Review VGA

PowerColor Red Dragon Radeon RX 560, Ramah untuk Gamer Berkantong Ketat

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 14 Aug 2017 23:33 WIB
review kartu grafis
PowerColor Red Dragon Radeon RX 560, Ramah untuk Gamer Berkantong Ketat
PowerColor Red Dragon Radeon RX 560

Metrotvnews.com, Jakarta: Gaming memang soal selera. Ada gamer yang sangta puas ketika memainkan game AAA terkini dengan kualitas grafis paling tinggi. Ada pula gamer yang sudah puas dengan hanya memainkan game-game esport yang biasanya memiliki beban grafis yang ringan. Bagi mereka yang gemar bermain game esport, tentu akan percuma jika menggunakan hardware kelas atas karena potensinya tidak akan digunakan secara maksimal.

Itulah mengapa produsen kartu grafis memiliki jajaran produk yang dikhususkan untuk pasar esport. PowerColor Red Dragon Radeon RX 560 adalah salah satunya. Ia merupakan salah satu kartu grafis kelas pemula dengan bentuk minimalis dan performa yang cukup untuk menjalankan game esport dengan lancar.



Sebagaimana yang telah saya kemukakan, Red Dragon Radeon RX 560 memang memiliki bentuk yang mungil dan minimalis. Kartu grafis ini hanya memiliki satu kipas. Ia juga tidak memiliki fitur yang mewah seperti RGB LED atau fitur gaming lainnya. Meski demikian, Red Dragon Radeon RX 560 masih mendukung beragam teknologi grafis modern dari AMD seperti FreeSync dan dukungan terhadap API grafis Vulkan.

Untuk display output, Red Dragon Radeon RX 560 mengandalkan port HDMI, DVI, dan DisplayPort. Ya, meski merupakan kartu grafis kelas pemula, ia sudah dilengkapi dengan opsi display output modern. Ini berarti Anda juga harus mempertimbangkan monitor yang akan digunakan. Monitor "ekonomis" yang masih menggunakan D-Sub (VGA) tidak akan optimal jika dipasangkan dengan kartu grafis ini.



Di sisi lain, Red Dragon Radeon RX 560 merupakan kartu grafis yang tergolong hemat daya. Ia hanya tampil dengan satu konektor power 6-pin dan Anda masih bisa menggunakan power supply 400W untuk sistem yang menggunakan kartu grafis ini. Sementara itu, Red Dragon Radeon RX 560 sudah dilengkapi dengan memori GDDR5 sebesar 4GB, lebih dari cukup untuk sekadar bermain game sekelas DOTA 2 atau bahkan Overwatch.



Tidak percaya? Hasil pengujian yang saya lakukan bahkan menunjukkan bila Red Dragon Radeon RX 560 juga mampu memainkan game AAA. Dari tiga game yang kami uji di pengaturan grafis "ultra" di resolusi 1080p, semuanya bisa dijalankan oleh kartu grafis ini. Memang, ia hanya bisa menghasilkan framerate "minimalis", yaitu rata-rata berada di kisaran 20fps.



Namun, jika pengaturan grafisnya diturunkan ke level medium, Ia bisa menghasilkan framerate hingga 40fps di game AAA seperti Ghost Recon: Wildlands. Sementara itu, pengujian menggunakan 3DMark Fire Strike hanya menghasilkan 5631 poin di platform AMD dan 5708 di platform Intel. Skornya memang tidak lebih dari 6000 poin yang berarti Anda harus menyerah jika ingin menikmati grafis game AAA secara maksimal.

Kesimpulan

Sebagai kartu grafis kelas pemula, PowerColor Red Dragon Radeon RX 560 memang bekerja sesuai dengan kemampuan yang ditujukan untuk pasarnya. Ia memang sangat lancar ketika diajak bermain game esport. Hal tersebut bukan berarti kartu grafis ini tidak bisa digunakan untuk bermain game AAA.



Dengan banderol harga di bawah Rp2 juta (tepatnya Rp19 juta), Red Dragon Radeon RX 560 seharusnya cukup menggiurkan bagi gamer dengan dana ketat. Pasalnya, mereka masih bisa menikmati beragam game terkini dengan cukup lancar meski tidak pada kualitas grafis tertinggi. Yang jelas, kartu grafis ini sempurna bila Anda hanya gemar bermain game esport saja.
 

PowerColor Red Dragon Radeon RX 560

  • Murah
  • Masih layak untuk mainkan game AAA di setting grafis rendah
  • Konsumsi daya rendah
  • Tampilan standar



(MMI)

Video /