Review NAS

QNAP TS-251A, NAS Lengkap untuk Pengguna Profesional

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 10 Nov 2017 06:23 WIB
review peripheral
QNAP TS-251A, NAS Lengkap untuk Pengguna Profesional
QNAP TS-251A

Metrotvnews.com, Jakarta: Kami sudah membahas NAS untuk pengguna rumahan dari ASUSTOR, dan kali ini giliran produk pesaingnya, yaitu QNAP yang diulas kali ini.

NAS yang akan dikupas kali ini adalah QNAP TS-251A. Sama seperti ASUSTOR AS6302T, ia merupakan NAS yang ditujukan untuk pengguna rumahan dan pribadi. Meski demikian, NAS ini juga bisa dimanfaatkan oleh kalangan profesional seperti fotografer dan videografer.

Secara fungsi, QNAP TS-251A memang tidak berbeda jauh dengan pesaingnya tersebut. Ia memiliki dua bay yang bisa dilepas langsung dari bagian depannya serta masih memiliki dimensi yang kurang lebih sama seperti pesaingnya. Dilihat dari fisiknya, kami langsung tahu kalau TS-251A memiliki fitur yang lebih banyak.

Beberapa perbedaan yang bisa kami temukan di antaranya adalah keberadaan port USB khusus bernama USB QuickAccess. Port tersebut memungkinkan Anda untuk mengakses file yang ada di dalam NAS ini secara langsung melalui PC atau laptop. Port ini juga menggunakan teknologi USB 3.0 sehingga kecepatan transfer datanya sudah sangat baik.



Selain itu, di bagian depan bodi NAS ini juga terdapat sebuah pembaca SD card. Ini jarang sekali ditemukan di NAS lain dan tentunya akan sangat bermanfaat untuk para profesional, terutama fotografer dan videografer. Pembaca SD card di TS-251A juga bisa menyalin seluruh data di dalam SD card secara langsung.

QNAP TS-251A sepertinya juga sudah dirancang sebagai pusat hiburan rumah sejak awal. Selain dilengkapi dengan HDMI untuk bisa dihubungkan ke televisi secara langsung, NAS ini juga bisa sudah dilengkapi dengan port audio dan mikrofon 3.5mm. Dengan demikian, Anda juga bisa memasang headphone atau speaker langsung ke NAS ini.

Untuk kontrol tambahan, QNAP TS-251A memiliki remote control khusus yang sudah terdapat di paket penjualannya. Remote tersebut salah satunya berfungsi mengontrol konten multimedia yang sedang diputar secara langsung menggunakan NAS ini. Artinya, Anda tidak perlu lagi menggunakan keyboard dan mouse untuk mengontrol film yang sedang diputar secara langsung dari NAS ini.



QNAP TS-251A sudah memiliki sistem operasi bertama QTS 4.2. Sistem operasi ini memungkinkan Anda melakukan banyak hal, mulai dari pengaturan NAS, manajemen data, bahkan memutar berbagai file multimedia. Melalui sistem operasi ini, juga Anda bisa mengatur dan membuat TS-251A menjadi perangkat penyimpanan cloud pribadi.

Ya, Anda bisa menyimpan setiap file di laptop, smartphone, atau tablet ke dalam TS-251A dengan mengunggahnya melalui jaringan internet. Sama seperti ketika Anda mengunggah file ke Google Drive atau DropBox, namun semua file masuk ke dalam TS-251A.

Tidak hanya itu, semua foto yang diambil di smartphone juga bisa langsung diunggah ke TS-251A sesaat setelah Anda mengambil fotonya. Tentu saja, Anda membutuhkan koneksi internet untuk melakukannya.

QNAP juga menyediakan aplikasi khusus untuk gadget agar Anda bisa mengakses TS-251A dan perangkat QNAP lainnya secara mobile. Aplikasi ini juga sangat berguna sebagai sarana untuk melakukan manajemen perangkat QNAP, sebagai contoh saat Anda memiliki dua NAS TS-251A.

Kesimpulan

Dibandingkan dengan merek pesaingnya, QNAP TS-251A memang unggul dari berbagai aspek. Selain memiliki fasilitas konektivitas yang lebih lengkap, TS-251A juga menawarkan fitur lengkap dan lebih mudah digunakan. NAS ini bahkan hadir dengan remote control, membuatnya sangat cocok sebagai pusat multimedia di rumah.

Minusnya, ia hanya tidak memiliki USB Type-C yang kini sudah dimiliki merek pesaing. Namun dengan harga yang lebih murah, yaitu Rp6.620.000, dan spesifikasi yang lebih baik, TS-251A bagi kami lebih menarik untuk dipinang.
 

QNAP TS-251TA

  • Fitur lengkap
  • Punya remote control
  • Harga terjangkau
  • Spesifikasi mumpuni
  • Tidak punya USB Type-C

 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.