Review Laptop

Lenovo Ideapad 310-15ABR, Spesialis Multimedia

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Selasa, 14 Mar 2017 18:12 WIB
lenovoreview laptop
Lenovo Ideapad 310-15ABR, Spesialis Multimedia
Lenovo Ideapad 310.

Metrotvnews.com, Jakarta: Sekarang ini, laptop 2-in-1 memang sedang menjamur. Lenovo adalah salah satu manufaktur laptop yang menyediakan laptop tipe hibrida dengan jajaran Yoga. Namun, perusahaan asal Tiongkok ini tidak hanya menyediakan laptop 2-in-1 karena ia sedang naik daun.

Lenovo juga menyediakan laptop tradisional untuk orang-orang yang ingin mendapatkan laptop dengan performa mumpuni dan harga yang tidak terlalu mahal. Untuk itulah, Lenovo meluncurkan Ideapad 310. Laptop ini sendiri muncul dalam berbagai tipe, tergantung pada jeroannya.

Kali ini, kami mendapatkan kesempatan untuk menguji Lenovo Ideapad 310-15ABR. Inilah ulasan lengkapnya.

 

Desain

Portabilitas memang bukan poin yang Lenovo unggulkan dari Ideapad 310 ini. Karena itu, tidak heran jika ia terlihat besar dan tebal. Dengan layar 15,6 inci dan bezel yang cukup tebal, panjang Ideapad 310 mencapai 37,9 cm dengan lebar 26 cm. Ia juga tergolong tebal dengan ketebalan 2,29 cm.

Ukuran Ideapad 310 yang cukup lebar dan tebal memang membuatnya sulit untuk dibawah berpergian. Namun, sebagai gantinya, Anda akan mendapatkan layar Full HD yang lega saat digunakan untuk menonton video. Tidak heran, mengingat Lenovo memang mengusung Ideapad 310 sebagai laptop untuk pecinta multimedia. 

Keseluruhan bodi Ideapad 310 dibalut dengan warna hitam, membuatnya terlihat elegan. Namun, bodinya terbuat dari plastik. Meskipun begitu, ia tetap terlihat tangguh dan kokoh dan tidak murahan. Sayangnya, bagian cover dari laptop ini mudah kotor karena sidik jari. 



Soal konektivitas, Ideapad 310 memiliki port yang cukup lengkap. Ia memiliki port audio, memory card reader, port HDMI, LAN, 2 USB 2.0 dan 1 USB 3.0. Ia bahkan masih memiliki optical drive. Tidak banyak memang orang yang menggunakan CD sekarang ini.

Namun, keberadaan optical drive ini akan memudahkan Anda untuk menonton koleksi film lama atau untuk mengakses file yang tersimpan dalam CD. Sayangnya, dari 3 port USB yang ada, hanya ada satu port USB 3.0.

 

Performa

Selama 2 minggu pemakaian, salah satu hal yang paling berkesan saat menggunakan Ideapad 310 adalah keyboard miliknya yang nyaman untuk digunakan untuk mengetik. Selain empuk, laptop Lenovo yang satu ini memiliki full-keyboard, sehingga memudahkan saya untuk memasukkan input berupa angka. 

Bagi Anda yang sering berkutat dengan angka di Excel, keberadaan numerical keyboard ini akan sangat membantu, meski harga yang harus Anda bayar adalah ukuran laptop yang besar. 



Karena dimensinya yang besar dan bobotnya yang cukup berat, saya lebih sering menggunakan laptop ini layaknya PC. Dengan kata lain, saya lebih sering meninggalkannya di kantor atau di rumah daripada membawanya saat saya pergi liputan.

Berbekal prosesor AMD A12-9700P dan RAM 8GB, Lenovo Ideapad 310 sudah cukup mumpuni untuk melakukan tugas sehari-hari. Selain itu, berkat AMD Radeon R7, Ideapad 310 sudah cukup kuat untuk bermain game, meski game yang bisa dimainkan bukanlah game kelas berat.

Saya mencoba untuk memainkan game DOTA 2 dengan laptop ini. Tanpa mengubah pengaturan game, bermain DOTA 2 dengan Ideapad 310 cukup lancar, meski ia tidak bisa mencapai framerate 30 fps. Rata-rata framerate yang dicapai dengan laptop ini hanyalah sekitar 24-25 fps. 

Inilah hasil benchmark Ideapad 310.







Berbeda dengan smartphone yang ukuran bodi dan besar baterai biasanya berbanding lurus, tidak begitu dengan laptop. Meskipun memiliki bodi besar, baterai 2-cell milik Lenovo Ideapad 310 hanya bisa bertahan selama 3 jam 6 menit. 

Sebagai perbandingan, ASUS K401L, laptop gamer kasual dengan harga Rp7,7 juta, dapat bertahan selama 3 jam 54 menit walau hanya memiliki berat 1,65 kg.



 

Fitur

Mengingat Lenovo memang mengusung Ideapad 310 sebagai laptop multimedia, maka selain layar Full HD, Lenovo juga mempersenjatai laptop ini dengan teknologi Dolby Audio. Salah satu fitur yang tertanam di Ideapad 310 adalah Smart Audio. 



Seperti namanya, fitur ini berfungsi untuk mengatur audio pada laptop. Untuk lebih tepatnya, ia memungkinkan Anda untuk mengendalikan microphone dan speaker pada laptop. Dengan ini, Anda bisa menyesuaikan mic/speaker sesuai keperluan. Misalnya saat Anda hendak melakukan private chat atau melakukan chat bersama-sama dalam sebuah konferensi.
 

Kesimpulan

Ideapad 310 tampaknya ditujukan untuk kalangan pekerja yang jarang berpergian, mengingat mobilitasnya yang rendah. Bodinya yang besar dan berat membuat pengguna sulit untuk membawanya berpergian. Untungnya, performanya cukup memuaskan.

Dengan layar 15,6 inci beresolusi Full HD, Ideapad 310 nyaman untuk digunakan menonton video. Keyboard miliknya pun enak untuk digunakan bekerja. Ia bisa digunakan untuk memainkan game kasual. Performanya tidak jauh berbeda dengan laptop gaming dengan harga yang kurang lebih sama. 
 
  Lenovo Ideapad 310-15ABR
Ukuran Layar  15,6 inci (1920 x 1080)
Prosesor AMD A12-9700P (2.5Ghz Up To 3.4Ghz)
GPU AMD Radeon R7 Graphics
RAM 8GB
Penyimpanan  1TB HDD
Dimensi  37,9 x 26,0 x 2,29 cm
Bobot ~2.2 kg
Baterai 2-cell, 30Whr
Harga Rp7.790.000
 

Lenovo Ideapad 310-15ABR

 

7,7

  • Keyboard yang nyaman untuk dibuat mengetik
  • Performa cukup memuaskan
  • Layar Full HD
  • Bodi besar dan berat
  • Cover yang cepat kotor



(MMI)

Motorola Moto M, Si Kelas Menengah yang Elegan dan Andal
Review Smartphone

Motorola Moto M, Si Kelas Menengah yang Elegan dan Andal

1 week Ago

Motorola Moto M menawarkan performa yang baik dalam hal multitasking, serta dalam desain e…

BERITA LAINNYA
Video /