Review Peripheral

D-Link DCS-5222L, Fitur Lengkap untuk Kamera Pintar

Mohammad Mamduh    •    Kamis, 20 Jul 2017 16:53 WIB
d-linkreview peripheral
D-Link DCS-5222L, Fitur Lengkap untuk Kamera Pintar
D-Link DCS-5222L

Metrotvnews.com, Jakarta: Perangkat berikutnya yang hadir di meja pengujian Metrotvnews.com adalah D-Link DCS-5222L. Ini adalah kamera cloud yang juga mengusung konsep pintar. Anda mungkin merasa belum begitu memerlukan produk semacam ini.

Pada umumnya, konsumen lebih memilih memakai kamera pengawas  Di sisi lain, penerapan yang tepat memungkinkan Anda memberikan rasa aman kepada keluarga, terutama jika Anda sering berpergian. Seperti apa aspek keamanan yang ditawarkan? Berikut ulasannya.

Seperti yang sudah dijelaskan, D-Link DCS-5222L merupakan kamera cloud yang sejatinya masuk ke dalam kategori pintar. Bentuknya memang terlihat agak besar, dengan pusat kamera yang dapat berputar 360 derajat. Sudut pandang ini memungkinkan kamera dipasang dalam berbagai posisi. Namun, lensa yang terpasang tidak mengusung sudut yang sama, sehingga ketika Anda memasangnya dalam posisi terbalik, apa yang dilihat juga akan terlihat terbalik. Meskpiun demikian. D-Link DCS-5222L mepunyai daya jangkau penglihatan yang cukup baik.

Masih membicarakan desain, kamera cloud ini menyediakan satu antena kecil untuk pengoperasian secara nirkabel. Ya, D-Link DCS-5222L bisa memanfaatkan jaringan WiFi rumah ketika beroperasi atau pada pengaturan awal. Untuk antarmuka fisiknya, kamera cloud ini menyediakan satu port ethernet, konektor audio, dan adapter. Kamera ini juga menyediakan slot Micro SD untuk perekaman.





Sebagai perangkat pintar, D-Link DCS-5222L menyediakan akses pengaturan yang mudah dan cepat untuk penggunanya. Pengaturan awal bisa dilakukan via aplikasi yang tersedia untuk iOS dan Android. Tidak perlu mengakses peramban, Anda bisa saja menghubungkannya langsung via WiFi dengan menekan tombol WPS. Kamera ini siap beroperasi ketika indikator menyala hijau stabil. Jika masih sulit terhubung, Anda cukup memindai QR Code melalui aplikasinya.

Secara fitur,  D-Link DCS-5222L menyematkan berbagai fungsi layaknya kamera pengawas. Anda bisa melihat operasionalnya langsung via aplikasi, begitu juga dengan pengaturan lengkapnya. Misalnya, mengaktifkan mode malam, mengatur sudut pandang, menentukan kualitas video, sampai merekam momen yang dianggap penting. Kamera cloud ini mampu merekam video pada resolusi 240p sampai 480p, termasuk suaranya.


 
Salah satu fitur istimewa D-Link DCS-5222L adalah sensor gerakan. Anda bisa mengaktur tingkat sensitivitasnya, sehingga ketika kamera mendeteksi pergerakan dari objek apapun, pengguna langsung mendapatkan notifikasi via smartphone. Anda juga bisa mengatur wilayah yang perlu diawasi dengan sensor gerakan.

D-Link DCS-5222L idealnya dipasang dalam ruangan yang memerlukan pengawasan, seperti ruang keluarga, ketika Anda meninggalkan anak untuk memasak di dapur atau keluar rumah. Saya juga mencobanya sebagai CCTV, dan memasangnya di atas pintu depan rumah. Secara keseluruhan, kamera ini memang bisa menjalankan beberapa peran pengawas yang fiturnya cukup lengkap.



Walaupun disebut kamera cloud, D-Link DCS-5222L tidak bisa menyimpan perekaman ke dalam layanan cloud. Penyimpanan hanya bisa dilakukan via Micro SD, dan terdapat batasan durasi untuk video yang tersimpan. Mengapa? Supaya lebih mudah diakses pengguna ketika berada di dalam jaringan yang terpisah. 
Harganya sekitar Rp2,2 juta mungkin terdengar mahal, tetapi D-Link DCS-5222L merupakan kamera pintar yang bisa memberikan rasa aman kepada keluarga.


(MMI)

Samsung Galaxy C9 Pro, Si Bongsor Bodi Mulus
Review Smartphone

Samsung Galaxy C9 Pro, Si Bongsor Bodi Mulus

1 week Ago

Samsung Galaxy C9 Pro hadir dengan layar besar berukuran 6 inci, dengan dukungan RAM dan memori…

BERITA LAINNYA
Video /