Review Motherboard

Rampage VI APEX, Motherboard Spesial untuk Balapan

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 10 Oct 2017 23:09 WIB
asusreview motherboard
Rampage VI APEX, Motherboard Spesial untuk Balapan
ASUS Rampage VI APEX

Metrotvnews.com, Jakarta: Jika memantau Metrotvnews.com setiap hari, Anda pasti sadar bahwa dalam beberapa hari terakhir ada berbagai ulasan mengenai motherboard X299 mulai dari yang biasa, hingga yang hadir dengan fitur sangat lengkap. Namun, motherboard yang akan diulas kali ini sangat berbeda karena ia sangat fokus ke performa.

Sambut ASUS Rampage VI APEX, motherboard yang khusus dirancang sebagai fondasi dapur pacu para pengguna enthusiast. Saat menerima motherboard ini, pihak ASUS berpesan kepada saya bahwa Rampage VI APEX merupakan motherboard untuk "balapan". Lalu apa saja fitur yang diusungnya?

Mulai dari hal yang paling unik yang bisa ditemukan di motherboard ini yaitu slot DIMM-nya. Tidak seperti motherboard X299 lain, Rampage VI APEX hanya memiliki empat slot DIMM atau satu keping RAM per-channel. ASUS mengklaim desain tersebut memungkinkan trace distance antar memori semakin pendek dan akhirnya menambah ruang untuk overclocking.



Tidak main-main, motherboard ini bahkan mendukung penggunaan RAM DDR4 hingga kecepatan 4500MHz pada mode dual channel dan 4133 MHz pada mode quad channel. Tentu saja Anda bisa melewati batas tersebut jika bisa mengutak atik pengaturannya lebih jauh.

Di samping slot DIMM-nya, ada dua slot khusus bernama DIMM.2. Slot tersebut memungkinkan Anda untuk memasang mounting khusus yang bisa menampung dua M.2 PCIe 3.0 SSD per slot. Anda bahkan bisa memasang dua kipas 50mm atau satu kipas 80mm di mounting-nya agar M.2 SSD yang terpasang tidak mudah panas.



Berbicara soal overclocking, Rampage VI APEX memiliki segudang fitur overclocking kelas enthusiast yang sangat jarang ditemukan di motherboard lain. Salah satu fiturnya adalah overclocking toolkit yang merupakan sederet tombol, switch, dan indikator khusus untuk para overclocker. Melalui toolkit ini, Anda bahkan bisa mematikan slot PCIe mengaktifkan mode overclocking menggunakan nitrogen cair (LN2).

Fitur proteksi ekstra untuk overclocking juga disematkan ke dalam motherboard ini. Di sekitar bagian socket prosesor pada motherboard ini terdapat sensor khusus yang memungkinkan sistem untuk mendeteksi adanya kondensasi. Ini sangat penting apalagi Anda memang berniat melakukan overclocking ekstrem menggunakan LN2.



Meski dirancang khusus untuk kegiatan overclocking hingga ke tingkat ekstrem, motherboard ini masih sangat layak untuk digunakan dalam kegiatan sehari-hari. Fiturnya sangat lengkap, bahkan sudah dilengkapi dengan WiFi 802.11 a/b/g/n/ac yang sudah dilengkapi teknologi MU-MIMO.

Untuk penyimpanan, selain bisa menggunakan slot M.2, Anda juga masih bisa menggunakan 6 slot SATA III yang terdapat di samping motherboard ini. Dengan demikian, Anda masih bisa menggunakan hard disk atau SSD lama yang masih menggunakan interface SATA.



Sementara di panel belakangnya, ASUS menambatkan 10 port USB yang salah satunya merupakan USB Type-C, satu port ethernet dengan fitur gaming LAN, serta audio berteknologi SupremeFX. Rampage VI APEX juga mendukung sistem pendingin cair (watercooling) bagi Anda yang memang ingin membangun sistem PC dengan sangat serius.

Bagaimana dengan performanya?

Sesuai dugaan saya, Rampage VI APEX memiliki rata-rata performa yang paling baik di antara motherboard X299 yang telah diuji sebelumnya. Meski tidak unggul di semua segmen pengujian, Rampage VI APEX berhasil menunjukkan rata-rata performa paling baik untuk segmen multithread dan singlethread. Berikut adalah hasil pengujiannya:



Sementara untuk gaming, Rampage VI APEX juga terlihat bisa mengimbangi para pesaingnya. Menariknya, performa gaming-nya terlihat sangat stabil dengan rentang FPS minimum dan maksimum yang tipis.



Kesimpulan

Anda seorang gamer, seorang enthusiast, atau seorang overclocker? Semuanya bisa diakomodasi oleh Rampage VI APEX dengan sangat baik. Bisa dikatakan ia merupakan salah satu motherboard terbaik yang pernah mendarat di meja pengujian kami. 

Kelemahannya ia hanya mampu menampung RAM hingga kapasitas 64GB karena hanya memiliki 4 slot DIMM. Namun hal tersebut seharusnya bukan menjadi masalah mengingat RAM 64GB masih tergolong sangat besar dan sejak awal ASUS memang tidak menargetkan pengguna seperti profesional di bidang desain dan konten kreatif.

Pertimbangan lain yang membuat Rampage VI APEX sangat direkomendasikan adalah harganya. ASUS hanya mematok motherboard ini seharga Rp7.850.000 lebih murah ketimbang beberapa motherboard kelas premium dari merek lain.
 

ASUS Rampage VI APEX

  • Performa bagus
  • Fitur sangat lengkap
  • Fitur dan ruang overclocking sangat luas
  • Harga wajar
  • Hanya memiliki 4 slot DIMM sehingga kurang cocok untuk profesional di bidang desain dan konten kreatif yang perlu RAM berkapasitas besar



(MMI)

Video /