Review Scanner

Epson WorkForce DS-360W, Scanner Portabel Mumpuni

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 31 Jan 2019 19:24 WIB
hardwarereview peripheralepson
Epson WorkForce DS-360W, Scanner Portabel Mumpuni
?Epson WorkForce DS-360W.

Jakarta: Epson konsisten dengan mengembangkan divisi bisnis produk cetak mencetak sekaligus pemindai. Kali ini Medcom.id menjajal salah satu produk unggulannya dari jenis pemindai atau scanner dokumen.

Medcom.id menjajal Epson WorkForce DS-360W. Melihat ukurannya yang mungil, scanner ini memang digolongkan sebagai scanner portabel. Menggunakan kartu nama sebagai perbandingan, terlihat betapa compact desain produk ini.

Bobot Epson WorkForce DS-360W sendiri hanya 1,3kg, sehingga masih sangat ringan saat dibawa dengan satu tangan. Di balik desainnya yang sangat ringkas Medcom.id menemukan fitur fungsional yang mendukung sifatnya yang portabel.



Saat digunakan, bagian atasnya akan berfungsi sebagai tray untuk memasukkan dokumen yang akan dipindai. Epson WorkForce DS-360W mendukung beragam ukuran dokumen yang tergolong lengkap dari letter, legal, A4-A6 dan ukuran B5.

Selain itu Epson WorkForce DS-360W juga bisa digunakan untuk memindai kartu nama dengan jenis kertas biasa atau yang dilapisi plastik dengan mengubah opsi jenis dokumen lewat tombol di atas pemindai.

Epson menyebut tray pemindai mendukung dokumen sebanyak 20 lembar dengan ketebalan kertas 51,8-128 gram. Pemindai Epson WorkForce DS-360W juga mendukung scan hitam putih, warna, gray scale, dan tersedia opsi scan satu sisi atau dua sisi sekaligus.



Epson WorkForce DS-360W menggunakan sensor jenis CIS dengan sumber cahaya LED RGB. Resolusi opticalnya sebesar 600x600 dpi dengan output 50-1200 dpi. Hasil pindaian bisa disimpan dalam beragam jenis file dokumen, mulai dari JPEG, PNG, BMP, hingga PDF.

Dari pengalaman, hasilnya cukup tajam dengan proses yang pindai yang cepat. Menariknya lagi Medcom menemukan bahwa selain portabel, Epson WorkForce DS-360W juga memiliki baterai lithium-ion dan juga koneksi nirkabel selain menggunakan kabel USB.

Ya, berkat penggunaan baterai lithium-ion Epson WorkForce DS-360W tidak hanya portabel dari sisi desain tapi juga fungsinya jadi bisa dibawa dan digunakan tanpa mencari sumber listrik.



Koneksi nirkabel menggunakan WiFi juga jadi nilai tambah. Artinya Epson WorkForce DS-360W juga bisa terhubung ke perangkat lain bahkan smartphone, tanpa menggunakan kabel USB atau sejenisnya. 

Kesimpulan
Epson WorkForce DS-360W berhasil menyajikan sebuah alat pemindai mumpuni yang mendukung kebutuhan pengguna dengan mobilitas tinggi. Perpaduan desain kompak dengan fitur nirkabel dan baterai membuat produk ini benar-benar portabel.

Melihat harga-harga yang ditawarkan di internet Epson WorkForce DS-360W dibanderol di harga kisaran Rp4 juta. Tentu saja harga ini agak tinggi karena dengan harga tersebut konsumen bisa mendapatkan printer kompak yang dibarengan fitur scanner.

Namun harga yang agak tinggi ini memang sepadan dengan desain kompak portabel serta koneksi nirkabel yang ditawarkan.
 
 
Epson WorkForce DS-360W
Plus
  • Bobot ringan, desain compact
  • Mendukung beragam ukuran kertas, proses scanning cepat
  • Menggunakan baterai lithium-ion dan koneksi WiFi
Minus
  • Harga



(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.