Review Headset

Bowers & Wilkins P9 Signature, Premium dan Luar Biasa

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 28 Dec 2016 20:17 WIB
bowers & wilkinsreview peripheral
Bowers & Wilkins P9 Signature, Premium dan Luar Biasa
BW P9 Signature

Metrotvnews.com, Jakarta: Mendengarkan musik menjadi salah satu aktivitas yang paling digemari oleh masyarakat di seluruh dunia, tidak terkecuali masyarakat Indonesia. Kehadiran berbagai perangkat pemutar musik pendukung mobilitas tinggi turut mendorong kegemaran tersebut.

Tidak hanya dalam bentuk pemutar musik portabel, dukungan untuk kegemaran mendengarkan musik ini juga didukung oleh kehadiran perangkat audio dengan kualitas yang semakin baik. Salah satunya ditawarkan oleh Bowers & Wilkins melalui P9 Signature.

Berbeda dari perangkat kami uji sebelumnya, kali ini P9 Signature hadir dengan juntaian kabel panjang pada headphone berukuran besar. Ukuran besar yang diusungnya ini terlihat sedikit terlalu besar untuk pengguna berkepala kecil.



Ukurannya ini juga menyebabkan headphone turut bergeser saat pengguna berkepala kecil menggerakkan kepalanya dengan agak kuat. Hal ini turut mengurangi kenyamanan saat digunakan, terutama pada kondisi lingkungan sekitar yang ramai. Namun, pengalaman berbeda dirasakan oleh pengguna berkepala lebih besar.

Berukuran besar dan terkesan tebal, bobot P9 Signature tergolong ringan sehingga mendukung kenyamanan saat digunakan dalam jangka waktu lama. Selain besar, kesan maskulin juga kami temukan saat pertama kali melihat perangkat berjenis over-the-ear ini.

Kesan maskulin ini didukung oleh balutan bahan berwarna cokelat dengan tekstur kulit pada bantalan bagian headband dan ear-cup, dan bagian berwarna serupa metal sebagai penghubung antara headband dan ear-cup.

Bantalan di bagian kepala membantu mendukung kenyamanan saat headphone digunakan dalam jangka waktu lama. Sementara itu, bantalan di bagian telinga turut membantu mendukung kemampuannya menghalau gangguan suara dari lingkungan sekitar, meski headphone ini tidak berbekal teknologi noise cancellation.



Kemampuan menghalau suara dari lingkungan sekitar dapat dirasakan pada lingkungan dengan kondisi tidak terlalu ramai. Pada lingkungan berkondisi ramai seperti pada stasiun kereta api, kemampuan ini masih kurang maksimal.

Hadir dengan juntaian kabel, headphone ini tetap mampu menghadirkan pengalaman penggunaan yang menyenangkan. Hal ini didukung oleh kabel pendukungnya yang tidak mudah kusut, karena bukan berjenis kabel pipih melainkan kabel bulat.

Pada kabel yang tidak dapat dilepaskan dari headphone tersebut, Bowers & Wilkins juga menyematkan tiga tombol, yaitu dua tombol volume dan tombol pause. Tombol pause ini berfungsi pada pemutar musik dan aplikasi YouTube di perangkat Android, sementara tombol volume hanya berfungsi pada ponsel cerdas Apple.
 
Untuk urusan audio, sulit untuk menemukan kekurangan pada headphone Bowers & Wilkins ini. P9 Signature ini mampu menyuguhkan keluaran audio yang baik dan memanjakan telinga kami pada berbagai jenis genre lagu.



P9 Signature mampu menyampaikan lagu instrumental berjudul You Are My Lady yang dialunkan oleh grup musik Smooth Jazz All Star dengan baik dan harmonis. Alunan suara terompet pada lagu ini terdengar jelas, tanpa menutupi gebukan halus yang berasal dari drum dan simbal.

Selain itu, alunan suara terompet utama dan terompet pengiring juga mengalun secara harmonis namun masih dapat dibedakan. Audio pemanja telinga serupa juga kami dapati pada alunan lagu Blank Space dari Taylor Swift.

Pada lagu ini, kami dapat mendengar suara Taylor Swift juga terdengar jelas dan jernih. Demikian pula dengan gebukan drum dan alat musik pengiring lainnya dengan jelas dan harmonis. Kejernihan dan harmonisasi serupa juga kami dapati pada alunan lagu Style milik Taylor Swift.



Tidak hanya baik pada lagu bergenre pop, suguhan audio menyenangkan juga kami dapati pada lagu bergenre rock yang diwakili oleh lagu I Don't Wanna Miss A Thing yang dilantunkan oleh band rock kenamaan Aerosmith. Alunan suara Steven Tyler yang khas tersuguhkan dengan baik, dengan dukungan soundstage yang juga baik.

Tidak hanya unggul soal keluaran audio dan tampilan elegan dan berkesan maskulin yang memanjakan mata dan telinga, Bowers & Wilkins P9 Signature ini juga mampu menyuguhkan pengalaman penggunaan yang menyenangkan juga berkat untaian kabel yang anti kusut.

 

Bowers & Wilkins P9 Signature

 

9,7

  • Bantalan telinga dukung kemampuan noise cancellation
  • Suara bagus
  • Desain elegan dengan kabel anti kusut
  • Ukuran agak besar



(MMI)