Predator, jadi sebetulnya penggunaan material plastik bisa membantu menekan harga jual perangkat ini. Pada penampang luar dibalik layarnya diberikan motif metal brush dan aksen dua garis berwarna merah yang berbahan plastik.

Saya sempat mengira bahwa bagian dua garis meras tersebut akan menyala ketika laptop diaktifkan sayangnya tidak dan hanya menjadi hiasanya yang memperjelas bahwa laptop didominasi bahan plastik.

Layarnya sendiri mengusung ukuran 15,6 inci dengan resolusi  Full HD 1920 x1080 yang selama saya gunakan terasa sangat nyaman dan mampu menterjemahkan grafis permainan dengan kualitas resolusi tertinggi dengan sangat baik.

 

Fitur 

Acer Aspire VX 15 menyediakan konektivitas mulai dari 1 lubang port untuk USB 3.1 type-C, 1 lubang port USB 2.0, dan 2 lubang untuk USB 3.0 serta SD Card Reader. Untuk kebutuhan webcam, perangkat ini menyematkan kamera di atas layarnya dengan resolusi 128 x720 yang mampu merekam audi dan video dengan resolusi 720p didukung kemampuan High Dynamic Range.

Acer menyediakan teknologi Acre TrueHarmony pada dua buah speaker stereo. Ketika memiankan game dengan volume maksimal, suara yang dihasilkan menggelegar, tidak pecah, dan masih terdengar tajam selain itu kualitas audionya juga didukung konfigurasid software dari Dolby Audio Premium.

Untuk mendukung penggunaan yang memanfaatkan koneksi wireless, Acer Aspire VX 15 rupanya menggunakan antena MiMo, dua antena sebagai transmitter dan dua lagi sebagai receiver.



Untuk papan keyboard yang disediakan, tentu saja dilengkapi dengan backlit berwarna merah serta garis bingkai berwarna merah tebal pada tombol WASD. Meskipun nyaman, ada beberapa kekurangan yang saya temukan pada papan keyboard. Pertama adalah susunan tombol angka yag tidak berjarak dengan tombol panah maupun Enter, sehingga beberapa orang mungkin akan mengalami 'salah pencet'.

Kekurangan kedua adalah posisi tombol daya yang sejajar dengan keyboard. Lagi-lagi hal ini dikhawatirkan terjadinya 'salah pencet' oleh beberapa orang atau tidak sengaja tertekan dengan mudahnya oleh jari.



 

Performa

Hasil performa yang ditunjukkan oleh Acer Aspire VX 15 menurut saya jadi alasan bagi penggunanya untuk memaafkan desain laptop ini. Berdasarkan pengujian yang dilakukan oleh Metrotvnews.com dengan menggunakan 3 game dengan kelas grafis AAA seperti The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of The Singularity Escalation, dan Ghost Recon Wildlands pengaturan ultra rupanya laptop ini mampu berjalan tanpa tersendat.

Acer Aspire VX 15 yang kami uji memang terbukti memiliki performa baik, dari dapur pacunya yang tidak bisa digolongkan sebagai laptop gaming pemula. Prosesornya menggunakan Intel CoreTM i7-7700HQ dengan dukungan RAM 16GB DDR4 dan memori penyimpanan yang memadukan 1TB HDD dan 128GB SSD.

Kartu grafisnya menggunakan NVIDIA GeForce GTX 1050 Ti dengan dukungan VRAM 4GB. Jika kami lihat, spesifikasi tersebut terutama jenis kartu grafis yang digunakan tidak berbeda jauh dengan HP Omen 15 (ce086TX) yang dibanderol dengan harga Rp20 juta, sedangkan Acer Aspire Rp17 juta.



Berdasarkan pengujian menggunakan beberapa software benchmark serta angka FPS yang kami peroleh dari ketiga game yang disebutkan tadi sebagai instrumen pengujian rupanya diperoleh angka benchmark yang tidak terpaut jauh, hanya berbeda 1 hingga 3 angka saja.

Jelas dengan harga yang lebih murah dengan performa yang sejajar maka Acer AspireVX 15 menjadi lebih unggul dari HP Omen 15 tapi ketika beralih ke pengujian baterai Acer ASpire VX 15 harus sedikit terpukul karena perangkatnya hanya mampu bertahan selama 2 jam lewat 53 menit pada pengujian menggunakan PCMark 8 Battery. Berbeda dengan HP Omen 15 yang bisa bertahan hingga 3 jam 22 menit.


Kesimpulan
Acer Aspire VX 15 tidak sama seperti seri Predator, sehingga dari sisi desain perangkat ini memang tidak seperti desain laptop gaming yang kita bayangkan pada umumnya. Namun, satu hal yang patut diacungi jempol adalah performa yang ditampilkan.

Acer Aspire VX 15 mampu menyuguhkan performa yang sebanding dengan laptop lain yang dllengkapi spesifikasi yang sama tetapi dijual dengan harga lebih mahal. Di sini Acer Aspire VX 15 boleh berbangga. Laptop ini mampu menjalan ketiga game tadi dengan sangat lancar dalam pengaturan grafis rata kanan alias ultra.

Persoalan baterai memang laptop ini memiliki daya tahan tidak sebanding dengan laptop merek kompetitior yang saya sebutkan, hal ini juga terasa ketika hanya dipergunakan untuk kebutuhan mengetik dan berselancar di jagat internet. 

Sewajarnya hal ini tidak menjadi minus yang sangat berarti jika Anda memutuskan membelinya, sebab pada akhirnya laptop gaming manapun tidak akan bisa memiliki daya tahan hingga lebih dari 12 jam, dan selalu dianjurkan untuk dipergunakan dalam keadaan tercolok dengan sumber listrik.


 
  Acer Aspire VX 15
Ukuran Layar  15,6 inci Full HD (21920 x 1080)
Prosesor Intel Core i7-7700HQ
GPU NVIDIA GeForce GTX 1050 Ti 4GB
RAM 16GB
Penyimpanan  SSD 128GB + HDD 1TB
Bobot 2,5 Kg
Harga Rp16.999.000
 
 

Acer Aspire VX 15

8

  • Bobot ringan
  • Layar besar
  • Performanya memuaskan untuk game kelas AAA
  • Material plastik
  • Masih cukup tebal
  • Daya tahan baterai singkat



(MMI)

Video /