Review HDD Eksternal

SanDisk iXpand Base, Sederhana dan Mudah

Lufthi Anggraeni    •    Sabtu, 14 Jul 2018 11:20 WIB
sandisk
SanDisk iXpand Base, Sederhana dan Mudah
SanDisk iXpand Base 128GB

Jakarta: Popularitas perangkat bersistem operasi iOS terus mendorong perusahaan pihak ketiga dalam menawarkan aksesori dan solusi pendukung yang kompatibel dengan perangkat tersebut, termasuk Western Digital.

Melalui produk terbaru SanDisk, yaitu iXpand Base, Western Digital menawarkan kemudahan dan keamanan yang diklaim lebih baik dalam melakukan backup dan mengisi daya perangkat iOS Anda.

Menyoal desain, SanDisk iXpand Base hadir serupa tatakan berbentuk kotak dengan sudut-sudut membulat yang sedikit tebal. Bagian Base ini didominasi oleh warna hitam di bagian atas, dan perak di bagian bawah.



Anda juga akan menemukan bagian atas Base berbalut bahan karet lembut bertekstur, mampu mencegah iPad atau iPhone bergeser saat diletakan di atasnya. Sementara itu di bagian bawah yang didominasi warna perak, Anda dapat menemukan sejumlah slot.

Di sisi bawah Base Anda akan menemukan slot untuk kartu SD dan port kabel microUSB yang harus Anda hubungkan ke stop kontak via kabel dan adapter khusus, saat mengisi daya perangkat iOS.

Di bagian bawah Base, Anda dapat menemukan port USB yang bertugas untuk menghubungkan perangkat iOS dengan Base menggunakan kabel lightning. Secara desain, Base tergolong cukup besar untuk menyangga iPhone, namun sedikit terlalu kecil untuk menyangga iPad.

Ketersediaan sejumlah slot penghubung kabel yang mengharuskan Anda menghubungkan base dan perangkat via kabel mungkin menyebabkan juntaian kabel yang sedikit mengganggu pemandangan. SanDisk menyematkan sejumlah instruksi penempatan kabel untuk menjadikan juntaian kabel tidak terlalu berantakan.



Slot lightning pada bagian bawah Base tidak hanya bertugas untuk mengisi daya perangkat, juga memungkinkan Anda melakukan backup secara bersamaan. Saat kabel lightning terpasang ke perangkat dan koneksi ke Base berhasil, produk ini akan secara otomatis melakukan backup data.

Untuk dapat melakukan backup secara otomatis tersebut, Anda harus mengunduh aplikasi SanDisk iXpand Base dari App Store terlebih dahulu. Sayangnya, Base tidak dapat berfungsi jika tidak terhubung dengan sumber listrik via stop kontak.

Sebelumnya, fitur backup akan memindai unggahan data yang terakhir kali Anda backup sebelum menambahkan foto, video dan kontak yang belum dibackup. Aplikasi iXpand Base juga dapat berfungsi di latar sehingga Anda dapat menggunakan iPhone atau iPad sembari melakukan backup.



Melalui aplikasi iXpand Base, Anda dapat melakukan sinkron foto, video dan kontak ke ponsel menggunakan fitur yang tersedia, namum tidak tersedia opsi untuk melakukan sinkronisasi pada file individual dari iPhone ke Base.

Selain menyimpan, aplikasi ini juga dapat digunakan meninjau, berbagi dan mengelola foto, video dan kontak, meski hanya dapat dilakukan saat iPad atau iPhone terhubung ke Base dan Base terhubung ke sumber daya.

Bertugas sebagai medium penyimpanan data, SanDisk membekali iXpand Base ini dengan ruang penyimpanan berkapasitas 128GB, cukup besar untuk melakukan backup data perangkat iOS Anda.

Selain landasan, SanDisk iXpand Base juga menghadirkan kemudahan dalam melakukan backup, meski tidak dapat dilakukan tanpa sokongan daya listrik. Harga perangkat ini memang sesuai untuk konsumen yang telah terbiasa menggunakan perangkat Apple.




(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.