Review NAS

ASUSTOR AS1002T, NAS untuk Pemula

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 20 Oct 2017 10:05 WIB
review peripheral
ASUSTOR AS1002T, NAS untuk  Pemula
ASUSTOR AS1002T

Metrotvnews.com, Jakarta: Ulasannya memang sudah lama, namun apakah Anda masih ingat dengan NAS ASUSTOR AS3102T? Keunggulan NAS (Network Attached Storage) tersebut adalah fleksibilitas. Perangkat tersebut sangat mudah digunakan dan memiliki bentuk yang ringkas.

Kali ini, kami akan mengulas ASUSTOR AS1002T, saudara dari AS3102T. Dari segi desain, ASUSTOR AS1002T memang sama persis dengan saudaranya. Bodi sederhana berbahan metal dengan panjang 21,8cm, lebar 10,2cm, dan tinggi 16,5cm. Ukuran tersebut termasuk ringkas untuk sebuah NAS.



Mengakali ukurannya, ASUSTOR menghilangkan konsep detachable bay yang biasanya digunakan di sebuah NAS dan menggantinya dengan sebuah bay internal. Kekurangannya adalah Anda harus membuka casing untuk mengganti hard disk.

Di dalamnya, terdapat sebuah kipas untuk mendinginkan dua hard disk yang bisa dipasang. Hard disk yang bisa digunakan adalah yang menggunakan interface SATA. Anda juga bisa menggunakan hard disk 2,5 inci atau 3,5 inci di NAS ini.



Berbeda dengan saudaranya, AS1002T hanya memiliki dua port USB 3.0 dan satu port ethernet. Ya, NAS ini memang murni hanya bisa diakses melalui jaringan komputer. Meski demikian, NAS ini tidak hanya bisa diakses melalui PC. Anda juga bisa mengakses dan melakukan pengaturan melalui aplikasi khusus di smartphone.

Perbedaan yang lain adalah spesifikasinya. AS1002T memiliki spesifikasi yang lebih rendah dari saudaranya. Ia menggunakan prosesor dual core Marvell ARMADA-385 1GHz dan memori sebesar 512MB. Ia juga hanya bisa menampung total kapasitas HDD hingga 20TB dan satu volume maksimal 16TB. Untungnya, AS1002T sudah bisa mendukung konfigurasi RAID, meski hanya bisa menggunakan RAID 1 dan RAID 0. 



Kesimpulan

Jika dana Anda untuk membeli NAS lebih terbatas, AS1002T bakal lebih cocok untuk Anda karena harganya jeuh lebih murah dari saudaranya yang di atas Rp4 juta, yaitu hanya Rp2,9 juta. Namun, Anda harus rela mengorbankan performa dan beberapa fitur, karena NAS ini memang dirancang untuk pengguna pemula.
 

ASUSTOR AS1002T

  • Ringkas
  • Mudah digunakan
  • Hanya bisa terhubung melalui jaringan komputer



(MMI)

Video /