Review Motherboard

ASRock Fatal1ty X370 Gaming K4, Premium yang Harganya Terjangkau

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 04 Aug 2017 23:22 WIB
asrockreview motherboard
ASRock Fatal1ty X370 Gaming K4, Premium yang Harganya Terjangkau
ASRock Fatal1ty X370 Gaming K4 (foto: istimewa)

Metrotvnews.com, Jakarta: Prosesor Ryzen memang sedang jadi sorotan. Bagaimana tidak, prosesor tersebut tampil secara mengejutkan dengan performa yang bisa bersaing dengan prosesor Intel yang setara namun dibanderol dengan harga yang lebih murah. Kehadiran Ryzen pun mengundang para produsen untuk kembali menghadirkan motherboard kelas atas untuk AMD.

ASRock adalah salah satu di antaranya. Produsen motherboard asal Taiwan tersebut memiliki satu produk bernama Fatal1ty X370 Gaming K4. Sesuai dengan namanya, ia merupakan motherboard gaming yang dirancang agar bisa menyokong hingga prosesor Ryzen 7 1800X yang menggunakan socket AM4. Mirip dengan Fatal1ty AB350 Gaming K4 yang kami gunakan pada saat menguji Ryzen 5, motherboard ini juga masih dilapisi nuansa hitam-merah yang khas.



Sebagai salah satu motherboard kelas atas untuk Ryzen yang menggunakan chipset X370, Fatal1ty X370 Gaming K4 tampil dengan fitur yang bisa dikatakan sangat lengkap. Selain slot PCIe dan RAM-nya sudah dilapisi pelindung khusus, motherboard ini juga sudah tampil dengan dua buah slot M.2 untuk penyimpanan super cepat. Bagi Anda yang masih menggunakan SATA, Fatal1ty X370 Gaming K4 juga memiliki 6 port SATA3 6Gbps.

Fatal1ty X370 Gaming K4 merupakan motherboard dengan 12 Power Phase design, sehingga memungkinkan overclocking yang lebih stabil. Untuk dayanya, motherboard ini memanfaatkan dua konektor power 24 pin dan 8 pin yang sama seperti kebanyakan motherboard X370 lainnya. 



Secara tampilan Fatal1ty X370 Gaming K4 memang terbilang kurang mencolok jika dibandingkan dengan motherboard X370 dari merek lain. Ia hanya memiliki satu area yang dilengkapi dengan RGB LED. Untungnya, ASRock menyediakan dua LED header yang memungkinkan Anda untuk memasang LED tambahan. Bahkan melalui sebuah software khusus, Anda bisa mengontrol warna dan mode tampilan LED-nya.

ASRock juga menanamkan banyak sekali port USB di panel belakang motherboard ini. Terlihat total ada 8 port dan salah satunya merupakan USB Type-C. Sementara untuk output visual hanya disediakan melalui HDMI. Namun hal tersebut wajar karena kemungkinan besar orang yang membeli motherboard ini bakal menggunakan prosesor Ryzen yang tidak memiliki GPU terintegrasi.



Menariknya lagi, ASRock juga menyediakan socket khusus agar Anda bisa menanamkan modul WiFi ke dalam motherboard ini. Bahkan di panel belakangnya Anda bisa melihat lubang yang khusus disediakan untuk memasang antena WiFi.

Bagaimana dengan performanya?

Dipadukan dengan prosesor Ryzen 7 1800X dan kartu grafis MSI GeForce GTX 1080 GAMING 8G, Fatal1ty X370 Gaming K4 mampu menghadirkan performa sesuai dengan harapan kami. Ya, motherboard tersebut berhasil tampil dengan performa yang tinggi. Meski demikian, ia masih belum bisa mengalahkan salah satu pesaingnya, yaitu ASUS Crosshair VI Hero yang masih memegang rekor performa di daftar pengujian motherboard AM4 kami.

Fatal1ty X370 Gaming K4 mampu menghasilkan skor 5350 poin pada PCMark 8. Sementara menggunakan Cinebench R15, ia bisa menghasilkan skor 1579 poin untuk multithreading, dan 144 poin untuk singlethreading. Performa tersebut sudah sangat mumpuni untuk menjalankan berbagai aplikasi, termasuk game terkini.



Tentu saja performa gaming juga akan bergantung pada kartu grafis yang digunakan. Sejauh ini, tiga game pengujian yang kami gunakan yaitu Ashes of The Singularity, Ghost Recon Wildlands, dan The Witcher 3 semuanya berjalan dengan rata-rata framerate di atas 60 fps.

Kesimpulan

Sama seperti saudaranya yang lain, Fatal1ty X370 Gaming K4 masih memiliki "DNA" yang sama. ASRock masih menggunakan strategi yang menawarkan fitur lebih banyak dengan performa lebih rendah dari pesaingnya. Meski demikian, motherboard ini sangat unggul di banderol harganya yang termasuk terjangkau untuk kelas premium, yaitu Rp1,635 juta. Tentunya hal tersebut menjadi pertimbangan yang sangat menarik bagi gamer.
 

ASRock Fatal1ty X370 Gaming K4

  • Fitur lengkap
  • Bisa pasang modul WiFi
  • Harga terjangkau
  • Tampilan tidak mencolok
  • Performa sedikit lebih rendah dari pesaing



(MMI)

Lenovo K6 Power, Saat Baterai adalah Segalanya
Review Smartphone

Lenovo K6 Power, Saat Baterai adalah Segalanya

3 days Ago

Melihat sepak terjang Lenovo selama ini, mereka tampaknya sadar betul bahwa konsumen Indonesia …

BERITA LAINNYA
Video /