Review Smartphone

Nokia 3, Desain Oke, Performa Kurang Memuaskan

Lufthi Anggraeni    •    Minggu, 24 Dec 2017 17:21 WIB
nokiareview gadget
Nokia 3, Desain Oke, Performa Kurang Memuaskan
Nokia 3 usung bodi kokoh serupa lini Lumia.

Jakarta: Belum lama kembali menapaki pasar smartphone dunia, Nokia membutuhkan banyak waktu untuk kembali membuktikan diri dan mencapai posisi juara yang sempat diperolehnya.

Sejumlah perangkat dengan klaim berbekal spesifikasi terbaik dihadirkannya guna memenangkan kembali hati konsumen.

Tidak hanya mencoba peruntungan di segmen atas, Nokia turut merambah segmen bawah yang mendukungnya menjadi produsen smartphone yang mendominasi pasar dunia, termasuk di pasar Indonesia.

Salah satu upaya terbarunya dalam merangkul kembali hati konsumen kelas menengah bawah dihadirkan melalui Nokia 3. Ponsel tersebut diluncurkan bersamaan dengan dua perangkat karya Nokia lainnya yaitu Nokia 6 dan Nokia 5.

Lantas, seperti apa performa dan pengalaman pengguna yang ditawarkan Nokia 3? Lanjut baca artikel ini untuk mengetahuinya.

 

Desain

Desain menjadi salah satu hal yang paling dapat diunggulkan Nokia 3, berkat penggunaan bahan polikarbonat khas ponsel cerdas seri Lumia karya Nokia sebelumnya. Bahan tersebut tidak hanya mampu menjadikan tampilan bodi elegan, tetapi juga dapat menghadirkan kenyamanan saat digenggam.

Kenyamanan tersebut mampu dihadirkan oleh bodi perangkat ini berkat penggunaan sasis matte bertekstur. Bahan tersebut tidak hanya mencegah ponsel terlepas dari genggaman karena tidak licin, tetapi juga tidak mudah kotor akibat noda sidik jari yang menempel.



Tekstur juga terdapat pada sasis di bagian sisi perangkat, yang tampil sedikit mengkilat jika dibandingkan dengan casis belakang. Selain itu, menggunakan panel mengkilat, layar Nokia 3 tersebut juga tidak mudah kotor akibat noda sidik jari.

Serupa perangkat Lumia terdahulu, Nokia 3 hadir dengan bodi bersudut membulat dengan sudut lekukan lebih sempit jika dibandingkan ponsel karya produsen lain di kelas yang sama, dengan usungan garis tegas pada sisi-sisi bodinya.



Sementara itu pada bagian depan bodi perangkat, Anda dapat menemukan kamera depan di sebelah kiri dan merek Nokia di kanan atas, mengapit speaker telepon. Sedangkan di bagian bawah layar, terdapat tiga tombol sentuh kapasitif menu utama.

Sayangnya, tombol sentuh kapasitif menu utama tersebut tidak dibekali dengan lampu backlight, sehingga akan menyulitkan Anda untuk membedakan dengan bagian bodi di sekitarnya, serta saat mengakses tombol di kondisi pencahayaan redup.



Untuk tombol volume dan daya, Anda dapat menemukannya secara berdampingan di sisi kanan bodi, sementara speaker untuk menikmati konten tersemat di sisi bawah bodi. Speaker tersebut bersebelahan dengan port charger dan mikrofon telepon, sementara jack audio 3,5mm tersemat di sisi atas kanan perangkat.

Di bagian belakang, terdapat kamera yang tersusun vertikal dengan lampu flash, dengan konfigurasi kamera di atas dan lampu flash di bawah. Logo Nokia dapat ditemukan di bagian belakang tengah dengan warna yang sama dengan casis, meski lebih mengkilat.

 

Antarmuka & Software

Nokia 3 menggunakan sistem operasi Android 7 Nougat, tanpa sentuhan berarti dari Nokia. Artinya, tidak tersedia fitur lain selain yang dihadirkan Google pada sistem operasi tersebut. Anda akan menemukan seluruh fitur baru yang tersedia di Android 7.

Fitur baru tersebut termasuk mode split-screen dan menu pull-down akses cepat Settings dengan desain baru. Penggunaan Android tanpa sentuhan tambahan tersebut memungkinkan Anda untuk mengusap dari bawah homescreen untuk membuka laci aplikasi.



Melakukan tindakan tersebut mampu menyuguhkan pengalaman lebih mulus jika dibandingkan dengan ponsel bersistem operasi Android lainnya. Selain itu, Nokia 3 juga tergolong tidak banyak dilengkapi dengan aplikasi bawaan atau bloatware.

Saat membuka laci aplikasi, Anda akan disambut dengan kolom pencarian aplikasi, dan baris berisi aplikasi terbaru yang diakses di bawah kolom pencarian. Setelahnya, Anda baru akan menemukan aplikasi bawaan dan yang diunduh bercampur pada bagian yang sama.

Menariknya, serupa ponsel terbaru Nokia, Nokia 3 juga dibekali dengan nada pemberitahuan default khas ponsel feature karya Nokia yang pernah berjaya. Keberadaan nada pemberitahuan tersebut cukup mampu menghadirkan momen nostalgia, terutama bagi Anda yang pernah menjadi pengguna setia ponsel karya perusahaan asal Finlandia tersebut.

