Review Aplikasi

ResepKoki, Belajar Masak Pakai Aplikasi

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 11 Apr 2016 16:03 WIB
review aplikasi
ResepKoki, Belajar Masak Pakai Aplikasi
ResepKoki, aplikasi yang memudahkan pengguna dalam mencari resep masakan Indonesia.

Metrotvnews.com, Jakarta: Teknologi menghadirkan kemudahan dalam berbagai aspek dalam kehidupan manusia. Kemudahan yang dihadirkan teknologi muncul dalam bentuk berbagai aplikasi yang menghadirkan layanan sesuai kebutuhan penggunanya.

Selain layanan transportasi yang saat ini tengah mendapatkan sorotan, aplikasi lain yang turut memeriahkan ranah ini adalah aplikasi terkait dengan kegiatan masak memasak, serupa buku resep. Salah satunya adalah ResepKoki, yang menampilkan sejumlah resep masakan khas Indonesia.

Cara menggunakan aplikasi ini tergolong mudah, sebab tidak mengharuskan pengguna mendaftarkan diri atau membuat akun khusus. Selain itu, tampilan yang disuguhkan aplikasi karya SND Studio ini sederhana, rapi dan dengan warna cerah dan menarik.



SND Studio merupakan salah satu perusahaan digital yang memiliki fokus utama pada produk aplikasi mobile. Kehadiran aplikasi ResepKoki disebut sesuai dengan visi perusahaan ini, yaitu untuk membagikan informasi kepada publik dengan cara yang mudah dan sederhana.

Pada halaman awal aplikasi, pengguna disuguhi deretan kategori yang dibedakan menggunakan warna pita gradasi oranye ke coklat. Kategori ini berdasarkan dari daerah asal, bahan serta jenis masakan, seperti Padang, Betawi, Ayam, Bebek, Nasi Tumpeng dan Aneka Soto Nusantara.

Di halaman awal tersebut, pengguna juga dapat menemukan ikon tiga garis di sudut kiri atas dan ikon kaca pembesar sebagai penanda mesin pencarian di sudut kanan atas, mengapit logo ResepKoki. Menekan ikon tiga garis tersebut akan menampilkan menu beranda, favorit, daftar belanja, dan pengaturan.



Resep yang dimiliki aplikasi ini tergolong lengkap, meski beberapa resep seperti garang asem dan rawon masih belum dapat ditemukan pada koleksi resepnya. Menekan salah satu kategori akan menampilkan sejumlah resep, yang berisi bahan yang diperlukan pada tab resep dan instruksi pembuatan.

Pada masing-masing resep, aplikasi ini juga menyemat jumlah porsi untuk jumlah masing-masing resep. Instruksi yang ditampilkan resep sederhana dan ringkas, namun beberapa di antaranya tergolong terlalu sederhana untuk dapat dipahami pengguna yang baru belajar memasak.

Selain itu, aplikasi ini juga menawarkan kemudahan bagi pengguna dalam menyusun bahan yang harus dibeli pada menu Daftar Belanja. Untuk memanfaatkan menu ini, pengguna hanya perlu menekan ikon tanda tambah pada daftar bahan masakan di resep yang diinginkan. Pengguna dapat menambahkan resep yang diinginkan ke dalam menu Favorit sehingga dapat menemukannya dengan mudah saat akan memasaknya kembali.


(MMI)

Gandeng Google, Lenovo Ciptakan Smart Display untuk Rumah Pintar
CES 2018

Gandeng Google, Lenovo Ciptakan Smart Display untuk Rumah Pintar

1 day Ago

Lenovo Smart Display menghadirkan layanan asisten digital Google Assistant dalam bentuk layar s…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.