Review Prosesor

Intel Core i7-8700K, Prosesor Terbaik Untuk Gaming dan Profesional?

Riandanu Madi Utomo    •    Sabtu, 21 Oct 2017 09:21 WIB
intelreview prosesor
Intel Core i7-8700K, Prosesor Terbaik Untuk Gaming dan Profesional?
Intel Core i7-8700K

Metrotvnews.com, Jakarta: Beberapa hari yang lalu saya sempat mengulas prosesor Intel terbaru, namun yang merupakan bagian dari keluarga prosesor HEDT. Kali ini berbeda, saya akan kembali mengulas prosesor kelas mainstream terbaru yang sedang cukup hangat diperbincangkan oleh banyak pihak.

Prosesor tersebut adalah Intel Core i7-8700K. Jika Anda cukup familiar dengan prosesor Intel, Anda pasti akan tahu bahwa prosesor ini merupakan prosesor generasi terbaru dari Intel, tepatnya generasi ke-8 atau lebih sering disebut dengan Coffee Lake. Pertanyaannya, apa perbedaan prosesor ini dengan generasi sebelumnya? Jawabannya banyak!

Dimulai dari konfigurasi core dan thread yang digunakan, Core i7-8700K memiliki core dan thread yang lebih banyak, yaitu 6 core dan 12 thread. Jumlah tersebut 50 persen lebih banyak dari prosesor generasi sebelumnya, yaitu Core i7-7700K yang hanya memiliki 4 core dan 8 thread.



Tidak hanya dari konfigurasi core dan thread, frekuensi setiap core pada Core i7-8700K lebih rendah dari Core i7-7700K. Prosesor ini hanya memiliki base clock 3,7GHz dan boost clock 4,7GHz. Sementara pendahulunya memiliki base clock 4,2GHz dengan boost clock yang lebih rendah di angka 4,5GHz. Base clock yang lebih rendah di Core i7-8700K memang wajar mengingat jumlah core-nya lebih banyak.

Core i7-8700K juga tampil lebih baik karena memiliki cache yang lebih besar, yaitu 12MB. Dibandingkan dengan Core i7-7700K yang hanya memiliki cache 8MB. Cache di prosesor ini memang lebih besar sebab jumlah core-nya juga lebih banyak.

Yang paling menarik adalah TDP dari prosesor ini. Intel Core i7-8700K memiliki TDP 95W. Angka tersebut memang lebih besar dari TDP Core i7-8700K, namun perbedaannya tidak terlalu besar. Sebagai informasi, Core i7-7700K memiliki TDP 91W, hanya 4W lebih kecil dari Core i7-8700K padahal ia memiliki dua core lebih sedikit.

Bagaimana dengan performanya?

Disinilah bagian yang paling menarik. Dari berbagai pengujian yang sudah dilakukan, mulai dari pengujian sintesis hingga pengujian menggunakan game, Core i7-8700K memiliki performa yang lebih unggul, bahkan dari segi performa gaming dan single threading-nya.

Beradasarkan pengujian menggunakan PCMark 8 dan Cinebench R15, prosesor ini menunjukkan performa yang sangat bagus, baik dalam hal single threading maupun multi threading. Skor pengujiannya juga paling tinggi, bahkan lebih tinggi dalam segala aspek daripada Ryzen 5 1600X yang memiliki konfigurasi core dan thread serupa.

Berikut adalah perbandingan performanya:



Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Core i7-8700K juga memiliki performa single threading yang sangat baik. Tidak heran jika prosesor ini otomatis memiliki performa gaming yang juga sangat baik, bahkan lebih bagus dari Core i7-7700K yang sebelumnya dikenal sebagai salah satu prosesor terbaik untuk bermain game. Anda bisa melihat hasil uji performanya di diagram berikut ini:



Kesimpulan

Dari pengamatan terhadap spesifikasi yang ditawarkan, fitur, serta performanya, Core i7-8700K memang sangat menggiurkan. Pasalnya, ia bisa berperan sebagai prosesor yang sangat mumpuni untuk berbagai kegiatan profesional karena jumlah core-nya yang lebih banyak, serta masih sangat kencang untuk bermain game. Biasanya kebutuhan antara keduanya memang harus dikorbankan salah satu.

Meski demikian, harganya dipatok lebih mahal dari dua prosesor lain yang kali ini saya bandingkan. Core i7-8700K dibanderol Rp6,3 juta. Harga tersebut Rp1 juta lebih mahal dari Core i7-7700K dan hampir dua kali lipat dari Ryzen 5 1600X.

Ini membuat Core i7-8700K bagi saya kurang cocok jika Anda sudah memiliki PC dengan prosesor satu atau dua generasi sebelumnya, apalagi Anda membutuhkan motherboard baru untuk menggunakan prosesor ini.

Sementara jika Anda masih menggunakan prosesor berumur lebih dari lima tahun dan ingin melakukan upgrade, Coffee Lake Core i7-8700K merupakan pilihan yang tepat.
 

Intel "Coffee Lake" Core i7-8700K

  • Performa single threading dan multi threading sangat bagus
  • TDP tergolong rendah
  • Performa gaming sangat bagus
  • Harga agak mahal
  • Hanya bisa digunakan di motherboard Intel 300 Series



(MMI)

Video /