Review VGA

GIGABYTE GTX 1070 XTREME GAMING, Pendingin Baru Bikin Lebih Optimal

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 16 Sep 2016 07:44 WIB
review kartu grafis
GIGABYTE GTX 1070 XTREME GAMING, Pendingin Baru Bikin Lebih Optimal
GIGABYTE GTX 1070 XTREME GAMING

Metrotvnews.com, Jakarta: Bulan Juni lalu, teknologi kartu grafis mengalami perkembangan yang sangat pesat. Bahkan peningkatan performanya bisa dikatakan jeuh melampaui kartu grafis generasi sebelumnya.

Lini NVIDIA misalnya. Sejak merilis kartu grafis GeForce GTX 10 Series, kartu grafis NVIDIA kelas atas seri sebelumnya bak perangkat dari zaman kuno.

Perbedaan performa yang sangat jauh membuat kartu grafis GeForce GTX 10 Series mencuri banyak perhatian, terutama GeForce GTX 1070 yang memiliki performa lebih kencang dari GTX Titan X, kartu grafis terkencang NVIDIA sebelumnya.



Tidak seperti GTX 1080 yang dibanderol dengan harga premium, GTX 1070 masih menjangkau cukup banyak pengguna. Kartu grafis tersebut juga menempati "sweet spot" bagi lini kartu grafis kelas atas karena menawarkan performa dan harga yang sangat baik.

Salah satu kartu grafis GTX 1070 yang ada di pasar saat ini adalah GIGABYTE GTX 1070 XTREME GAMING. Ia merupakan varian tertinggi dari jajaran kartu grafis GTX 1070 dari GIGABYTE yang menawarkan solusi pendinginan lebih baik, serta performa lebih kencang.



XTREME GAMING sebenarnya merupakan varian kartu grafis yang sudah digunakan di generasi sebelumnya. Namun kali ini GTX 1070 XTREME GAMING tampil berbeda. GIGABYTE tampak telah merombak sistem pendinginannya dengan merubah posisi kipasnya menjadi lebih rapat.

Formasi kipas pada sistem pendingin GTX 1070 XTREME GAMING memang unik. Kipas bagian tengahnya terdiri dari dua kipas dengan kipas yang lebih kecil berada di atas. Sedangkan kipas yang ukurannya lebih besar ditempatkan di bagian bawah, lebih rendah dari dua kipas bagian samping. GIGABYTE menyebut sistem pendingin barunya ini dengan nama XTREME COOLING.



Dengan menggunkan formasi kipas khusus tersebut, GTX 1070 XTREME GAMING diklaim mampu tampil lebih dingin. Alasannya, udara yang dialirkan melalui sistem pendingin XTREME COOLING lebih kencang dari sistem pendingin biasa. Tidak hanya itu, GIGABYTE juga mengatakan sistem pendinginnya kali ini mampu mendingkan sebagian besar permukaan heatsink sehingga pendinginan akan lebih optimal.

Sebagai tambahan, GIGABYTE GTX 1070 XTREME GAMING juga hadir dengan RGB LED yang bisa diatur tampilan serta warnanya melalui aplikasi khusus yang telah disediakan. Uniknya, lampu LED tersebut ditempatkan di penampang kipas yang membentuk huruf "X" sehingga dalam gelap kartu grafis ini akan terlihat lebih menarik.



Bagaimana dengan performanya?

GIGABYTE GTX 1070 XTREME GAMING merupakan kartu grafis pre-overclocked. Di mode OC, kartu grafis ini hadir dengan base clock 1695 MHz dan boost clock 1898 MHz. Sedangkan memory clock mencapai 8316 MHz. Angka tersebut cukup tinggi di atas versi standar GTX 1070 yaitu base clock 1607 MHz, boost clock 1733 MHz, dan memory clock 8000Mhz.



Seharusnya, kartu grafis ini memiliki performa yang lebih baik dari versi reference, bahkan mungkin lebih kencang dari kartu grafis GTX 1070 lain di pasar. Sayangnya, ini adalah kartu grafis GTX 1070 pertama yang mendarat di lab hardware kami, sehingga kami tidak bisa memberikan perbandingan yang lebih baik.

Meski demikian, bukan berarti performa GIGABYTE GTX 1070 XTREME GAMING tidak bisa diukur, dan hasil uji kami menunjukkan kartu grafis ini memiliki performa yang sangat memuaskan. Hasil pengujian menggunakan 3DMark Fire Strike menunjukkan kartu grafis ini berhasil memperoleh skor lebih dari 15.000 poin, tepatnya 15.494 poin. Jika dibandingkan, skor tersebut hampir sama dengan skor dua buah kartu grafis Radeon RX 480 yang ada di kisaran 16.000 poin.



Sementara pengujian game menunjukkan semua game yang kami uji berjalan dengan rata-rata framerate di atas 60fps. Hanya Ashes of The Singularity pada mode DirectX 12 yang berjalan dengan rata-rata 54fps.

Kesimpulan

Bagi Anda yang memiliki dana berlebih, GIGABYTE GTX 1070 XTREME GAMING merupakan pilihan yang bisa dipertimbangkan. Selain memiliki performa yang sudah sangat mumpuni untuk bermain game, kartu grafis ini juga memiliki sistem pendinginan yang sangat baik.

GIGABYTE GTX 1070 XTREME GAMING juga telah mendukung teknologi virtual reality. Memorinya juga cukup besar untuk menjalankan game VR atau game dengan resolusi tinggi. Minusnya, kartu grafis ini boros tempat dan memakan tiga slot di panel belakang PC Anda.
 
  GIGABYTE GTX 1070 XTREME GAMING
Chipset Pascal
Memori 8GB GDDR5
Base Clock 1695 MHz (OC Mode)
1670 MHz (Gaming Mode)
Memory Clock 8316 MHz
Interface 256-bit
Harga Kisaran Rp8,1 juta


GIGABYTE GTX 1070 XTREME GAMING
  • Performa kencang
  • Sistem pendingin baru performa bagus
  • Pre-overclocked
  • Mendukung VR
  • Besar, memakan 3 slot panel belakang casing 



(MMI)

Ini Cara Bedakan Galaxy Note 7 Lama dengan Versi Terbaru

Ini Cara Bedakan Galaxy Note 7 Lama dengan Versi Terbaru

2 days Ago

Melalui situs resminya, Samsung memberitahukan pihaknya telah memberikan tanda khusus untuk mem…

BERITA LAINNYA
Video /