Review Monitor

ASUS MX27AQ, Monitor Elegan dan Serbaguna

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 19 Oct 2016 07:09 WIB
review peripheral
ASUS MX27AQ, Monitor Elegan dan Serbaguna
ASUS MX27AQ

Metrotvnews.com, Jakarta: PC merupakan perangkat yang serbaguna. Ia bisa digunakan untuk bermain game, menonton film, bekerja, hingga hanya sekadar menemani Anda berselancar di internet. PC juga memiliki sifat yang fleksibel dan bisa dikonfigurasikan secara khusus untuk memenuhi satu kebutuhan saja, contohnya adalah PC khusus untuk bermain game. Namun, bagaimana jika Anda ingin sebuah PC yang nyaman untuk digunakan di berbagai skenario?

ASUS mememiliki jajaran perangkat PC yang memang dirancang untuk berbagai skenario penggunaan, salah satunya adalah monitor ASUS MX27AQ. ASUS memang merancang MX27AQ sebagai monitor serbaguna. Selain memiliki bodi yang elegan dan sedap dipandang, monitor ini juga bisa mengakomodasi berbagai kebutuhan penggunaan PC, mulai dari menonton film, bekerja, bahkan hingga bermain game.



ASUS MX27AQ hadir dengan bodi berwarna silver dan desain yang terlihat mewah. Ia memiliki desain borderless dengan bezel yang sangat tipis, yaitu hanya 0,1mm. Meski disangga oleh satu kaki, MX27AQ bisa tampil secara kokoh. Hal tersebut dikarenakan penyangganya juga dibuat dari bahan metal sehingga bodi layar tidak mudah goyang. Bodi MX27AQ juga sangat tipis, sehingga tidak memakan banyak tempat ketika dipasang.

Untuk kualitas gambar, ASUS MX27AQ terbilang sangat baik. Monitor berukuran 27 inci ini memiliki kontras warna yang sangat tajam. Hal tersebut membuat detail warna dapat dihadirkan secara lebih baik. Didukung oleh panel AH-IPS dan backlight bertipe LED, MX27AQ tidak hanya memiliki sudut pandang yang lebar (178 derajat). Ia juga memiliki reproduksi warna sRGB yang sangat akurat, yaitu hingga 100 persen.



Monitor ini juga telah menggunakan resolusi 2K atau 1440p. Bagi kami, resolusi tersebut sangat pas untuk penggunaan sehari-hari, yaitu tidak terlalu kecil seperti 1080p, namun tidak terlalu besar seperti 4K. Kegiatan desain grafis juga sangat nyaman dilakukan ketika menggunakan ASUS MX27AQ, karena resolusi tinggi dan warnanya yang akurat.

ASUS MX27AQ juga dilengkapi dengan banyak fitur. Jika Anda mengakses menu yang ada di dalam monitor ini, Anda bisa menemukan berbagai preset mode tampilan, yaitu scenery mode, movie mode, gaming mode, dan user mode yang mengijinkan Anda melakukan kustomisasi lebih lanjut.



Bagi Anda yang suka melakukan multitasking, ASUS juga menyediakan aplikasi MultiFrame Management yang memungkinkan Anda untuk membagi tampilan menjadi empat bagian. Sementara bagi Anda yang gemar bermain game, MX27AQ juga hadir dengan fitur GamePlus seperti halnya yang ada di monitor gaming ASUS. Meski demikian, bukan berarti MX27AQ setara dengan monitor gaming karena ia tidak dirancang khusus untuk menemani Anda bermain game, apalagi jika Anda adalah gamer profesional.

Terakhir, MX27AQ dibekali dengan sistem audio yang sangat baik. Monitor ini dilengkapi dengan serangkaian speaker khusus bahkan dilengkapi dengan amplifier. Speaker pada monitor ASUS MX27AQ merupakan hasil pengembangan bersama Bang & Olufsen Technology, dan terbukti mampu menghadirkan suara yang sangat baik.



Kesimpulan

ASUS MX27AQ bisa dikatakan merupakan monitor serbaguna yang hampir sempurna. Baik dari segi desain, penggunaan, fitur, hingga kualitas gambarnya, monitor ini berhasil tampil lebih unggul dari berbagai monitor di pasar, terutama yang telah kami uji sebelumnya. Satu hal yang menjadi kekurangan di monitor ini adalah struktur kakinya yang tidak memungkinkan bodi monitor ini untuk diatur ketinggiannya.
 

ASUS MX27AQ

  • Kualitas gambar bagus
  • Fitur banyak
  • Bodi elegan dan kokoh
  • Dilengkapi speaker berkualitas
  • Bodi layar tidak bisa diatur ketinggiannya



(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.