Review Motherboard

ASRock Fatal1ty Z270 Gaming K6, Varian Paling Kencang dari Saudaranya

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 13 Jul 2017 08:17 WIB
review motherboard
ASRock Fatal1ty Z270 Gaming K6, Varian Paling Kencang dari Saudaranya
ASRock Fatal1ty Z270 Gaming K6

Metrotvnews.com, Jakarta: Dibandingkan dengan produsen besar lainnya, ASRock merupakan merek yang posisinya cukup unik di pasar. Produsen motherboard asal Taiwan ini selalu membanderol harga motherboard-nya di bawah para pesaingnya. Tidak hanya itu, mereka juga bisa menghadirkan fitur yang lebih lengkap. Namun, setelah beberapa kali mengulas motherboard ASRock, kami memang menemukan bahwa beberapa motherboard-nya memiliki performa yang lebih rendah.

Kali ini kami akan mengulas salah satu motherboard kelas atas ASRock yaitu Fatal1ty Z270 Gaming K6. Apakah motherboard ini akan sama dengan saudaranya?

Fatal1ty Z270 Gaming K6 hadir dengan nuansa hitam-merah, sama seperti seri pendahulunya yang juga pernah kami ulas. Meski demikian, motherboard ini tidak terlalu terlihat "nyentrik". Desainnya bisa dibilang cukup simpel dengan hua blok heatsink pada bagian VRM dan chipset, serta pelindung khusus di bagian panel belakangnya.



Motherboard gaming ini dilengkapi dengan fitur yang sangat lengkap. Pertama, Fatal1ty Z270 Gaming K6 sudah dilengkapi dengan tiga slot PCIe x16 yang memungkinkan Anda untuk menggunakan kartu grafis ganda. Dukungan terhadap NVIDIA Quad SLI dan AMD 3-Way CrossFire X juga telah ditanamkan di motherboard ini. Sementara setiap slot PCIe x16-nya telah dilapisi oleh pelindung khusus agar dapat menopang kartu grafis berukuran besar dan berat.

Sayangnya, lapisan pelindung khusus tersebut tidak dihadirkan di 4 slot RAM yang tersedia di motherboard ini. Meski demikian, Fatal1ty Z270 Gaming K6 sudah mendukung penggunaan RAM dengan frekuensi hingga 3800MHz dan bisa dinaikkan lagi melalui overclocking. Sama seperti memori, Anda juga bisa melakukan overclocking pada CPU menggunakan motherboard ini karena ia sudah menggunakan chipset Z270. Overclocking juga bisa dilakukan dengan mudah melalui UEFI BIOS.



Untuk penyimpanan, Fatal1ty Z270 Gaming K6 mengandalkan 8 port SATA 3 serta 2 slot Ultra M.2. Uniknya, salah satu slot M.2 ditempatkan dengan posisi agak berbeda dari motherboard pada umumnya, yaitu tepat di bawah chipset. Meski berbeda, posisi tersebut masih relatif aman.

Fatal1ty Z270 Gaming K6 juga memiliki opsi input dan output yang lengkap. Di panel belakangnya, kami dapat menemukan tiga opsi display output yaitu D-Sub, DVI, dan HDMI. Terdapat juga 6 port USB yang salah satunya merupakan USB Type-C, namun kami lebih suka motherboard ini hanya memiliki satu port Ethernetsaja dan menghadirkan lebih banyak port USB.

Bagaimana dengan performanya?

Dari berbagai pengujian yang kami lakukan, Fatal1ty Z270 Gaming K6 ternyata memiliki performa yang tergolong kencang. Hal tersebut memang sudah diperkirakan sebelumnya karena motherboard ini memang merupakan motherboard gaming kelas premium.



Fatal1ty Z270 Gaming K6 berhasil meraih skor 5960 poin saat diuji menggunakan PCMark 8. Sementara menggunakan Cinebench R15, motherboard ini berhasil memperoleh skor 190 poin untuk singlethreading dan 975 poin untuk multithreading. Tidak heran motherboard ini juga mampu melibas berbagai game berat dengan sangat baik tanpa masalah ketika dipasangkan dengan komponen uji kami.

Kesimpulan

ASRock Fatal1ty Z270 Gaming K6 memang motherboard dengan performa kencang dan dilengkapi dengan fitur yang cukup lengkap. Secara tampilan, ia memang tidak tampil berlebihan, namun kami masih suka dengan desainnya. Sayangnya, performa motherboard ini masih berada di bawah para pesaingnya meski rentangnya tidak tinggi. Untungnya, harga yang dibanderol untuk motherboard ini tidak terlalu tinggi, yaitu Rp3,1 juta saja.
 

ASRock Fatal1ty Z270 Gaming K6

  • Performa paling kencang dari saudaranya
  • Fitur overclocking mumpuni
  • Harga cukup terjangkau
  • Performa masih kalah dibandingkan pesaing lain
  • Tampilan tergolong sederhana untuk sebuah motherboard gaming premium



(MMI)