 

Kamera dan Video

Mengusung lensa beresolusi 8MP pada kamera belakang, Nokia 3 mampu menghadirkan foto dengan ketajaman yang baik dalam kondisi pencahayaan cukup. Namun, pada kondisi pencahayaan redup, noise bermunculan dan sedikit mengganggu tampilan hasil foto.

Sementara itu, Kamera depan Nokia 3 yang juga mengusung resolusi 8MP juga mampu menghasilkan foto yang sama baiknya di kondisi pencahayaan cukup, dan sedikit terganggu noise pada foto dalam kondisi pencahayaan redup.

Kehadiran lampu flash LED pada ponsel cerdas kelas entry ini akan cukup mampu membantu Anda menghasilkan potret lebih terang saat memotret dalam kondisi pencahayaan redup. Kemampuan lampu LED tersebut akan dapat sedikit menghilangkan kekhawatiran Anda terkait gangguan noise.

Kamera Nokia 3 membutuhkan waktu sedikit lebih lama untuk terkait dengan fokus kamera serta proses hingga hasil foto selesai dan Anda dapat kembali menekan tombol shutter. Sehingga Anda perlu bersabar jika tidak mampu memotret momen yang berlangsung cepat saat menggunakan kamera perangkat.

Tidak dibekali dengan teknologi Optical Image Stabilization (OIS), merekam video dengan menggunakan kamera depan maupun belakang mampu menghasilkan video dengan kondisi cukup stabil. Hasil video tidak banyak memperlihatkan guncangan akibat perekaman sambil berjalan.












Performa dan Baterai

Mengusung desain elegan nan kokoh dan menyenangkan untuk dilihat dan digenggam tidak dibarengi dengan performa yang memuaskan. Dalam beberapa aktivitas yang dilakukan pada proses pengujian, lag beberapa kali hadir dan mengurangi kenyamanan penggunaan.

Hal tersebut patut dimaklumi, sebab Nokia 3 didukung prosesor MediaTek MT6737 dan RAM 2GB, serta ruang penyimpanan internal 16GB. Dukungan tersebut menyebabkan perangkat tidak mampu menjalankan aplikasi berukuran besar, seperti game Asphalt 8: Airborne

Pada game Asphalt 8: Airborne tersebut, ponsel cerdas ini mengalami kesulitan untuk menyelesaikan proses pengunduhan data yang dibutuhkan untuk dapat memulai permainan. Namun pada game Puzzle berukuran kecil, pengalaman bermain yang disuguhan cukup menyenangkan tanpa lag.

Sementara itu, melakukan sejumlah aktivitas seperti aplikasi WhatsApp aktif sembari bermain game tidak menyebabkan bodi ponsel menjadi panas. Memainkan game pada Nokia 3 selama lebih dari 15 menit memang menyebabkan bodi ponsel sedikit hangat, tetapi bukan panas yang berlebihan.



Performa Nokia 3 juga tercatat pada nilai perolehan pengujian menggunakan aplikasi 3DMark dan PCMark. Pada pengujian di aplikasi 3Dmark, Nokia 3 mampu meraih nilai 156 pada uji Sling Shot dan 3682 pada uji Ice Storm Unlimited. Sedangkan pada pengujian di aplikasi PCMark Work 2.0, Nokia memperoleh nilai sebesar 2823.



Untuk urusan baterai, Nokia 3 mampu bertahan selama sekitar 9 jam dalam penggunaan harian normal. Sedangkan saat diuji menggunakan aplikasi benchmark, baterai ponsel cerdas tersebut dapat bertahan selama 6 jam 12 menit.

Kesimpulan
Mengusung desain dengan elegan dan menyenangkan saat digenggam, Nokia 3 bisa jadi perangkat menyenangkan bagi konsumen kelas entry, jika mau sedikit bersabar menghadapi lag yang sering kali mengganggu aktivitas di perangkat.

Kemampuannya untuk menghasilkan video yang cukup stabil saat digunakan merekam sambil berjalan meski tidak berbekal OIS, bisa menjadi daya tarik tersendiri, terutama untuk Anda yang gemar merekam video untuk dibagikan ke media sosial.

Hanya saja untuk melakukan hal tersebut, Anda perlu menyediakan ruang penyimpanan eksternal guna mendukung aktivitas, mengingat ruang penyimpanan internal perangkat tersebut cukup terbatas.

 
  Nokia 3
Prosesor MediaTek MT6737
RAM 2GB
OS Android 7.1. Nougat 
Memori Internal 16GB
Kamera Depan 8MP, Belakang 8MP
Baterai 2.630 mAh
Layar 5 inci 720 x 1280 piksel
Harga Rp1.899.000
 
 
7.5
Nokia 3
Plus
  • Bodi kokoh dan elegan
  • Hasil rekaman video cukup stabil
Minus
  • Performa kurang memuaskan
 


(MMI)

Vivo V11 Pro, Berani Kasih Spesifikasi Sesuai Harga
Review Gadget

Vivo V11 Pro, Berani Kasih Spesifikasi Sesuai Harga

5 hours Ago

Vivo V11 Pro sebagai smartphone segmen menengah memberikan RAM 6GB dan kamera depan 24MP.…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.