Review Peripheral

Corsair Scimitar, Mouse MMO dan MOBA yang Nyaris Sempurna

Riandanu Madi Utomo    •    Minggu, 12 Jun 2016 17:18 WIB
review peripheral
Corsair Scimitar, Mouse MMO dan MOBA yang Nyaris Sempurna
Corsair Scimitar

Metrotvnews.com, Jakarta: Semakin populernya genre game MOBA dan MMO telah membuat para produsen perangkat gaming berlomba-lomba untuk menciptakan perangkat khusus untuk memainkan kedua genre tersebut. Corsair merupakan salah satu di antaranya. Produk gaming khusus MOBA dan MMO kali ini adalah Corsair Scimitar, yaitu mouse dengan 12 tombol tambahan di bagian sisinya.

Ide menambahkan 12 tombol tambahan di bagian sisi mouse memang telah ada sejak lama, yaitu sejak mouse gaming MMO pertama kali dirilis oleh Razer. Meski demikian, Scimitar memiliki beberapa perbedaan yang membuatnya lebih unggul dari para pesaingnya di luar sana.



Scimitar memiliki build quality yang sangat bagus. Bodinya kokoh dan ergonomis membuatnya nyaman untuk digunakan dalam jangka waktu panjang. Hal tersebut sangat penting mengingat gamer MMO bisa menghabiskan waktu hingga belasan jam ketika bermain game. 

Tingkat ergonomis mouse gaming ini juga semakin tinggi berkat kontur 12 tombol di bagian sisi yang telah disesuaikan dengan genggaman. Selain itu, susunan tombolnya memiliki pola tekstur tersendiri sehingga penggunanya bisa langsung mengetahui tombol apa yang akan ia tekan. Selain itu, set tombol di bagian sisinya juga bisa digeser dan bisa disesuaikan dengan panjang jari jempol penggunanya.



Ketangguhan mouse ini juga dapat terlihat dari penggunaan konektor USB yang dilindungi oleh lapisan karet khusus yang sangat kokoh. Lapisan karet pada konektor USB mouse gaming ini membuat konektornya tidak mudah rusak.

Jika Anda adalah penggemar perangkat gaming dengan lampu LED, Corsair Scimitar juga merupakan pilihan yang tepat. Mouse gaming ini hadir dengan lampu LED RGB yang ditampilkan di tiga bagian pada bodinya. Uniknya, selain warna dan mode tampilannya bisa dirubah, penggunanya juga bisa menyesuaikan warna lampu LED yang berbeda di setiap bagian pada bodi mouse ini.



Beralih ke sistem, perlu diakui bahwa Scimitar memiliki sistem pengaturan mouse yang sangat detail. Penggunanya bahkan dapat mengatur set makro untuk setiap tombol, bahkan memiliki fungsi yang tidak pernah ditemukan di mouse gaming MMO lain, seperti Set Text, dan Set Timer.

Pengguna juga bisa mnegatir performa dari mouse ini secara langsung melalui tombol yang telah disediakan. Cukup dengan mengatur set DPI yang ingin digunakan dan atur tombol untuk mengganti set DPI tersebut. Tingkat sensitivitas mouse ini pun tergolong tinggi untuk sebuah mouse MMO dan MOBA, yaitu hingga 12.000 DPI.



Satu hal yang sangat disayangkan pada mouse gaming ini adalah tidak adanya opsi untuk menahan (hold) tombol keyboard pada sistem makro. Hal ini cukup merepotkan saya ketika memainkan beberapa game MMO yang memerlukan fungsi hold untuk mengeluarkan skill. Jika saja fungsi ini dihadirkan, Scimitar bisa menjadi mouse MMO dan MOBA terbaik di pasar.

Kesimpulan

Corsair Scimitar merupakan mouse gaming dengan build quality yang sangat baik dan tergolong sebagai mouse yang ergonomis. Ia juga memiliki segudang pengaturan yang memungkinkan penggunanya untuk mengatur setiap skenario penggunaan di dalam game. Mouse ini akan sempurna bila hadir dengan opsi untuk menahan (hold) tombol keyboard pada sistem makro.
 

Corsair Scimitar

 

9,3

  • Kokoh
  • Ergonomis
  • Fitur pengaturan berlimpah
  • Tidak ada opsi untuk menahan (hold) tombol keyboard pada makro



(MMI)

In-Ear Headset H2310, Earphone Terjangkau Lain dari HP
Review Earphone

In-Ear Headset H2310, Earphone Terjangkau Lain dari HP

6 days Ago

In-Ear Headset H2310 merupakan earphone dengan harga terjangkau lain dari HP yang memberikan ku…

BERITA LAINNYA
Video /